How to Succeed in Delivery

Mengapa restoran Anda membutuhkan brand virtual

July 16, 2021

Mengapa restoran Anda membutuhkan brand virtual

Fakta bahwa market pengiriman makanan sedang berkembang bukan suatu hal yang baru. Sektor pengiriman makanan telah berkembang selama dekade terakhir, dan pembatasan terkait COVID-19 hanya memperkuat tren ini. Mengetahui ada jutaan pengunjung yang memesan pengiriman dan prediksi bahwa pertumbuhan akan terus berlanjut setelah pandemi telah mendorong banyak restoran untuk memanfaatkan layanan pengiriman yang juga telah meningkatkan persaingan.

Ini tidak cukup dengan hanya mendaftarkan restoran Anda di berbagai platform pengiriman. Pada tahun 2021, rahasia kesuksesan adalah meningkatkan visibilitas restoran Anda. Tetapi bagaimana Anda dapat mengontrol visibilitas restoran ketika algoritma platform pengiriman yang mengontrol peringkat dan mengubah jangkauan? Membuat brand virtual untuk restoran Anda dengan cepat menjadi solusi untuk mendominasi aplikasi pengiriman tanpa investasi besar.

Jika Anda seorang pemilik restoran yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang brand virtual atau sedang mempertimbangkan untuk membuatnya sendiri, artikel ini adalah untuk Anda.

Ghost Kitchens versus brand virtual

Dark kitchen, ghost kitchen, restoran virtual...begitu banyak konsep baru dalam industri restoran telah hadir pada tahun lalu sehingga sulit untuk mengikutinya.

Ghost kitchens adalah ruang yang digunakan oleh pemilik restoran khusus untuk pengiriman makanan. Ghost kitchens tidak memiliki host, pelayan, atau tempat duduk. Juga disebut dark kitchen atau restoran virtual, ghost kitchens dapat digunakan untuk jaringan restoran yang ingin membuat ruang khusus untuk produksi pengiriman makanan dan restoran yang hanya ada secara digital.

Di sisi lain, brand virtual adalah etalase digital pada platform pengiriman seperti GoFood dan GrabFood. Dari sana namanya berasal: disebut "virtual" karena pelanggan hanya dapat melihat dan memesan di restoran secara online.

Brand virtual tidak selalu berasal dari ghost kitchen: brand virtual dapat dibuat dan disiapkan di tempat yang sudah Anda kenal. Satu restoran dapat memiliki beberapa brand di ruang yang sama dan pada kenyataannya, kemampuan ini telah menyelamatkan banyak restoran.

Ini berarti setiap pemilik restoran dapat membuat brand virtual saat ini dengan sumber daya yang telah mereka miliki.


Mengapa restoran Anda harus membuat brand virtual?

Pelanggan saat ini tidak memiliki masalah dalam memesan makanan dari tempat yang belum pernah dicoba sebelumnya, sehingga membuat brand baru mendapatkan banyak keuntungan.

  • Mendominasi platform pengiriman. Memiliki beberapa brand yang berarti banyak muncul di platform seperti GoFood, GrabFood, dan lainnya . Jika saat ini Anda terdaftar di platform pengiriman tersebut, Anda akan muncul 1 kali di masing-masing platform tersebut. Tapi bagaimana jika Anda dapat muncul 2 atau 3 kali?
  • Meningkatkan penjualan Anda. Sejalan dengan itu, 3 kemunculan di setiap platform pengiriman, berarti brand Anda mendapat 3x jangkauan dan berpotensi mendapat 3x pesanan dan penjualan.
  • Mengoptimalkan ruang dapur Anda. Jika dapur Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk menyiapkan lebih banyak makanan, mengapa tidak memanfaatkannya?
  • Membatasi limbah dan memanfaatkan inventaris Anda saat ini. Anda dapat membuat brand virtual dengan bahan-bahan yang telah Anda gunakan untuk mengoptimalkan inventaris Anda.
  • Melakukan percobaan dengan dapur Anda. Memiliki brand tambahan akan memungkinkan Anda untuk mencoba konsep dan hidangan baru tanpa mengubah apa yang pelanggan suka dari brand utama Anda.

Melipatgandakan ROI Anda. Ide dengan menggunakan sumber daya yang telah Anda miliki (ruangan, staf, bahan-bahan) untuk meningkatkan pengembalian investasi secara signifikan.

Cara membuat brand virtual dalam 5 langkah

Keajaiban dari brand virtual adalah mudah membuatnya.

