10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda (Positif & Negatif!)

Menerima ulasan dari pelanggan secara online ternyata harus direspon, lho! Berikut sepuluh template respon review atau ulasan yang dapat Anda berikan ke pelanggan bisnis Anda.

Jika Anda adalah bagian dari industri F&B, kemungkinan Anda telah menghabiskan waktu menjelajahi ulasan online di Google, Yelp, TripAdvisor, dan lainnya. Baik atau buruk, ulasan online adalah komponen penting untuk menjalankan restoran yang sukses. Karena pelanggan sangat memercayai perkataan orang lain tentang restoran Anda secara online, ulasan dapat menjadi alat yang sangat bagus untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda:

Jadi, bagaimana seharusnya restoran menangani ulasan online?

Sebagai permulaan, bisnis Anda harus menanggapi setiap ulasan—baik positif maupun negatif—dengan tepat waktu. Faktanya, saat menulis ulasan, 20% pelanggan berharap menerima respons dalam satu hari. Respons yang bijaksana dapat membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan basis pelanggan Anda dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan pengalaman pelanggan.

Hal ini juga memberi Anda kesempatan untuk membentuk citra restoran dengan menonjolkan kekuatan Anda sebagai sebuah bisnis. Terlebih lagi, menyertakan nama restoran Anda dalam respons merupakan cara gratis untuk meningkatkan SEO bisnis Anda!

Lanjutkan membaca untuk mempelajari cara mengelola ulasan restoran dan unduh 10 templat respons ulasan yang sangat ampuh dan siap digunakan untuk restoran Anda.

The importance of reviews for your restaurant

Bagaimana mengelola ulasan restoran Anda

Walaupun pengunjung semakin banyak menulis ulasan positif dan ulasan bagus bisa sangat bermanfaat bagi bisnis Anda, pasti akan selalu ada ulasan negatif. Mengetahui cara mengelola ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan yang kurang puas sangat penting untuk bisnis Anda. Berikut adalah 5 cara sederhana untuk menanggapi ulasan restoran yang negatif.

Lakukan riset: Pastikan untuk membaca ulasan negatif dengan cermat, dan ketika Anda sudah memahami sepenuhnya apa yang dianggap salah oleh pelanggan, pastikan situasinya dengan tim Anda. Saat Anda memahami konteksnya, lakukan beberapa riset cepat tentang pengulas.  Ini akan memastikan Anda menanggapi setiap pelanggan dengan pendekatan yang sesuai dengan mereka secara pribadi. 

Tarik napas yang dalam: Sudah menjadi sifat kita sebagai manusia untuk menanggapi frustasi dengan frustasi, tetapi sesulit apa pun itu, cobalah untuk melepaskan emosi dari diri Anda.

Tanggapi setiap ulasan: Pikirkan mengapa orang menulis ulasan online. Orang-orang membagikan pemikiran mereka secara terbuka karena mereka ingin didengar. Penting bagi Anda untuk menjawab setiap ulasan, bahkan yang sangat membuat frustasi sekali pun. 45% pelanggan mengatakan bahwa mereka lebih cenderung mengunjungi bisnis jika menanggapi ulasan negatif.

Jangan menunggu terlalu lama untuk merespons: Merespons dengan cepat dan niat akan membantu Anda menonjol dalam persaingan. Menyetel Google Alert akan menghindari Anda melewatkan ulasan yang mungkin memerlukan perhatian Anda. 

Pertahankan kehadiran online yang positif: Pastikan Anda berinteraksi dan merespons ulasan positif. Ini dapat mengubah pelanggan pertama kali menjadi pelanggan setia dan seorang advokat untuk merek Anda.

Templat respons ulasan gratis untuk restoran Anda

Anda tahu lebih baik dari siapapun bahwa banyak hal perlu dilakukan dalam menjalankan sebuah restoran. Dari perekrutan hingga inventaris, customer service hingga pemasaran,  pembukuan hingga operasi, profitabilitas dan reputasi. Dengan meningkatnya relevansi ulasan online, mungkin Anda merasa sekarang harus menjadi ahli customer service  dan penulis kreatif hanya untuk menjaga kehadiran online yang baik. 

Menjawab ulasan pelanggan tidak semestinya terasa seperti pekerjaan penuh waktu! Kami di sini untuk membantu soal itu. Setelah menganalisis ratusan ulasan restoran secara online, kami telah membuat 10 templat respons ulasan yang sangat ampuh dan siap digunakan untuk restoran Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyederhanakan proses ini dan membalas lebih banyak pelanggan dalam waktu yang lebih singkat!

Isi formulir di bawah ini untuk mengunduh 10 templat respons ulasan untuk restoran Anda secara gratis. Inilah yang akan Anda temukan di dalamnya:

  • Templat respons restoran tanpa ulasan teks (2 templat).
  • Templat respons restoran untuk ulasan tanpa banyak informasi (2 templat).
  • Templat respons restoran untuk ulasan yang menyebutkan anggota tim.
  • Templat respons restoran untuk ulasan tentang makanan.
  • Templat respons restoran untuk ulasan tentang layanan.
  • Templat respons restoran untuk ulasan yang membutuhkan solusi.
  • Template respons restoran untuk ulasan palsu.
  • Templat respons restoran untuk ulasan pelanggan yang marah.

Lihatlah apa yang akan Anda temukan di dalam unduhan gratis

Templat respons untuk ulasan positif tentang makanan

Hai [NAMA PENGULAS],

Terima kasih banyak atas perkataan baik Anda. Kami sangat senang mendengar bahwa Anda memiliki minat yang sama terhadap makanan dan telah mendapatkan pengalaman yang luar biasa dengan kami! 

Staf dapur kami akan sangat senang membaca ulasan ini. [ITEM MAKANAN YANG DISEBUTKAN] adalah salah satu menu favorit mereka juga. Mungkin kami bisa merekomendasikan Anda untuk mencoba [ITEM MAKANAN POPULER YANG TIDAK DISEBUTKAN] di kunjungan Anda berikutnya? Kami yakin Anda juga akan menyukainya. Sampai jumpa lagi!

- TIM [NAMA RESTORAN]

Templat respons untuk ulasan negatif tanpa banyak informasi

Hai [NAMA PENGULAS],

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk memberikan ulasan kepada kami.  Di [NAMA RESTORAN], kami terus bekerja untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi pelanggan kami dan kami menyesal mendengar bahwa kami melewatkan hal ini.

Bisakah Anda mempertimbangkan untuk menghubungi kami di [NOMOR TELEPON / ALAMAT SUREL] dengan komentar atau saran lebih lanjut? Kami berharap dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

- TIM [NAMA RESTORAN]

Start your 30-day free trial