7 Desain Kemasan Makanan yang Unik dan Menarik

Desain Kemasan Makanan tentu saja harus dibuat semenarik mungkin, karena ide desain tidak boleh jiplak atau sama dengan yang lain.

Mengingat di era modern seperti sekarang ini, semakin banyak usaha bisnis yang ada. Bahkan sebagian besar sudah menerapkan strategi yang sangat bagus. Di samping hal itu, ada beberapa macam desain kemasan makanan yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi usaha sendiri.

Membuat Desain Kemasan Makanan yang Menarik 

membuat desain kemasan makanan yang menarik
Sumber: Canny Creative

Sebelum mengetahui berbagai macam desain kemasan makanan, ada baiknya Anda harus tahu bagaimana caranya membuat kemasan tersebut lebih menarik versi sendiri. Dikarenakan contoh ide desain hanya sebagai referensi saja dan tidak boleh dijiplak atau disamakan. 

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dan tentukan saat membuat desain kemasan makanan, yaitu mainkan imajinasi. Mengingat setiap orang memiliki imajinasinya masing – masing, jadi buatlah imajinasi / pikiran sendiri. Kemudian, usahakan membuat kemasan yang mempunyai dua fungsi.

Selain itu, Anda juga bisa membuat kemasan yang mempunyai pesan tersendiri agar kesannya unik. Pilihlah desain kemasan makanan yang praktis, food grade / tentukan fitur yang diperlukan oleh jenis makanan. Akan lebih baik lagi jika menggunakan aluminium foil untuk menjaga cita rasa makanan.

Baca Juga: 7 Ide dan Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Berbagai Macam Desain Kemasan Makanan Unik dan Menarik

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat desain kemasan makanan yang menarik. Mungkin Anda membutuhkan sebuah bahan referensi untuk meningkatkan ide / imajinasi. Berikut ini ada beberapa contoh dari desain kemasan makanan modern yang patut untuk dicoba dan dikembangkan.

1. Kemasan Berbentuk Oven 

desain kemasan makanan berbentuk oven
Sumber: Cake and Kitchen

Salah satu model dari ide desain kemasan makanan kekinian yang terlihat unik dan menarik, yaitu kemasan yang berbentuk oven. Sangat cocok bagi Anda yang mendirikan usaha kue, dengan kemasan yang unik ini memiliki kesan seakan membeli kue ala homemade / rumahan.

Biasanya desain kemasan makanan berbentuk oven ini ukurannya tidak begitu besar, melainkan kecil. Jadi, cocok untuk kuliner yang bentuknya memang kecil. Seperti misalnya kue satuan, kesan dari tampilan kemasan ini cukup unik, imut dan lucu. Menjadikan customer juga ikut tertarik karenanya.

2. Kemasan yang Praktis 

desain kemasan makanan yang praktis
Sumber: FAB News

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan pembuatan desain kemasan makanan yang praktis. Itu karena di zaman sekarang, banyak orang yang membutuhkan sesuatu bersifat praktis dan tidak ribet. Jadi, terapkan kemasan untuk makanan yang kesannya praktis, serta tidak terlalu berlebihan kemasannya.

Misalnya saja terlalu banyak aksen tambahan yang justru menjadikan kemasannya terlihat norak. Anda bisa menjadikan ide desain kemasan makanan satu ini sebagai referensi, seperti contohnya saja menggabungkan antara kotak kemasan makanan dengan minuman. Jadi, tidak perlu bawa 2.

3. Kemasan dengan Pesan Khusus

desain kemasan makanan dengan pesan khusus
Sumber: Pinterest

Beda dari yang lain, buatlah desain kemasan makanan yang memiliki pesan tersendiri. Misalnya saja seperti menyelipkan beberapa pesan yang dianggap lucu atau menghibur konsumen yang membelinya. Dengan adanya pesan ini, justru akan menjadikan kemasannya terlihat menarik lagi.

Apalagi bisa menghibur banyak konsumen yang membeli makanan Anda. Tidak banyak yang menggunakan ide desain kemasan makanan satu ini, jadi bisa dijadikan sebagai bahan referensi terbaik untuk bisa dikembangkan kembali. Mungkin bisa juga menambahkan ikon agar lebih unik.

4. Kemasan dengan 2 Fungsi 

desain kemasan makanan dengan 2 fungsi
Sumber: 3top HD

Selain itu, ada ide desain kemasan makanan lain yang bisa Anda coba. Salah satunya seperti dengan membuat desain kemasan dua fungsi. Kemasan ini tentu memiliki kelebihannya sendiri. Misalnya seperti kemasan dari kacang rebus, sisi satunya digunakan sebagai wadah. 

Sedangkan sisi satunya lagi untuk membuang kulit dari kacang rebusnya. Tentu saja hal ini memiliki kelebihannya sendiri, apalagi jika sampai diterapkan pada jenis kuliner yang cukup populer. Mungkin seperti Anda yang menggabungkan antara kentang goreng dengan kemasan minuman.

5. Kemasan yang Unik 

desain kemasan makanan yang unik
Sumber: Desain and Packaging Inspiration Blog

Dalam rangka membuat desain kemasan makanan itu, buatlah sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain. Anggaplah jika Anda akan membuat desain baru yang nantinya akan banyak menginspirasi orang. Misalnya saja seperti kemasan pada teh celup yang bagian atasnya dibentuk seperti hanger.

Tentu saja model semacam itu memiliki keunikannya tersendiri. Konsumen yang akan membeli produk makanan Anda jika kemasannya unik, pasti mereka akan lebih tertarik dan akan membeli lagi di kemudian hari. Oleh karena itu, buatlah usaha bisnis semakin laris dengan membuat kemasan unik.

6. Kemasan dengan Memainkan Imajinasi 

desain kemasan makanan yang memainkan imajinasi
Sumber: Behance

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa dalam rangka membuat desain kemasan makanan itu harus berani memainkan imajinasi. Mengingat setiap orang memiliki versi imajinasinya sendiri, jadi harus berani dalam mengembangkannya. Jangan takut dan pesimis / tidak percaya diri dengan lainnya.

Ingat, bahwa imajinasi setiap orang itu beda. Begitu pula dengan anggapannya masing – masing. Apa yang ada di pikiran Anda, belum tentu dipikirkan oleh orang lain juga. Jadi, selagi ada imajinasi yang muncul. Segera kembangkan menjadi desain kemasan makanan terbaru dan menginspirasi.

7. Kemasan yang Serbaguna

kemasan yang serbaguna
Sumber: Pakistan Business Directory

Di era modern seperti sekarangi ini, sudah semakin banyak orang yang menginginkan sesuatu secara praktis dan cepat. Dalam hal tersebut bisa dijadikan sebagai referensi atau peluang Anda dalam membuat desain kemasan makanan.

Buatlah desain kemasan makanan yang berguna, misalnya saja seperti pembuatan kemasan untuk selai. Pada bagian tutupnya buatkan lebih serbaguna, seperti bisa dijadikan sebagai sendok atau bahkan pisau oles. 

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan informatif, mengenai semua hal tentang ide desain kemasan makanan. Beserta dengan cara membuatnya versi sendiri, Anda perlu ingat bahwa membuat kemasan makanan tersebut harus mengandalkan imajinasi agar lebih menarik.

Baca Juga: 6 Cara Promosi Makanan di WA Beserta Tipsnya

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial