Panduan Lengkap Cara Daftar ShopeeFood dan Ketentuannya

Untuk mendaftarkan bisnis makanan atau minuman Anda di ShopeeFood, berikut cara daftar ShopeeFood untuk merchant serta ketentuannya di tahun 2022.

ShopeeFood adalah salah satu platform layanan pesan-antar makanan secara online, yang beberapa waktu ke belakang naik daun menyaingi platform terdahulunya yaitu GoFood dan GrabFood.

Cara daftar ShopeeFood yang tak rumit memungkinkan setiap pelaku bisnis untuk memasarkan bisnis F&B nya secara online menjadi lebih mudah. Cara memasarkan produk secara online ini tentunya mempermudah Anda sebagai pelaku bisnis dalam menjangkau target konsumen bisnis Anda secara lebih luas, dengan cara yang lebih mudah.

Keuntungan Menggunakan ShopeeFood untuk Bisnis F&B

Sebagai pemilik bisnis makanan dan minuman, memanfaatkan layanan online seperti ShopeeFood tentu akan memperbesar kemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tak hanya itu, platform yang satu ini juga memiliki beberapa keuntungan lainnya yang ditawarkan untuk para pelaku bisnis makanan dan minuman. Di antaranya:

1. Langsung terintegrasi dengan aplikasi Shopee

Seperti yang kita semua ketahui bahwa Shopee adalah salah satu marketplace terfavorit di Indonesia untuk berbelanja, dan saat ini ada jutaan pengguna aktif Shopee yang menggunakan ShopeeFood. Dan ini menjadi salah satu keuntungan bagi para merchant ShopeeFood karena jangkauan pasarnya sangat luas.

2. Bentuk promosi yang ekonomis

Jika Anda sudah mendaftarkan diri sebagai merchant di ShopeeFood tentunya Anda bisa lebih mudah memasarkan produk kuliner Anda secara efektif, mudah, praktis, dan ekonomis. Belum lagi, ShopeeFood juga memberikan bantuan promosi yang mana dampaknya adalah berpotensi menaikkan income karena jangkauan market yang sangat luas.

3. Didukung banyak promo dari ShopeeFood

Tentu sudah tidak asing kalau ShopeeFood ini sering sekali memberikan promo untuk para Merchant. Dan bagi Anda pengguna ShopeeFood pastinya juga dapat menggunakan promo voucher yang disediakan oleh ShopeeFood ini untuk membeli makanan dan minuman. Adanya promo ini tentu membantu menambah pendapatan Anda sebagai merchant karena memberikan promo-promo yang menarik. 

Dengan sistem pembayaran yang mudah, cepat dan tentunya dapat Anda cairkan kapan saja Anda mau karena sistem kerja dari ShopeeFood ini dilakukan secara online sehingga membuatnya lebih fleksibel. 

Menarik sekali bukan? Sudahkah Anda mendaftarkan bisnis makanan atau minuman Anda di ShopeeFood? Jika belum, kali ini kami akan menjabarkan secara lengkap persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar ShopeeFood hingga ketentuan dalam mengunggah foto makanan/minuman di ShopeeFood untuk bisnis F&B Anda.

cara-daftar-shopeefood-untuk-merchant-hubsterindonesia
Source: shopee.co.id

Syarat-Syarat Mendaftar ShopeeFood untuk Merchant

Sebelum mendaftarkan bisnis Anda ke ShopeeFood, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bagi pemilik bisnis individual maupun bisnis yang telah terdaftar secara hukum, di bawah ini persyaratan yang harus Anda penuhi:

1. Persyaratan daftar ShopeeFood bagi bisnis peorangan/individual

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWPD
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

2. Persyaratan daftar ShopeeFood bagi bisnis yang telah terdaftar di badan hukum

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWP
  • SIUP atau TDUP
  • TDP atau NB
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif

5 Langkah & Cara Daftar ShopeeFood untuk Merchant F&B

Setelah Anda menyiapkan seluruh persyaratan di atas, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran di dalam laman ShopeeFood. Untuk langkah-langkahnya, simak di bawah ini.

