7 Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil di Tahun 2022

Ingin membangun bisnis yang dapat dikerjakan dari rumah? Intip pilihan peluang usaha rumahan bermodal kecil berikut ini. Masih ramai di tahun 2022!
Sumber: Unsplash

Saat ini usaha rumahan semakin banyak peminatnya, apalagi sejak pandemi melanda. Bagaimana tidak, kebijakan pemerintah memaksa banyak orang untuk bertahan dan berusaha survive dari rumah untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Dengan begitu, banyak orang yang harus bekerja dari rumah dan lebih sering melakukan aktivitas di rumah.

Dengan kata lain, setiap kita perlu memutar otak agar lebih kreatif dalam mencari penghasilan tambahan ataupun mendapatkan pemasukan dari rumah. Dari sinilah muncul beragam peluang usaha rumahan yang tidak memerlukan modal besar namun tetap bisa memberikan profit yang menguntungkan.

Apa saja peluang usaha rumahan yang bisa untuk Anda coba di tahun 2022 ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Ragam Pilihan Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba di Tahun 2022

Siapa bilang usaha rumahan tidak bisa memberikan omset yang menguntungkan? Meski tak terlihat se'wah' bisnis lain, namun jenis usaha yang dilakukan dari rumah tetap dapat memberikan hasil yang maksimal. Tak hanya itu, menjalankan bisnis dari rumah juga cenderung tidak memerlukan modal yang begitu besar.

Terlebih bagi para kaum millenials ataupun Gen Z, biasanya akan lebih kreatif dalam melihat peluang memulai bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Ada pun beberapa rekomendasi bisnis atau usaha rumahan yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

1. Agen PPOB

Peluang usaha rumahan yang pertama adalah agen PPOB. PPOB sendiri adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Peluang usaha ini adalah menjadikan Anda sebagai agen pembayaran berbagai tagihan dan transaksi digital seperti tagihan listrik, tagihan telepon, top up token listrik, top up e-wallet, hingga transfer uang ke bank lain dengan biaya charge yang lebih murah.

Peluang bisnis ini mungkin terdengar sepele, namun apabila banyak orang yang datang kepada Anda untuk bertransaksi, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapat. Dan karena dapat dilakukan dari rumah, peluang menargetkan tetangga di sekitar Anda juga amatlah besar.

2. Kedai Kopi Kekinian

Saat ini kopi menjadi salah satu jenis minuman yang menjadi favorit di kalangan anak muda. Berbagai jenis produk es kopi susu menjamur di mana-mana, dan peminatnya pun terbilang sangat banyak.

Dari adanya peluang tersebut, Anda juga bisa mencobanya! Jika ada sedikit lahan di rumah Anda yang bisa dirombak untuk dijadikan sebagai kedai kopi, maka cobalah untuk membuka coffe shop kecil-kecilan Anda. Tak perlu memiliki dining area yang besar, karena Anda bisa mengekspansi penjualan produk minuman kopi Anda dengan mendaftarkannya di platform online delivery seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Tak memerlukan modal sebesar membuka restoran ataupun kafe, peluang kedai kopi ini dijamin akan menjadi kesempatan yang baik!

Baca juga: Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online (BPUM)

3. Bergabung Menjadi Dropship

Usaha yang satu ini relatif minim risiko karena Anda bisa mencobanya tanpa modal sama sekali. Karena yang Anda butuhkan hanya alat komunikasi seperti ponsel pintar (smartphone) dan kemampuan pemasaran yang tokcer.

Dropship sendiri adalah model bisnis yang telah naik daun sejak awal mula era internet merajalela. Sistemnya adalah Anda menjadi pihak perantara antara pembeli dan produsen. Anda bisa mengakui bahwa suatu produk adalah Anda yang menjual, namun ketika Anda mendapatkan pesanan, barang tersebut akan dikirimkan oleh pihak produsen ataupun distributor dengan nama toko Anda. Mudah sekali bukan? Yang diperlukan hanyalah ketelatenan Anda dalam mempromosikan barang yang diperjualbelikan.

