Apa Itu E-Wallet? Pengertian, Fungsi, dan Contoh - contohnya

Apa itu E Wallet? yang mana Anda bisa menyimpan uang dengan wallet tersebut, dan dapat digunakan untuk instrumen pembayaran yang lain.

Banyak orang di luar sana mencari tahu apa itu e wallet. Pencarian ini bisa dikatakan normal mengingat e wallet sendiri adalah hal yang termasuk ke dalam teknologi terbaru. Perlu diingat, ada perbedaan antara pembayaran di hari ini dengan beberapa tahun ke belakang.

Sebelumnya, pembayaran lebih identik dengan langsung memberikan uang cash. Namun sekarang, pembayaran menggunakan uang cash sudah tidak terlalu umum. Itu karena, akan sulit untuk bertransaksi jika uang cash ini tidak terbawa.

Kondisi berbeda akan terasa apabila e wallet ini digunakan. Nantinya Anda tetap bisa bertransaksi walaupun tidak membawa uang cash. Oleh karena itu, penting untuk memahami penggunaan e wallet dalam kehidupan sehari-hari.

Penjelasan Lebih Detail Mengenai Apa Itu E Wallet

apa itu e wallet?
Sumber: purshoLOGY

Pembahasan mengenai e wallet sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah. Itu karena, e wallet ini berbicara tentang layanan yang bersifat elektronik. Nantinya e wallet tersebut bisa digunakan untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran lain.

Fungsi dari e wallet sendiri sebenarnya seperti dompet pada umumnya. Nantinya, Anda bisa menyimpan uang yang dimiliki pada wallet tersebut. tentu uang ini bisa digunakan baik untuk transaksi secara online maupun offline.

Sudah banyak tempat di luar sana yang mendukung pembayaran menggunakan e wallet. Contoh paling umum seperti membayar makanan, tiket pesawat, hingga bioskop. Tentu ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di toko online.

Baca Juga: Kenali Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Hingga Manfaatnya

Contoh Contoh E Wallet di Luar Sana

Membahas apa itu e wallet tidak akan lengkap jika belum membahas contoh-contohnya. Itu karena, contoh e wallet di luar sana sangat banyak. Perlu diketahui, Anda tidak perlu menggunakan semua e wallet tersebut.

Coba saja pilih e wallet yang dirasa cocok dengan kebutuhan Anda. Nantinya jika ada yang dirasa tidak cocok, e wallet tersebut tidak perlu digunakan lagi. Oleh karena itu, berikut ulasan mengenai e wallet ini secara lebih rinci.

1. Gopay

Gopay contoh e wallet di Indonesia
Sumber: GoJek

Ketika membahas tentang apa itu e wallet, penting untuk menempatkan Gopay di urutan pertama. Itu karena, Gopay ini bisa dikatakan sebagai e wallet terpopuler di Indonesia. Sebenarnya Gopay ini masih termasuk ke dalam perusahaan gojek.

Anda pasti tahu kalau Gojek adalah perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia. Perlu diketahui, Gopay sendiri bergerak secara legal. Itu karena, perusahaan ini sudah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia.

Jika melihat dari fungsi utama, Gopay ini memang bisa digunakan ketika melakukan pembayaran saat menggunakan layanan transportasi online dari Gojek. Tetapi fungsi Gopay ini tidak berhenti sampai disana.

Itu karena, Gopay juga bisa digunakan untuk memesan makanan, mengisi pulsa, hingga membayar tagihan. Bahkan, ada juga beberapa jasa pengiriman yang menggunakan Gopay sebagai alat bantu.

Perlu diketahui, top up ke Gopay bisa dilakukan dengan banyak opsi. Nantinya Anda bisa melakukan top up menggunakan internet banking, mobile banking, bahkan ATM.

2. Dana

DANA adalah salah satu e wallet Indonesia
Sumber: Vectro Studio

Dana juga perlu ditambahkan ketika mengulas apa itu e wallet. Itu karena, Dana juga termasuk ke dalam e wallet terpopuler di Indonesia. Sama seperti Gopay, Dana juga bergerak secara legal. Itu karena, izin dari Bank Indonesia sudah didapatkan.

Perlu diketahui, Dana juga memiliki keunggulan dari segi pendataan. Itu karena, aplikasi ini sudah terhubung dengan data di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Hal tersebut membuat keamanan data yang Anda masukkan tidak perlu diragukan.

Jika melihat secara keseluruhan, penggunaan dari aplikasi ini sendiri sangat umum. Itu karena, Anda bisa menggunakan Dana baik untuk belanja online maupun pembayaran tagihan rumah tangga.

3. Ovo

ovo adalah salah satu e wallet Indonesia
Sumber: Wikipedia

Ovo juga wajib ditambahkan ketika mengulas tentang apa itu e wallet. Keberadaan Ovo ini sebenarnya mirip dengan Gopay yang sudah ditambahkan pada poin pertama. Ovo ini juga termasuk ke dalam perusahaan transportasi online.

Hanya saja perusahaan yang dimaksud adalah Grab. Dengan koneksi antara Ovo dan Grab, sinkronisasi dari keduanya akan terjadi secara otomatis. Oleh karena itu, Anda yang mengisi saldo Ovo akan otomatis melihat saldo tersebut ketika membuka Grab.

Perlu diketahui, statistik pengguna Ovo sendiri sebenarnya sangat tinggi. Itu karena, Ovo sempat menguasai hingga 70 persen pembelanjaan online di Indonesia. Hal tersebut membuat penggunaan Ovo sering terlihat di supermarket, cafe, hingga bioskop.

Ini wajar mengingat top up Ovo sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa melakukan top up baik untuk mengisi internet banking, mobile banking, hingga ATM.

4. LinkAja

Sumber: Wikipedia

LinkAja adalah aplikasi terakhir yang wajib ditambahkan ketika mengulas apa itu e wallet. Perlu diketahui, LinkAja merupakan e wallet yang perkembangannya sangat cepat. Bahkan keberadaannya sukses menyaingi Gopay, Ovo, dan Dana.

Perlu diketahui, perusahaan di belakang LinkAja tidak sembarangan. LinkAja merupakan e wallet yang berasal dari Bank Mandiri. LinkAja sendiri sudah bersinergi dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti HIMBARA, Telkomsel, hingga Pertamina.

Jangan melakukan kesalahan dengan asal memilih e wallet. Jika sampai asal, hasil yang didapat pasti mengecewakan. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu e wallet dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Payment Gateway dan Cara Kerjanya untuk Bisnis Online

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.