Tips Menjalankan Usaha Catering yang Menarik untuk Dicoba

Peluang usaha catering bisa menjadi pilihan Anda, karena usaha kuliner memang mudah untuk menarik perhatian konsumen dan mendatangkan keuntungan.

Membuka usaha catering menjadi rencana bisnis yang menarik untuk dicoba, karena saat ini mayoritas masyarakat lebih sering memesan makanan daripada memasaknya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa jadi mereka tidak memiliki waktu atau malas untuk memasak.

Jika terus memesan makanan cepat saji, tentu saja itu tidak baik bagi kesehatan mereka. Maka dari itu memesan masakan rumahan melalui katering, menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa dipilih oleh konsumen, dan bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda coba.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam memasak, maka tidak ada salahnya untuk memulai usaha catering. Tidak perlu membuka usaha besar-besaran, mulai dari yang kecil juga tidak masalah. Anda bisa mengirimkan sample masakan ke tetangga atau keluarga, dan minta pendapat mereka.

Jika rasa dan kualitas masakan Anda disukai banyak orang, maka bisa mencoba memulai usaha ini. Jika membahas mengenai usaha makanan, maka rasa menjadi salah satu faktor harus diperhatikan, karena setiap orang memiliki selera berbeda-beda.

Tips Menjalankan Usaha Catering di Awal Memulai Bisnis

tips menjalankan usaha catering
Sumber : MyJoyOnline

Memulai usaha memang tidak selalu mudah, Anda pasti akan bertemu dengan berbagai masalah juga tantangan yang harus diselesaikan. Sikap harus diambil yaitu, jangan mudah menyerah dan tetap konsisten, agar usaha sudah pebisnis bangun tidak berjalan sia-sia.

1. Menentukan Jenis Catering

Tips pertama dalam memulai usaha catering adalah, penjual harus menentukan jenis katering yang diinginkan. Saat ini banyak sekali jenis pebisnis yang memulai usaha tersebut, biasanya mereka membuka usaha ini berdasarkan kebutuhan dari para konsumennya.

2. Menentukan Brand

Nama brand terbilang penting karena berfungsi sebagai identitas, agar konsumen bisa mengingat nama brand penjual. Pilihlah nama brand yang memiliki makna baik, yang akan berguna sebagai doa agar usaha pebisnis bisa berjalan sukses selalu.

Selain itu menggunakan logo pada brand, akan memperkuat ingatan konsumen atas produk yang sudah mereka pesan, sehingga penjual akan terlihat profesional.

3. Menyiapkan Modal

Tentunya dalam memulai usaha catering, pebisnis tidak lupa untuk menyiapkan modal bukan. Hal ini menjadi yang pertama dipikirkan oleh para pebisnis, tentu akan ada banyak pengeluaran yang harus dipersiapkan, dan pebisnis harus menghitung setiap biaya secara detail.

Jika Anda berencana membuka bisnis katering skala rumahan, maka siapkan modal yang tidak terlalu besar namun mampu mengembangkan usaha kedepannya.

4. Memperhatikan Rasa serta Kualitas pada Masakan

Dalam bisnis kuliner, tentu saja penjual harus mempersiapkan rasa dan kualitas dari produk tersebut. Rasa lezat dan bahan berkualitas, menjadi kunci makanan Anda akan disukai oleh banyak konsumen nantinya. 

Penting untuk melakukan cek ombak terlebih dahulu, dengan memberikan tester kepada orang-orang di sekitar Anda, apabila tidak ada masalah dari segi rasa dan kualitas, maka pebisnis bisa menjualnya serta mempromosikan produk tersebut.

Baca Juga : 8 Bisnis Frozen Food Bermodal Kecil

Rekomendasi Jenis Usaha Katering yang Dapat Dicoba

rekomendasi jenis usaha catering yang bisa dicoba
Sumber : ThronhillCatering

Jika Anda memang berminat untuk memulai usaha ini, maka kami bisa memberikan saran untuk dicoba. Tentunya beberapa rekomendasi yang kami berikan, harus pebisnis sesuaikan kembali dengan kemampuan juga modal yang Anda miliki.