4. Usaha Catering

Peluang usaha rumahan yang keempat adalah catering. Bisnis makanan memang selalu menjanjikan karena permintaannya yang akan selalu ada. Dan bisnis catering pun sudah terkenal mampu memberikan profit yang baik untuk sebuah peluang usaha rumahan.

Bermodalkan kemampuan memasak yang nikmat, varian menu yang beragam, serta strategi pemasaran yang optimal, dijamin catering makanan yang Anda jual akan laris manis! Saat ini pilihan menu catering pun tak melulu seputar menu harian rumahan yang berat, tapi Anda juga bisa mencoba menjual menu catering sehat untuk orang-orang yang sedang diet ataupun menu catering vegan dan vegetarian.

5. Bisnis Laundry Pakaian dan Sepatu

Selain peluang usaha yang telah dijabarkan di atas, salah satu peluang yang cukup menjanjikan adalah usaha laundry pakaian dan sepatu. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang banyak terdapat kos-kosan mahasiswa ataupun karyawan, pastilah banyak yang akan membutuhkan jasa laundy pakaian hingga sepatu.

Untuk mendapatkan omset yang lebih besar, berikan promo menarik kepada pelanggan Anda dan pastikan pelayanan yang diberikan tidak pernah mengecewakan.

6. Jasa Desain Grafis dan Video Editing

Anda mempunyai skill di bidang graphic design atau video editing? Jika ya, maka beruntunglah!

Kedua keahlian tersebut merupakan keahlian yang banyak dicari pada saat ini. Bemodalkan skill, kreativitas, internet, dan perangkat komputer/laptop, Anda bisa menawarkan jasa edit video dan desain grafis secara online. Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui platform freelancer seperti Fiverr, Sribulancer, dan masih banyak lagi.

7. Budidaya Tanaman Hias

Peluang usaha rumahan bermodal kecil terakhir yang kami rekomendasikan adalah membuka budidaya tanaman hias. Usaha ini mulai digemari banyak orang ketika pandemi Covid-19 melanda. Dengan minimnya aktivitas yang dapat dilakukan di rumah, orang-orang jadi memulai mencoba hobi baru dan salah satunya adalah merawat tanaman hias.

Berbagai jenis tanaman seperti Monsterra mulai naik peminatnya. Tak hanya bentuknya yang cantik, namun tanaman yang satu ini juga memiliki nilai jual yang tinggi sehingga cukup menarik omsetnya jika dibudidayakan.

Tak hanya menjual satu jenis tanaman saja tentunya, Anda bisa menjual berbagai jenis tanaman lain beserta dengan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Memilih Peluang Usaha Rumahan Jenis F&B dengan Hubster

Dari beberapa rekomendasi peluang bisnis yang bisa Anda coba, manakah yang menarik perhatian Anda?

Mungkin Anda terpikir untuk memilih peluang usaha di bidang F&B (Food and Beverage), melihat sekarang peluang untuk memasarkan produk makanan dan minuman cukup mudah berkat bantuan platform seperti GoFood dan GrabFood.

Jika telah memulai berjualan di platform online food delivery, Anda mungkin akan kewalahan dengan banyaknya perangkat yang perlu digunakan dan sofware yang perlu dibuka untuk melihat pesanan yang masuk. Agar Anda tidak melewatkan satu pesanan, Anda bisa mencoba mengintegrasikan platform penjualan online pilihan Anda dengan menggunakan Hubster.

Hubster memiliki fitur Order Manager dan Business Manager, di mana Anda akan dimungkinkan untuk menerima seluruh pesanan dari GoFood, GrabFood, ataupun ShopeeFood hanya melalui satu sistem yang telah terintegrasikan.

Coba gratis fitur Hubster selama 30 hari dengan daftarkan bisnis F&B Anda di link berikut.

Baca juga: 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil Anda

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.