5 Contoh Media Promosi Makanan yang Bisa Dipilih

Kini terdapat contoh media promosi makanan yang bisa dijadikan pilihan. Bila kini Anda sedang mencari cara untuk mempromosikan produk makanan Anda

Ada beberapa contoh media promosi makanan yang bisa dijadikan pilihan. Bila kini Anda sedang mencari cara untuk mempromosikan produk makanan Anda. Pemilihan media yang tepat merupakan kunci utama kesuksesan promosi.

Terkadang masih banyak pebisnis yang masih bingung, media seperti apa dan juga bagaimana yang dapat memberikan banyak keuntungan. Sebab kini banyak sekali jenis media yang bisa digunakan untuk promosi.

Namun Anda tidak perlu bingung lagi, karena sudah ada beberapa cara dalam menentukan media promosi. Serta ada juga beberapa contoh media promosi yang dapat dijadikan pilihan.

Cara Menentukan Media Promosi yang Tepat Untuk Bisnis

cara menentukan media promosi untuk bisnis
Sumber: Vecteezy

Pembahasan pertama, kita akan membahas bagaimana cara menentukan media promosi yang tepat. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk menentukan media promosi yang tepat, antara lain:

1. Tentukan budget Anda 

Sebelum kita membahas tentang contoh media promosi makanan. Ada baiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara menentukan media promosi yang tepat. Pertama-tama Anda perlu menentukan budget.

Seperti kita ketahui, promosi atau iklan membutuhkan budget tertentu mempromosikan produk kepada konsumen. Dalam hal ini tergantung budget Anda, sebab setiap jenis media mempunyai harga yang berbeda-beda.

Dengan menentukan budget, akan mempermudah dalam menentukan media yang dipakai untuk promosi. Jangan mengada-ngada dalam menentukan budget, Anda dapat melakukan survei kecil-kecilan atau bertanya kepada orang yang pernah memasang iklan.

2. Tentukan segmen pasar

Cara berikutnya dalam menentukan media promosi yang tepat adalah dengan menentukan segmen pasarnya. Misalkan, Anda ingin mempromosikan produk dengan pemasaran lokal, maka menggunakan media lokal agar tepat sasaran dan efisien.

Namun jika target pasar Anda nasional, lebih baik gunakan media nasional. Di antaranya seperti koran, tv atau majalah yang bersifat nasional. Jadi penting menentukan target pasar, untuk siapa produk dibuat.

3. Tentukan materi iklan 

Cara selanjutnya, Anda bisa menentukan materi iklannya, bila materi iklan tersebut hanya sebatas tulisan atau text. Anda dapat menggunakan media cetak baik online maupun offline. 

Tetapi bila materi iklan tersebut berbentuk audio dan video. Anda bisa beriklan di TV atau situs video online lain seperti youtube. Jika berbentuk audio saja, Anda dapat mempromosikannya lewat radio.

4. Tentukan jenis medianya, apakah offline, Online atau keduanya

Ada media online yang perlu menggunakan internet, dengan target pasar para pengguna internet serta media sosial. Ada juga media online yang tidak membutuhkan koneksi internet. Keduanya mempunyai segmen pasar berbeda.

Oleh karena itu, kedua media ini sangat efektif, tergantung pasar yang ingin diraih. Namun jangan lupa, untuk membuat iklan yang sangat menarik, agar para target konsumen tertarik.

Baca Juga: Contoh Marketing Plan Restoran dan Cara Membuatnya

Contoh Media Promosi Makanan

Setelah tadi kita sudah membahas cara menentukan media promosi, kini kita akan membahas contoh media untuk promosi. Berikut ini beberapa contoh media untuk promosi yang bisa dipilih, antara lain seperti :

1. Brosur

contoh media promosi makanan dengan brosur
Sumber: Behance

Contoh media promosi makanan pertama yang paling sering digunakan untuk mempromosikan makanan adalah brosur. Brosur dipakai untuk memberikan informasi yang jelas kepada target pasar. Mengenai produk makanan yang ditawarkan.

Memakai media brosur ini tentu mempunyai kelebihan berupa penjelasan yang sangat detail kepada calon konsumen. Sehingga tidak menimbulkan banyak pertanyaan dan juga mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk makanan tersebut.

2. Internet 

contoh media promosi dengan internet
Sumber: Mugoi Online

Contoh media promosi makanan berikutnya yang paling favorit dan paling banyak digunakan adalah internet. Hampir semua orang mencari apapun lewat internet, tidak heran bila banyak yang memanfaatkannya sebagai media promosi makanan.

Untuk melakukan promosi lewat internet, Anda dapat menggunakan sosial media. Di antaranya seperti website, instagram dan sebagainya. Cara melakukannya cukup mudah, tinggal foto produk makanan dan posting di sosial media. 

Promosi makanan lewat internet, mampu menjangkau banyak target. Tidak hanya di tempat itu, namun juga bisa ke luar kota bahkan luar negeri. Tidak heran, bila menjadi media promosi paling populer.

3. Spanduk 

spanduk adalah contoh media promosi makanan
Sumber: Pinterest

Selain kedua contoh tadi, spanduk juga sering digunakan sebagai salah satu media promosi. Biasanya diletakkan di tempat-tempat umum yang strategi, dengan ukuran relatif besar, poster mampu menarik perhatian banyak orang.

Kelebihan dari promosi menggunakan spanduk, karena diletakkan di tempat umum yang strategis, jadi bisa menjangkau cukup banyak target.

4. Banner

banner adalah salah satu contoh media promosi
Sumber: Behance

Contoh media promosi makanan berikutnya yang sering digunakan oleh banyak restoran ternama adalah banner. Sama seperti spanduk, banner biasanya diletakkan di tempat umum yang strategis dengan desain atraktif.

Ada berbagai jenis banner, pilihlah banner yang tepat dan sesuai dengan budget Anda. Anda bisa memilih banner konvensional yang harganya lebih ekonomis. Atau banner digital yang atraktif dengan harga lumayan.

5. Majalah

majalah adalah salah satu contoh media promosi makanan
Sumber: The Spruce Eats

Majalah juga dapat dijadikan sebagai media promosi makanan paling efektif. Karena ini produk makanan, Anda bisa memilih majalah kuliner sebagai media promosi produk makanan Anda.

Pada sebuah majalah biasanya terdapat beberapa halaman yang memuat iklan sebuah produk tertentu. Anda bisa membidik para target konsumen yang membaca majalah kuliner tersebut secara umum.

Bagi para pebisnis, kini Anda sudah bisa menentukan media promosi apa yang cocok dengan bisnis makanan Anda. Sebab sudah ada cara bagaimana menentukannya serta beberapa contoh media promosi makanan.

Baca Juga: 8 Cara Menyusun Strategi Bersaing Agar Bisnis Unggul

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.