Retailer: Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, dan Ciri-cirinya

Retailer merupakan istilah yang dapat digunakan untuk menyebut perusahaan atau orang yang menjalankan usaha.

Retailer adalah istilah yang sangat sering terdengar, khususnya bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak, istilah ini berhubungan dengan penjualan barang yang biasanya mencakup industri besar serta mempekerjakan banyak sekali orang. 

Lalu apa retailer itu sendiri? Apakah berbeda dengan arti ritel, sebuah kata yang sering disandingkan dengan toko semacam Alfamidi, Alfamart, Indomaret dan sebagainya? Agar rasa penasaran tersebut bisa segera terjawab, mari simak penjelasan singkat berikut ini. 

Retailer Adalah Sebutan untuk Pelaku Bisnis Retail

retailer adalah sebutan bagi pelaku bisnis
Sumber: Microsoft News

Untuk memahami retailer, mari ketahui retail terlebih dahulu. Retail pada dasarnya adalah bisnis yang dijalankan dengan cara menjual produk secara eceran. Dalam kalimat yang lain, retail merupakan usaha yang kegiatannya memasarkan produk kepada konsumen tingkat akhir untuk memenuhi kebutuhan. 

Jadi, bisa dipahami bahwa retailer merupakan istilah yang dapat digunakan untuk menyebut perusahaan atau orang yang menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Dengan demikian, bisa dipahami pula bahwa retailer merupakan pihak yang berperan penting dalam menyampaikan produk kepada konsumen.

Baca Juga: Memahami Bisnis Ritel, Tujuan, Serta Keuntungannya

Jenis-Jenis Bisnis Retail

jenis-jenis bisnis retailer
Sumber: Supermarket News

1. Berdasarkan Lokasinya

Kalau berdasarkan lokasinya, retailer ada yang bergabung dengan retailer lainnya sehingga membuat atau menciptakan pusat perbelanjaan dan pusat bisnis. Kemudian ada juga retailer yang disebut sebagai pengecer sehingga mempunyai akses langsung pada konsumen. 

Selain itu, kalau berdasarkan lokasinya bisnis retail bisa dikategorikan dalam tiga kelompok sebagai berikut:

  • Strip development atau mal strip ialah retail yang memanfaatkan lahan komersial serta mempunyai akses langsung menuju jalan umum
  • Downtown central business districts ialah pusat perbelanjaan yang ada di sebuah kota
  • Shopping center ialah tempat untuk berdagang bagi para pelaku usaha eceran yang ada dalam satu tempat yang sama. Contoh yang sangat mudah ditemukan dalam hal ini ialah penjual yang ada di dalam mall

2. Berdasarkan Kepemilikannya

Kalau berdasarkan kepemilikannya, maka ada tiga macam retailer yakni:

  • Retailer mandiri yang beroperasi sendiri tanpa bergabung dengan pihak manapun
  • Retailer dengan sistem waralaba atau franchise ialah retailer yang melibatkan franchisor atau perusahaan pusat serta pengusaha turunannya untuk memasarkan produk yang sama
  • Retailer dengan menggunakan kelompok usaha yakni jaringan ritel yang saling berhubungan, terkait serta bernaung di bawah satu manajemen yang sama

3. Berdasarkan Produk yang Ditawarkan

Kalau berdasarkan jenis produk yang ditawarkan,retailer ini juga ada tiga jenis sebagai berikut:

  • Retailer barang misalnya yang menjual produk elektronik, sembako, mainan dan lain sebagainya
  • Retailer jasa yang menawarkan jasa seperti rental mobil, bengkel motor, sewa alat berat dan lain sebagainya
  • Retailer non store yang umumnya menjalankan bisnis tetapi tidak ada toko fisiknya yang pasti. Biasanya retailer ini akan melakukan pemasaran menggunakan media elektronik. Misalnya yang biasa dijumpai di marketplace atau e-commerce

Fungsi Retailer

fungsi retailer
Sumber: The Motley Fool

Retailer atau orang yang menjalankan bisnis retail tentu berfungsi dalam hal penyaluran produk dari produsen pada konsumen. Lebih lanjut lagi, fungsi retailer ini adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan konsumen akhir atau end user untuk mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan tanpa perlu repot-repot mencari produsennya yang belum tentu dekat dengan tempat tinggalnya
  2. Produsen utama sangat diuntungkan oleh retailer karena retailer pada umumnya akan membeli produk dalam jumlah yang besar. Dengan cara pembelian seperti ini, produsen akan mendapatkan keuntungan yang semakin besar pula dan keuntungan tersebut bisa dipakai untuk produksi produk selanjutnya
  3. Retailer akan membantu mempromosikan produk milik produsen. Pasalnya, retailer yang sudah membeli barang dalam jumlah besar tadi akan menawarkan produk-produk tersebut pada konsumen yang membutuhkannya. Sehingga secara tidak langsung, branding produsen produk tersebut akan meningkat
  4. Retailer mempermudah konsumen mendapatkan barang yang diinginkan karena retailer biasanya menyediakan produk dalam berbagai merk. Dengan demikian, konsumen bisa memiliki opsi terbaik untuk satu produknya sehingga mereka dapat memilih satu produk brand tertentu yang sesuai dengan budget serta preferensi yang mereka miliki. 

Ciri-Ciri Umum Bisnis yang Dijalankan Retailer

ciri ciri umum bisnis retailer
Sumber: Vend
  • Discount Stores, yakni toko yang menjual aneka macam barang dengan harga yang sangat murah dan sangat terjangkau namun layanannya bisa dikatakan minim
  • Speciality Store, yakni toko yang menjual produk tertentu dan sifatnya spesifik
  • Department Stores ialah toko eceran yang di dalamnya ada berbagai macam produk yang skalanya sangat besar dan di dalamnya ada beberapa departemen yang juga menjual produk bermacam-macam
  • Convenience Store ialah toko ritel yang kegiatannya menjual produk secara terbatas, namun umumnya menyediakan tempat yang sangat nyaman dan jam buka toko cukup panjang
  • Catalog Stores ialah toko ritel yang akan memberikan informasi mengenai produknya melalui katalog dan informasi tersebut akan dibagikan kepada calon konsumen yang potensial
  • Corporate Chain Store ialah toko retail yang memiliki lebih dari satu outlet namun pemiliknya adalah perusahaan yang sama
  • Supermarket ialah toko eceran yang di dalamnya terdapat beragam produk baik makanan maupun non makanan dengan sistem di mana konsumen akan melayani dirinya sendiri
  • Hypermarket ialah toko retail yang di dalamnya terdapat aneka jenis serta aneka merk barang dalam jumlah yang besar
  • Minimarket ialah toko ritel yang menjual berbagai barang baik minuman, makanan maupun yang lainnya

Jadi jelas ya bahwa retailer adalah pihak yang sangat penting, karena menjadi penyampai produk dari produsen ke konsumen. Dengan adanya retailer ini, baik produsen maupun konsumen sangat terbantu. Produsen terbantu dengan penjualan produk mereka sedangkan konsumen terbantu karena lebih mudah mendapatkan produk yang mereka butuhkan. 

Baca Juga: Apa Itu Distribusi: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.