1.  Buka portal pendaftaran merchant ShopeeFood

Jika sudah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, maka Anda bisa langsung membuka portal pendaftaran merchant ShopeeFood di sini. Setelahnya, untuk melanjutkan proses pendaftaran, Anda akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi ShopeePartner yang sudah tersedia di App Store dan Google Store. Bagian ini penting untuk dilakukan sebagai langkah awal untuk menjadi mitra bisnis lewat layanan ShopeeFood. 

2. Daftar akun di ShopeePartner 

Selanjutnya, pilih Log In/Sign Up dengan SMS, kemudian masukkan nomor handphone beserta dengan Kode Verifikasi OTP yang telah dikirimkan ketika Anda membuat akun. Setelah itu Anda dapat membuat password untuk akun Anda.

3. Pilih jenis usaha ShopeeFood

Setelah Anda berhasil memasuki akun Anda, langsung pilih pendaftaran yang memang sesuai dengan jenis usaha Anda. Selanjutnya, Anda bisa mulai mengisi formulir yang telah disediakan jika badan usaha Anda berbentuk PT/CV. Isikan dengan isian yang sesuai.

Namun jika usaha Anda berbentuk perorangan Anda bisa pilih Mulai Aktivasi, dan pilih jenis bisnis yang ingin Anda daftarkan. Setelahnya, Anda harus melengkapi data usaha sesuai dengan jenis usaha yang sudah Anda pilih.

Jangan lupa untuk isi data pemilik ataupun pengguna yang harus sesuai dengan data pemilik yang pasti (bukan kasir atau karyawan). Jika sudah, Anda dapat mengirim (submit) pendaftaran Anda.

4. Atur lokasi dan detail bisnis

Setelah proses pengisian formulir sesuai jenis usaha dan mengirimkan ke pihak ShopeeFood, Anda dapat mulai mengisi informasi lokasi atau alamat usaha Anda.

Sebelumnya, Anda perlu memastikan bahwa lokasi Anda telah dijangkau oleh layanan ShopeeFood dengan. Cara melakukan pengecekan adalah dengan klik icon bisnis ShopeeFood. Apabila tidak dapat ditekan, itu menandakan bahwa lokasi usaha Anda belum tersedia untuk layanan ShopeeFood.

Apabila lokasi Anda telah dijangkau, Anda dapat menginput lokasi bisnis hingga jam operasional bisnis F&B Anda. Pastikan Anda memasukkan data yang tepat ya!

5. Proses verifikasi

Setelah semua tahap pendaftaran sudah diselesaikan. Dimohon untuk menunggu proses verifikasi data usaha yang mana membutuhkan waktu 1-5 hari kerja. Untuk itu, Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui Aplikasi ShopeePartner ataupun email yang didaftarkan.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran melalui ShopeePartner ini tidak dipungut biaya sepeser pun (gratis). Jadi,berhati-hatilah apabila ada yang menghubungi Anda dan mengatasnamakan ShopeeFood dan meminta sejumlah biaya.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait proses pendaftaran ShopeeFood Anda, hubungi Customer Service di nomor +628001500702 ataupun Pusat Bantuan Shopee di sini.

Baca juga: 5 Cara Daftar GoFood Terbaru dan Terlengkap

Bagaimana? Tidak rumit bukan, mendaftarkan bisnis Anda ke ShopeeFood?

Setelah mengetahui persyaratan dan cara daftar ShopeeFood, masih ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti ketentuan dalam penulisan menu hingga foto yang ditampilkan. Perhatikan hal-hal berikut agar produk kulinermu semakin menarik di ShopeeFood, ya!

Ketentuan Penulisan Menu di ShopeeFood

ketentuan-penulisan-menu-di-shopeefood
Source: Photo by Markus Winkler on Unsplash

Tentunya pihak ShopeeFood memiliki wewenang dalam melakukan filter menu makanan dan minuman yang dijual oleh para merchant. Berikut ini adalah beberapa ketentuan terkait penulisan menu makanan dan minuman yang dapat dijual di ShopeeFood.