Keseluruhan konsep tidak jauh dari menghasilkan uang tambahan dengan sumber daya yang dimiliki. Mari kita gali 5 langkah dalam membuat brand virtual untuk restoran Anda. 

1. Pelajari market

Jika Anda membaca artikel ini, Kemungkinan besar Anda memiliki restoran yang melakukan pengiriman. Ini berarti Anda sudah mengetahui audiens Anda.

Sebelum meluncurkan brand virtual Anda, penting untuk memikirkan pengunjung yang akan tertarik dengan penawaran baru Anda. Kunjungi platform pengiriman dan mulai bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan: jenis makanan apa yang populer di area Anda? Apakah ada sesuatu yang belum ada di area tersebut? Apakah Anda mengidentifikasi kelompok yang tidak dilayani?

Jika Anda melihat ada beberapa restoran burger misalnya, ini mungkin bukan ide yang baik untuk brand virtual. Namun, itu adalah refleksi dari jenis makanan yang dicari orang-orang di area Anda. Bagaimana dengan meluncurkan brand sandwich?

Perlu diingat, sejak brand virtual Anda bergantung pada radius platform pengiriman, lokasi Anda harus memandu dalam membuat keputusan. Jika Anda mencari beberapa saran tentang performa terbaik di area Anda, tim Hubster dapat membantu Anda memahami tren kinerja di area Anda. 

2. Pilih konsep Anda

Sekarang setelah Anda memiliki ide tentang apa yang dicari di area Anda, saatnya untuk memikirkan menu. Menu apa yang memiliki kinerja terbaik dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya?

Mungkin Anda menawarkan beberapa hidangan vegetarian di menu yang telah diterima dengan sangat baik. Bagaimana jika membuat brand vegetarian secara terpisah?

Mungkin dessert Anda sangat populer dan dapat memiliki brandnya sendiri.

Jika Anda menerima banyak pesanan pada waktu makan malam, tetapi hanya beberapa selama sisa hari tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk menawarkan sarapan di akhir pekan atau menu untuk kantor pada waktu makan siang. 

Pada titik ini, pastikan konsep Anda 100% disesuaikan dengan pengiriman. Anda harus memperhitungkan faktor-faktor seperti waktu persiapan, margin keuntungan, suhu, dan kemudahan pengiriman. Yang terbaik adalah fokus pada hidangan sederhana dengan bahan-bahan sejenis yang telah Anda gunakan dalam brand utama Anda.

Perlu diingat bahwa Anda dapat mencoba lebih dari satu brand virtual untuk memaksimalkan dapur Anda. Jika Anda mencari seseorang untuk berkonsultasi tentang konsep virtual Anda, tim Hubster akan membantu Anda memutuskan konsep yang dioptimalkan untuk pengiriman.

3. Bangun brand Anda

Meskipun brand virtual tidak membutuhkan banyak komplikasi atau biaya, tampilan dan nuansa brand virtual sangat penting.

Konsep Anda hanya akan ada secara digital, jadi penting untuk memiliki brand yang membuat Anda menonjol di platform pengiriman. Elemen seperti logo yang bagus, fotografi yang bagus, dan gambar yang konsisten akan membantu Anda membedakan diri dari kompetisi. Tim Hubster dapat menangani area ini untuk Anda.

Rekomendasi kami? Jangan lupa untuk memanfaatkan kehadiran Anda di jejaring sosial. Banyak pengunjung mungkin mencari Anda di Instagram atau Google sebelum memutuskan untuk memesan pertama kali.

4. Rencanakan operasional Anda

Sekarang setelah bagian dasar tercakup, saatnya untuk memilih saluran penjualan Anda.

Dengan hanya berada di dunia digital, platform pengiriman akan menjadi sekutu terbaik Anda. Pengunjung belum pernah mendengar tentang Anda, jadi penting untuk menggunakan layanan pengiriman sebagai etalase untuk meningkatkan visibilitas Anda. Anggap platform pengiriman sebagai etalase Anda. 

Untuk memulai, lakukan studi tentang platform yang tersedia di area Anda dan tentukan mana yang ingin Anda gunakan. Pertimbangkan untuk menjelajahi beberapa pilihan berbeda. Menurut data dari klien kami, muncul di lebih dari 1 aplikasi pengiriman dapat meningkatkan pendapatan Anda hingga 70%. 

Namun bekerja dengan beberapa platform, dapat menyebabkan kekacauan di restoran Anda. Terutama jika Anda menangani lebih dari satu brand di tempat yang sama. Solusi seperti Hubster akan memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua platform, lokasi, dan brand dalam satu tablet dan memvisualisasikan data penggabungan secara singkat.

