5 Tips Sukses Usaha Pre Order Makanan Ini Bisa Diterapkan

Mulai usaha dari rumah? Bisa pakai sistem pre order. Ini dia beberapa tips sukses usaha pre order makanan yang bisa kamu contoh.

Tips sukses usaha pre order makanan ini bisa membuka peluang dalam usaha kuliner. Bagi kamu yang punya keterampilan memasak, memulai bisnis kuliner bisa jadi lahan pencarian. Bahkan, ini bisa dimulai dengan modal terbatas. 

Jika kamu hendak memulai bisnis makanan, tetapi belum punya modal untuk memiliki tempat usaha, tetap bisa memulai usaha ini. Kamu bisa memulai dari rumah dengan menerapkan sistem pre order makanan. 

Mengenal Apa Itu Pre Order

mengenal apa itu pre order
Sumber : Dreamstime

Apa sebenarnya sistem pre order ini? Sistem pre order adalah suatu sistem dalam bisnis dengan penerapan pembayaran di awal lalu akan dikirimkan produk kemudian. Ini dilakukan dengan kesepakatan antara pembeli dan penjual. 

Sistem ini banyak digunakan pada toko online, sosial media atau website. Tetapi, bisnis rumahan juga bisa menggunakan sistem ini. Salah satunya memulai bisnis makanan dengan sistem pre order ini. 

Dengan sistem ini juga akan memberikan keuntungan karena bahan baku yang disediakan bisa disesuaikan dengan jumlah pesanan. Dengan ini, kamu bisa tahu seberapa banyak bahan baku yang digunakan. Jadi, tidak akan ada bahan yang terbuang. 

Buatlah tampilan makanan semenarik mungkin dan upload ke platform media sosial dan sebaginya. Tidak hanya foto, caption untuk unggahan tersebut juga harus diperhatikan agar lebih menarik. Teknik copywriting bisa diterapkan dalam hal ini. 

Baca Juga : Istilah Dalam Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

Tips Sukses Usaha Pre Order Makanan

tips sukses pre order makanan
Sumber : RestroApp

Jika kamu berminat untuk memulai bisnis ini, beberapa tips berikut bisa diterapkan dalam memulai usaha ini. dengan menerpakannya tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan omset berlimpah dari cara tersebut. Berikut penjelasannya. 

1. Variasi Makanan

tips sukses usaha pre order makanan dengan variasi makanan
Sumber : BostonMagazine

Tips sukses usaha pre order makanan pertama adalah terlebih dahulu menentukan jenis makanan apa saja yang akan dijual. Akan lebih baik jika mengikuti jenis makanan yang sedang tren di masyarakat. Untuk itu, harus dilakukan riset mengenai hal ini untuk menentukan target pasar. 

Setelah mengetahui target pasar, cobalah untuk mulai membuat makanan tersebut. Banyak pilihan makana yang sedang tren saat ini seperti dessert box, corn dog dan beberapa jenis fast food lainnya. 

Untuk menjamin kualitas makanan yang kamu buat, bisa dengan meminta keluarga atau teman-teman terdekat untuk mencicipi rasa dari produk tersebut. Dengan ini, akan mudah bagi kamu untuk mengetahui apa saja yang masih kurang atau apakah makanan tersebut sudah layak untuk dipasarkan. 

Jika semisal target pasar kamu adalah kaum millennial, sebaiknya memilih makanan yang manis dan beberapa jenis dessert dan minuman kekinian. Misalnya saja membuat kue atau minuman dengan cita rasa buah-buahan, kopi, campuran susu, krim dan sebagainya. 

Setelah kamu menentukan semua menu dalam usaha tersebut, selanjutnya sistem pre order sudah dapat dijalankan. Ini adalah tips sukses usaha pre order makanan yang perlu kamu terapkan. 