1. Penamaan menu makanan dan minuman harus sesuai dengan yang sesungguhnya

2. Penulisan nama menu harus lengkap dan tidak boleh disingkat

3. Tidak diperbolehkan menjual yang termasuk kategori menu yang dilarang. Berikut adalah menu yang dilarang:

  • Menu yang berasal dari hewan langka atau berbahaya menurut undang - undang pemerintah. (Contoh: kura-kura, anjing, kelelawar, kucing, ular)
  • Menu yang tidak siap dibawa pulang seperti (Menu pre order, Buffet All You Can Eat)
  • Menu yang mengandung kata kata umpatan dan tidak sopan seperti (pornografi, umpatan, dan lain lain)
  • Menu yang berasal dari hewan peliharaan yang mana akan menimbulkan masalah seperti adanya keraguan terkait kebersihannya seperti (Anjing, Kucing, dan lain-lain).
  • Menu yang bukan dianggap makanan/minuman seperti (perabotan rumah, rokok dan lain-lain).
  • Menu yang melanggar model bisnis dari ShopeeFood seperti (sayur yang belum diolah, micellar water, galon air mineral dan lain-lain).
  • Aneka jenis obat obatan termasuk juga dengan obat herbal seperti (jamu pupuk kandang dan lain-lain).
  • Menu dengan judul mengandung nama nama brand besar lain seperti (nasi ayam KFC dan lain-lain).

4. Penulisan nama menu dilarang menggunakan karakter emoji dan juga simbol

5. Penulisan nama menu diharuskan menggunakan huruf kapital di setiap awal kata serta di huruf awal penulisan deskripsi menu

6. Penulisan nama menu diharuskan untuk tidak lebih dari 100 karakter hal ini supaya memudahkan para pelanggan dalam membaca menu yang tertera pada aplikasi

7. Di dalam menu, sangat dilarang untuk mencantumkan nomor handphone, lokasi resto, link media sosial, hingga ketersediaan stok menu. Karena tempat penulisan menu memang hanya diperuntukkan untuk menu saja bukan untuk penulisan yang lain

8. Untuk penulisan menu makanan berat dengan satuan gram seperti Kepiting, Udang, Kerang dan lain-lainnya diharapkan untuk menyertakan berat rata-rata serta harganya

Itulah dia beberapa ketentuan dalam penulisan menu makanan atau minuman yang perlu diperhatikan oleh para merchant ShopeeFood. 

Ketentuan Foto Logo, Foto Menu, dan Banner ShopeeFood

ketentuan-foto-logo-foto-menu-dan-banner-shopeefood-hubsterindonesia
Source: Photo by Louis Hansel on Unsplash

Untuk memastikan foto produk yang Anda unggah disetujui oleh pihak ShopeeFood, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Untuk foto-foto menu, pastikan untuk sesuai dengan jenis menu, dengan foto yang jelas dan tidak terlalu terang

2. Foto harus memuat gambar keseluruhan menu

3. Foto tidak boleh ada watermark

4. Foto tidak terkandung unsur terhadap manusia atau objek tertentu

5. Foto tidak boleh mengandung brand atau logo pihak restoran lainnya

6. Foto tidak boleh terkandung jenis menu yang dilarang serta disertai kata-kata yang vulgar dan pornografi

Nah, itu dia informasi yang telah dirangkum seputar ShopeeFood untuk para merchant F&B. Apabila bisnis kuliner Anda telah terdaftar di ShopeeFood ataupun di platform food delivery lainnya seperti GoFood dan GrabFood, Anda bisa menggunakan layanan order manager dari Hubster yang dapat mengelola seluruh orderan dari beragam platform hanya dalam satu sistem dan tablet.

cara-daftar-shopeefood-hubsterindonesia


Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.