1. Katering Diet atau Sehat

catering sehat salah satu jenis usaha catering yang bisa dicoba
Sumber : Tablespoon

Rekomendasi usaha catering yang dapat pebisnis coba adalah katering diet atau sehat, saat ini pola hidup sehat semakin populer di kalangan masyarakat. Sehingga tidak salah jika Anda memilih peluang bisnis ini, dengan memanfaatkan tren dan kondisi saat ini.

Katering makanan sehat pasti akan disukai oleh banyak konsumen, namun pebisnis harus cermat dalam menentukan jumlah kalori pada setiap makanan yang disajikan. Pemilihan bahan baku juga tidak bisa sembarangan, karena harus memperhatikan kalori pada setiap masakan.

2. Katering Rumahan

jenis catering yang bisa dicoba adalah catering rumahan
Sumber : Procook

Anda juga bisa menyiapkan makanan untuk anak kost atau ibu pekerja, yang tidak memiliki waktu untuk memasak. Peluang bisnis ini sangat menarik untuk dicoba, pebisnis bisa menyajikan makanan tiga kali sehari, atau dua kali pada siang dan malam hari.

3. Katering untuk Perusahaan atau Sekolah

catering untuk perusahaan atau sekolah
Sumber : BouerCateringGroup

Peluang usaha catering selanjutnya yaitu, menyajikan paket makanan untuk perusahaan atau sekolah. Jika tertarik untuk memilih jenis katering ini, Anda perlu memperhatikan daerah sekitar, apabila lokasi Anda dekat dengan kawasan perkantoran atau sekolah, maka bisa menjadi pilihan.

Biasanya perusahaan menyiapkan makanan kepada pegawai, atau saat selesai rapat mereka memesan makanan agar lebih praktis. Sama halnya dengan sekolah, biasanya pemesanan makanan diperuntukkan untuk guru-guru yang bekerja, atau saat sedang ada acara.

4. Katering Pesta

jenis usaha catering, catering pesta
Sumber : AlshanMarketing

Kurang lengkap apabila mengadakan pesta tanpa makanan bukan, saat mengadakan acara ulang tahun, pernikahan, syukuran dan lainnya, pasti Anda membutuhkan katering makanan dalam jumlah banyak, karena akan memakan waktu lebih banyak apabila memasaknya sendiri.

Inilah peluang bisnis yang menguntungkan, penjual bisa menyediakan masakan secara buffet atau prasmanan, bisa juga secara a’la carte atau piringan. 

Modal Kecil, Tidak Menjadi Hambatan dalam Memulai Usaha

memulai usaha dengan modal kecil
Sumber : OptimoRoute

Siapa sangka jika membuka usaha catering tidak selalu membutuhkan modal besar, hal ini bisa Anda sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Jika jumlah modal terbatas, maka Anda bisa memulai usaha katering kecil-kecilan, dan memasarkannya secara luas agar modal bisa cepat kembali.

Dengan modal kecilpun, penjual tetap bisa mendapat banyak keuntungan, dengan memasarkan produk secara luas. Pasti akan ada lebih banyak konsumen yang mengetahui bisnis Anda, jika Anda bisa mempertahankan rasa dan kualitas pada bahan baku masakan.

Menjalani usaha catering memang tidak selalu mudah, apalagi diawal memulai bisnis. Jangan langsung berkecil hati, apabila penjual belum memiliki pelanggan tetap. Karena mayoritas calon konsumen, memang selektif apabila berkaitan dengan cita rasa pada makanan.

Mungkin Anda bisa memulai bisnis ini dengan melakukan promosi terlebih dahulu, dengan begitu Anda bisa menarik perhatian konsumen untuk mencicipi masakan penjual.

Menjual produk dalam bentuk makanan, memang memiliki daya tarik tersendiri. Banyak aspek yang membuat makanan mampu menarik perhatian konsumen, maka dari itu jangan langsung terjun ke dunia bisnis ini, dan pelajari terlebih dahulu berbagai ilmu mengenai usaha catering.

Baca Juga : Tips Memiliki Restoran Ramai Pembeli

Start your 30-day free trial