Surat Keterangan Usaha: Pengertian, Syarat, dan Cara Membuatnya

Surat Keterangan Usaha merupakan dokumen untuk membuktikan legalnya suatu usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Jika Anda memiliki bisnis dan belum memiliknnya, simak artikel berikut untuk mengetahui cara membuatnya.

Bagi Anda yang baru saja memulai suatu bisnis atau usaha, salah satunya wajib yang dimiliki adalah Surat Keterangan Usaha (SKU). Artikel ini akan memberi informasi seputar pengertian, fungsi, cara membuat, dan contoh Surat Keterangan Usaha. 

Surat keterangan usaha ini memiliki banyak fungsi dan berguna demi kelancaran bisnis yang sedang Anda jalankan. Oleh karena itu, dokumen penting ini wajib diurus secepatnya.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian, syarat, dan cara membuat SKU yang bisa Anda ikuti.

Pengertian Surat Keterang Usaha

Sumber: Signerdigital.com

Secara umum, surat keterangan usaha adalah sebuah dokumen yang membuktikan legalitas dari suatu bisnis atau usaha. Surat keterangan usaha ini dikeluarkan oleh pihak kantor kepala desa atau kelurahan dan akan disahkan oleh pihak kecamatan.

Hal ini dilakukan agar bisnis atau usaha yang sedang Anda jalani bisa beroperasi sesuai kebijakan dari pemerintah. Jika Anda menjalankan bisnis tanpa surat perizinan usaha, bisnis Anda bisa dianggap sebagai bisnis ilegal.

Bisnis ilegal akan memungkinkan Anda untuk terjerat berbagai macam masalah dan dapat menghambat kelancaran berjalannya bisnis tersebut. Itulah mengapa Anda harus segera urus surat keterangan usaha dari untuk memperlancar jalannya bisnis

Baca Juga: Studio Musik yang Berubah Jadi Restoran Mie Kocok

Fungsi atau Manfaat Surat Keterangan Usaha

Sumber: Signdocumentlive.com

Pada dasarnya surat keterangan usaha merupakan sebuah dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Berikut ini beberapa fungsi surat keterangan usaha untuk bisnis:

1. Bukti Legalitas Bisnis

Fungsi surat keterangan usaha yang paling utama, yaitu sebagai bukti bahwa usaha atau bisnis yang Anda jalankan sudah legal di mata hukum. Sehingga bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala tentang masalah perizinan.

2. Untuk Mengajukan Pinjaman ke Bank

Sebagian besar pelaku usaha terkadang tidak memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam mengatasi masalah tersebut kebanyakan dari mereka memilih untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), para pelaku usaha bisa lebih mudah mengembangkan bisnisnya. Namun, untuk mengajukan pinjaman tersebut Anda perlu mempersiapkan berbagai persyaratan.

Salah satunya melampirkan surat keterangan usaha dari desa, dokumen tersebut sangat penting untuk sebagai bukti kepemilikan usaha.

3. Syarat Mengikuti Tender

Dalam mengikuti tender yang diselenggarakan secara resmi, Anda perlu mengurus surat keterangan usaha sebagai syarat kepemilikan usaha yang sudah legal di mata hukum.

Sebagian besar tender yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta, umumnya mengharuskan peserta untuk menyertakan surat keterangan usaha sebagai syarat utamanya.

4. Syarat untuk Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Pemerintah

Saat ini beberapa instansi pemerintah memberikan dukungan besar kepada para pelaku usaha kecil hingga menengah. Dengan memberikan berbagai macam dukungan, salah satunya yaitu memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19.

Syarat Membuat Surat Keterangan Usaha

Sebelum Anda bisa membuat SKU, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, yaitu:

  1. Menyiapkan surat permohonan di atas materai yang di dalamnya menyebutkan pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen serta data diri
  2. Formulir pendukung yang bisa Anda download di situs pemerintah wilayah, seperti pelayanan.jakarta.go.id
  3. Identitas lengkap Anda dengan rincian:
    – Warga Indonesia: KTP, KK, dan NPWP
    – Warga Asing: KITAS atau VISA dan paspor
    – Badan Hukum: Akta pendirian (bila ada), SK Pengesahan dari Kemenkumham, Kementerian (bila PT dan Yayasan), atau Pengadilan Negeri (bila Koperasi); Akta Perubahan SK dan SK perubahan yang dikeluarkan Kemenkumham (bila CV);NPWP Badan Hukum (bila Akta Pendirian mengalami perubahan)
    – Bila Dikuasakan: Surat Kuasa di atas materai dan KTP orang yang diberikan kuasa
  4. Surat pernyataan bermaterai yang menyatakan Anda tidak akan berjualan di trotoar, di badan jalan, serta tidak mengganggu kegiatan umum.
  5. Foto lokasi usaha Anda
  6. Dokumen tanah atau bangunan yang Anda sewa dan terdiri dari: perjanjian sewa tanah/bangunan, surat pernyataan tidak keberatan, dan KTP pemilik tanah/bangunan.
  7. Daftar centang persyaratan yang bisa Anda unduh di website pemerintah sesuai wilayah Anda.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Jika semua persyaratan di atas sudah dilengkapi, Anda bisa mengajukan untuk membuat surat keterangan usaha dengan cara berikut:

1. Secara Online

  • Kunjungi oss.go.id, lalu daftar jika belum memiliki akun
  • Saat mendaftar SKU, jangan lupa pilih kualifikasi usaha Anda di kolom perizinan usaha
  • Lalu, akan muncul formulir data pemohon yang bisa Anda isi
  • Bila sudah mengisinya, klik saja pilihan paling bawah. Setelah itu, akan muncul data hasil akhir pendaftaran
  • Terakhir, Anda bisa mencetak hasil tersebut karena itulah SKU Anda.

2. Secara Offline

  • Pertama, datangi ketua RT/RW setempat dengan membawa KTP dan KK untuk meminta surat pengantar pembuatan sertifikat usaha
  • Bila sudah mendapatkannya, Anda kunjungi Kepala Desa dengan membawa KTP, KK, dan surat pengantar tadi
  • Silahkan Anda tunggu agar pihak desa/kelurahan membuatkan SKU sesuai prosedur
  • Setelah SKU selesai, pastikan sudah ada tanda tangan Lurah atau Kepala Desa. Lalu, bawa ke kecamatan untuk camat tandatangani dan diberikan stempel sebagai pengesahan
  • Terkadang, Anda juga membutuhkan tanda tangan bupati. Tergantung daerah dan sektor usaha Anda.

Contoh Surat Keterangan Usaha

Perlu diketahui, format surat keterangan usaha dalam setiap daerah berbeda-beda. Berikut adalah salah satu contoh surat keterangan usaha untuk usaha jasa fotografi:

Sumber: Detik.com

Sudah tahu kan betapa pentingnya dokumen ini bagi keberlangsungan bisnis Anda? SKU ini kemudian akan berfungsi sebagai dokumen penguat ketika Anda ingin mengurus hal lainnya terkait bisnismu.

Baca Juga: Fungsi Desain Produk: Tujuan dan Penggunaannya Dalam Bisnis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.