5. Prioritaskan pemasaran

Manfaatkan promosi platform pengiriman, saluran sosial, email, dan iklan berbayar untuk meningkatkan pengenalan brand dan pesanan. 


Berikut adalah 5 tips utama untuk sukses dengan brand virtual Anda.

  • Kualitas yang utama. Saat bekerja hanya dengan pengiriman, waktu persiapan dan pengiriman harus menjadi dua pertimbangan utama Anda. Namun, Anda tidak boleh mengorbankan kualitas hidangan. Pastikan Anda membuat konsep sederhana yang memungkinkan staf Anda untuk mengelola lebih dari satu brand tanpa mempengaruhi tingkat layanan.
  • Pentingnya kemasan. Dalam hal pengiriman, kemasan adalah bagian besar dari citra brand Anda. Kemasan tidak hanya memungkinkan pelanggan untuk menerima hidangan dengan benar, kemasan juga mencerminkan identitas dan salah satu titik kontak pertama dengan konsep Anda.
  • Terhubung dengan pelanggan Anda tanpa lokasi fisik. Karena pelanggan Anda hanya akan berinteraksi dengan brand Anda di platform pengiriman, Anda memiliki kesempatan untuk menemukan cara kreatif untuk mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia. Bagaimana jika menyertakan catatan terima kasih atau promosi? Apa pun yang memungkinkan restoran Anda untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargainya untuk membantu di bidang ini.
  • Menu dan fotografi. Bukan rahasia bahwa salah satu kunci untuk menjadi sukses dalam pengiriman adalah memiliki foto makanan berkualitas tinggi, terutama jika pengunjung belum pernah melihat hidangan Anda sebelumnya. Fokus untuk memiliki fotografi yang bagus dan menu yang terstruktur di setiap platform dimana Anda berada untuk menghindari kebingungan.
  • Promosi. Promosi adalah salah satu alat terbaik untuk membuat diri Anda menonjol di platform pengiriman. Anda dapat mencoba dengan berbagai ide: promosi untuk pelanggan tetap, dessert gratis untuk pelanggan baru, atau diskon untuk hidangan paling populer.

Jika Anda adalah restoran yang ingin mencoba brand virtual, lengkapi formulir berikut dan kami akan menghubungi Anda untuk memberi Anda informasi lebih lanjut.

Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant

Ingin mendaftarkan bisnis F&B Anda di Shopee Food? Simak syarat dan cara daftar Shopee Food berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Mengapa restoran Anda membutuhkan brand virtual

Sektor pengiriman makanan telah berkembang selama dekade terakhir, dan pembatasan terkait COVID-19 hanya memperkuat tren ini.

How to Succeed in Delivery

10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Pemula

Mulai dari Google Drive hingga Order Manager, simak pilihan aplikasi bisnis online berikut ini untuk membantu menjalankan bisnis Anda.

How to Succeed in Delivery

7 Cara Membuat Brand Sendiri untuk Pemula di Bidang Bisnis

Anda sedang memulai bisnis? Simak cara membuat brand sendiri berikut ini sebagai pedoman untuk memulai bisnis Anda. Jangan sepelekan bagian branding!

How to Succeed in Delivery

Mengenal Apa Itu Business Manager untuk Bisnis F&B

Pernahkah Anda mendengar istilah business manager sebelumnya? Kenali definisi serta fungi business manager bagi bisnis F&B berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Apa Itu Order Manager dan Keuntungannya Bagi Bisnis Anda

Order manager adalah software yang dapat membantu mengelola pesanan bisnis F&B Anda dari multi-platform menjadi satu sistem yang terintegrasi.

Local Heroes

Steggo bermitra dengan Hubster untuk meningkatkan efisiensi

“Dengan Hubster, pesanan online jauh lebih mudah dan efisien. Semua sudah otomatis dan tidak perlu pencatatan manual.” -Adi Setyo Nugroho, salah satu owner Steggo

How to Succeed in Delivery

Ghost Kitchen: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Istilah ghost kitchen pasti tidak asing lagi terdengar di kalangan pebisnis makanan. Baca penjelasan lengkap seputar ghost kitchen dan keuntungannya berikut ini.

Tentang Hubster

Biarkan pelanggan Anda memesan sesuai keinginan mereka dengan fitur Manual Orders Hubster

Masukkan pesanan dari sumber apa pun langsung ke tablet Hubster Anda dengan fitur baru kami Manual Orders!