8 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Efektif untuk Usaha Kuliner

Sebagai pelaku bisnis kuliner, Anda wajib mengetahui strategi pemasaran produk makanan paling efektif agar omzet yang didapat sesuai dengan harapan.

Berbicara tentang bisnis kuliner memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, makanan adalah kebutuhan pokok setiap orang yang pasti akan selalu dicari dan dibutuhkan. Namun bagaimana caranya agar bisnis kuliner yang Anda jalani memiliki nilai plus di mata konsumen dan juga berkesempatan meraih omzet yang lebih tinggi?

Selain mengetahui target pasar secara spesifik, ada beberapa strategi lain yang bisa Anda jalankan guna melancarkan strategi pemasaran produk makanan bisnis Anda. Simak ulasan lengkap dari Hubster berikut ini untuk membantu Anda meningkatkan strategi pemasaran usaha kuliner yang lebih baik lagi.


1. Gunakan kemasan produk yang eye-catching

strategi-pemasaran-produk-kemasan-produk


Visualisasi kemasan memiliki andil yang cukup penting dalam mengemas produk makanan yang Anda jual. Dengan menggunakan kemasan yang menarik mata, calon pembeli pun akan menjadi lebih tertarik untuk mencoba mencicipi produk makanan Anda. 

Saat ini ada banyak sekali referensi kemasan produk makanan yang bisa Anda jadikan contoh disesuaikan dengan target konsumen Anda. Sebagai contoh, apabila target konsumen Anda adalah para Gen Z dan produk yang Anda jual berupa cookies dan makanan ringan, Anda bisa menggunakan kemasan dengan desain yang colorful sehingga memiliki kesan ceria.


2. Tampilkan foto produk yang maksimal

strategi-pemasaran-produk-makanan-foto-produk


Foto produk juga merupakan salah satu elemen terpenting dalam memasarkan produk kuliner Anda. Baik Anda memasarkan bisnis kuliner secara offline maupun online, menampilkan foto produk yang ciamik akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dan memasarkan bisnis kuliner Anda.

Untuk mendapatkan hasil foto produk yang maksimal, Anda bisa menggunakan jasa fotografer handal yang dapat menangkap gambar produk makanan Anda dari angle yang terbaik. Tak hanya itu, setelah produk difoto pastikan Anda juga menyertakan tagline atau copywriting yang persuasif ketika memasarkan produk Anda kepada calon konsumen.


3. Buat sebuah website untuk usaha kuliner Anda

strategi-pemasaran-produk-makanan-website


Saat ini memiliki website merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dengan memiliki website, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan juga memanfaatkan pemasaran digital. 

Dengan membuat website, calon pelanggan Anda akan lebih mudah menemukan bisnis kuliner Anda dan melihat produk-produk apa saja yang Anda tawarkan secara lebih mudah. 

Berikut adalah beberapa website builder yang gratis untuk kamu memulai jualan online sekarang juga!

  • GoStore
  • Storelogy
  • Shopify
  • Wix
  • Squarespace
  • Wordpress


4. Pasarkan bisnis kuliner Anda melalui media sosial

strategi-pemasaran-produk-makanan-sosial-media

Selain website, Anda juga harus memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai wadah untuk memasarkan bisnis kuliner Anda. Tak hanya dapat membantu memangkas biaya seperti menyewa tempat, media sosial terbukti dapat membantu strategi pemasaran produk makanan Anda secara lebih efektif dan luas. Beberapa contoh media sosial yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda adalah Instagram Shopping, Facebook Marketplace dan Google for Retail.


5. Gunakan layanan pesan antar

strategi-pemasaran-produk-makanan-layanan-pesan-antar-makanan


Salah satu kemudahan yang ada pada saat ini adalah tersedianya layanan pesan antar makanan yang dapat membantu bisnis kuliner Anda untuk lebih dekat kepada pelanggan.

Dengan adanya layanan pesan antar atau delivery online seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood pelanggan Anda dapat membeli produk makanan Anda kapanpun ia mau hanya melalui genggaman smartphone saja.

Selain itu, mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke layanan seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood juga berpotensi menaikkan penjualan usaha makanan Anda.  

6. Menggunakan jasa endorsement

strategi-pemasaran-produk-makanan-endorsement


Jika Anda aktif dalam dunia media sosial, maka Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah endorsement

Endorsement adalah salah satu strategi pemasaran di mana kita meminta bantuan para opinion leader di media sosial untuk mempromosikan produk/jasa yang kita jual. Biasanya, para opinion leader/influencer tersebut memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosialnya dan memiliki impression yang cukup baik atas konten yang mereka hadirkan.

Untuk menggunakan strategi endorsement, Anda harus memilah terlebih dahulu influencer yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Setelahnya Anda harus menyesuaikan budget endorsement dengan rate card yang diberikan oleh para influencer tersebut. Apabila Anda tidak memilah atau asal melakukan endorsement, alih-alih untung Anda justru bisa menjadi buntung.

7. Lakukan promosi yang unik dan menarik

strategi-pemasaran-produk-makanan-dengan-promo-unik

Menggunakan strategi promosi yang unik dan anti mainstream dapat mendatangkan calon konsumen lebih banyak untuk bisnis Anda. Pada bagian ini Anda dituntut untuk menjadi lebih kreatif agar dapat menimbulkan rasa penasaran kepada khalayak luas. 

8. Mengadakan giveaway

strategi-pemasaran-produk-makanan-dengan-giveaway


Strategi promosi dengan giveaway terbilang cukup booming belakangan ini. Karena dengan mengadakan giveaway, potensi promosi menjadi viral cukup besar. Karena siapa yang tidak suka barang gratis, bukan?

Dengan mengadakan giveaway dan bekerja sama dengan influencer, Anda bisa mempromosikan produk bisnis Anda secara cepat dan juga meluas. Dalam event giveaway yang diadakan pun biasanya calon konsumen akan berlomba-lomba mengajak teman-teman lainnya untuk meramaikan giveaway yang diadakan. Menarik sekali untuk dicoba bukan?

Itulah 8 strategi pemasaran produk makanan yang bisa Anda coba ketika mulai berkecimpung di bisnis kuliner. Apabila Anda menggunakan layanan pesan antar seperti GoFood & GrabFood sebagai strategi pemasaran produk makanan bisnis Anda, coba juga aplikasi business manager dan order manager dari Hubster yang dapat membantu Anda mengintegrasikan seluruh orderan online yang ada pada bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.