2. Temukan Resep Makanan Kekinian

Sumber : UAEX

Mengingat bahwa saat ini sangat banyak pebisnis yang terjun ke dunia kuliner, kamu harus memiliki poin plus untuk produk yang akan dijual. Salah-satunya dengan menemukan resep makanan kekinian yang banyak digemari oleh millennial. 

Untuk mendapatkan resepnya bisa dengan mudah di internet. Carilah resep yang unik dan enak serta kombinasikan dengan toping dan berbagai isian. Jika telah sesuai waktunya untuk memulai usaha ini. Tips sukses usaha pre order makanan ini juga salah satu cara yang efektif.

3. Pemanfaatan Teknologi

pemanfaatan teknologi dalam usaha pre order makanan
Sumber : UXPlanet

Dalam sistem ini, teknologi memiliki peranan sangat penting dalam pemasarannya. terlebih jika menggunakan sistem online, tentu penggunaan teknologi internet adalah hal paling penting. Lakukan promosi menggunakan layanan media sosial. 

Misalnya promosi melalui whatsapp, facebook dan sebagainya. Sangat banyak platform yang bisa digunakan sebagai wahana promosi jualan kamu. Saat ini juga banyak layanan pesan antar kuliner seperti GrabFood, GoFood dan sebagainya. 

Tips sukses usaha pre order makanan dengan bekerja sama dengan layanan tersebut untuk memperluas jaringan penjualan kamu. Dengan menggunakan jasa layanan antar, maka penyedia jasa bisa menyediakan fitur pre order. Tetapi, perlu diingat untuk menggunakan layanan seperti ini tentu ada biaya yang harus dibayarkan. 

4. Harga Jual

menentukan harga jual untuk usaha pre order makanan
Sumber : Wikipedia

Dalam sebuah bisnis, harga jual harus menjadi perhatian. Begitu juga pada bisnis pre order makanan ini. Tips sukses usaha pre order makanan dari segi harga jual harus bersaing dengan pebisnis lainnya. 

Dalam hal ini, kamu perlu melakukan riset untuk menetapkan harga jual agar sesuai dan bersaing. Juallah makanan yang kamu buat sesuai dengan harga pasar, jangan kemahalan atau terlalu murah juga tidak baik. 

Jika ingin menjual di atas harga pasaran, artinya wajib menambahkan beberapa keunggulan dalam produk tersebut. Misalnya pada penambahan bahan dan sebagainya. Intinya harus ada nilai lebih dibandingkan produk yang ada dipasaran pada umumnya. 

5. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Konsumen

memberikan pelayanan terbaik dalam usaha pre order makanan
Sumber : TheBallanceSmallBusiness

Suksesnya usaha dalam bidang kuliner tidak hanya dilihat dari enaknya makanan yang disajikan. Namun, lebih dari itu pelayanan merupakan hal yang dapat menunjang kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis. 

Kamu harus melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Harus cepat respon dengan setiap pertanyaan hingga keluhan dari konsumen. selalu bijak dalam menyikapi segala bentuk feed back dari konsumen. 

Meski suatu saat ada konsumen yang berlaku tidak baik, tips sukses usaha pre order makanan, kamu tetap harus menghadapi dengan cara profesional. Dengarkan semua keluhannya agar bisa menjadi patokan untuk membangun bisnis yang lebih baik ke depannya. 

Dengan segala kritik dan saran yang diberikan konsumen, akan memudahkan kamu untuk terus berinovasi dan memperbaiki kuliatas produk. Jadikan setiap kritik sebagai hal yang membangun bisnis kamu ke arah lebih maju. 

Nyatanya memulai sebuah bisnis dapat dimuali dari rumah. Caranya dengan menerapkan sistem pre order. Sistem ini memiliki banyak kelebihan. Jika berminat memulai, maka kamu bisa mengikuti tips sukses usaha pre order makanan seperti di atas. 

Baca Juga : 7 Cara Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis Kuliner

Start your 30-day free trial