Analisa Kompetitor : Tujuan dan Manfaat untuk Strategi Bisnis

Pengumpulan informasi atau analisis kompetitor ini dapat membantu dalam meningkatkan bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan kelemahan pesaing.

Analisis kompetitor sangat penting dilakukan, karena setiap pemilik usaha memiliki strategi dan gaya berbisnis yang berbeda. Penganalisisan pesaing ini harus dilakukan untuk bisa memudahkan dalam menyusun strategi pemasaran yang banyak.

Dengan memanfaatkan informasi yang didapatkan dari bagaimana mereka melakukan pelayanan pada konsumen dan bagaimana kekuatan promosi yang digunakan. Dengan informasi sangat berguna untuk melangsungkan usaha.

Melakukan analisis ini sangat penting untuk pemilik usaha lakukan terutama untuk Anda yang baru memulainya. Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai pengertian dan juga cara melakukannya.

Pengertian Analisa Kompetitor Berfungsi untuk Bantu Bangun Strategi

pengertian dna fungsi untuk analisa kompetitor
Sumber : DesignbyMikey

melakukan analisis pesaing atau kompetitor sangat penting, penilaian ini mengacu pada nilai dari kekuatan iklan dari pesaing Anda. Pengalisisan sejenis ini membantu pemilik usaha untuk mengetahui seberapa kuat dibandingkan dengan bisnis mereka. 

Pengumpulan informasi atau analisis kompetitor ini dapat membantu dalam meningkatkan bisnis yang dijalankan. Karena memiliki tujuan untuk bisa menilai dan mengindentifikasi siapa saja pesaing terkuat dari bisnis yang dijalankan.

Selain itu analisa kompetitor juga berguna untuk bisa menentukan strategi yang terbaik agar bisa menyaingi pesaing tersebut. Informasi tersebut akan membuat Anda mulai merancang strategi yang akan diterapkan untuk meningkatkan upaya dari perusahaan.

Selain itu manfaat lainnya dari analisis kompetitor adalah membantu dalam mengidentifikasi lebih cepat tentang potensi ancaman yang mungkin akan dihadapi di masa depan. Sehingga membuat Anda bisa merancang dan mengantisipasinya lebih dulu. 

Dengan cara ini pemilik usaha akan mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan analisa kompetitor agar bisa menyaingi kompetitor tersebut.

Tujuan dan Manfaat dari Melakukan Analisa Kompetitor

tujuan dan manfaat analisa kompetitor
Sumber : Tycoono

tujuan utama dari penganalisaan kompetitor untuk mendapatkan informasi secara lengkap dari pesaingnya. Selain itu secara lengkap berikut ini penjelasan mengani tujuan dan juga manfaat dari melakukan analisa kompetitor.

1. Membantu Dalam Pembuatan Keputusan

Pembuatan keputusan-keputusan dengan menggunakan penganalisaan pesaing ini sangat berguna agar Anda bisa melakukan keputusan yang tepat. Misalnya pesaingnya tidak memiliki sumber bahan utama yang baik, Anda bisa mengunggulinya dengan memilih sumber daya yang lain.

2. Membantu Dalam Penyusunan Strategi

Penyusunan strategi pemasaran yang terukur akan didapatkan setelah Anda melakukan analisa kompetitor dan menggunakan informasi yang didapatkannya tersebut memberikan keuntungan. 

Pencarian informasi secara menyeluruh akan berguna dalam penyusunan strategi pemasaran ini agar bisa lebih efektif dan menghasilkan hasil yang baik. Penyusunan strategi yang nyaman juga akan memaksimalkan akan memudahkan pemilih.

3. Bisa Memanfaatkan Kelemahan 

Dengan melakukan analisa kompetitor Anda juga akan mengetahui titik celah dan kelemahan yang dimiliki oleh pesaing tersebut. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menghadirkan beberapa kelemahan yang dipunya oleh pesaing menjadi kelebihan Anda.

4. Membantu Dalam MengidentifikasiPeluang yang Kurang Dilayani

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, membantu dalam mengidentifikasi peluang yang kurang dilayani ini terjadi ketika pesaing anda tidak dapat melayani pelanggan di beberapa marketplace dan kurang dilayani dengan baik.

Dengan hal ini Akan memberikan kesempatan bagi pemilik usaha bisa menemukan solusi agar masalah dari pelanggan yang tidak terlayani dengan baik oleh kompetitornya bisa dilakukan dengan baik oleh Anda.

Baca Juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Efektif Untuk Bisnis Kuliner

Langkah Atau Cara Melakukan Analisis Kompetitor

langkah melakukan analisa kompetitor
Sumber : Unsplash

Apa saja yang harus didapatkan dalam melakukan pengumpulan data analisis kompetitor. Pertama yang perlu diketahui oleh Anda adalah informasi indetifikasi dari kompetitornya. Sebelum melakukan penganalisisan pastikan dulu untuk memenuhi informasi profil terlebih dahulu.

Dari mulai nama perusahaan dan bagaimana cara mereka dalam menawarkan produk, seain itu Anda juga disarakan untuk bisa mendapatkan informasi pesaing. Pada analisis kompetitor selanjutnya informasi yang dibutuhkan adalah produk atau layanan apa saya yang dijual, serta harga, keuangan dan masih banyak lagi.

Tetapi banyak pesaing yang masih kebingungan dengan cara atau langkah-langkah sebagai berikut.

1. Proses Mengidentifikasi Pesaing

Proses indetifikasi selalu berada di awal penelitian dalam analisis kompetitor. Pastikan dalam menjalankan proses ini Anda tidak melewatkan sedikit saja informasi karena bisa saja informasi yang sedikit itu justru yang sangat dibutuhkan.

2. Menentukan Jenis Pesaing

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis yang mana kompetitor tersebut. Jenis yang pertama adalah kompetitor langsung artinya usaha yang dijalankan oleh pesaing memiliki produk yang sama persisi.

Jenis lainnya disebut kompetitor tidak langsung maksudnya usaha yang dijalankan oleh pesaing masih berada di sektor yang sama dengan Anda tetapi berbeda jenis produk yang berbeda.

3. Selalu Memantau di Medial Sosial

Melakukan pantauan melalui sosial media juga sangat penting untuk melihat bagaimana kompetitor melakukan promosi. Analisis kompetitor ini dilakukan ada beberapa hal yang juga harus tidak di lupakan.

Mengidentifikasi tingkat popularitas pesaing di mata konsumennya, bisa dilihat dari konten yang diunggah. Citra yang dimiliki oleh pesaing juga jangan sampai terlewat, Anda wajib mengetahui bagaimana reputasi yang mereka miliki dimata konsumennya.

Melihat konten-konten yang dihasilkan mereka juga menjadi salah satu faktor yang tidak bisa dilewatkan oleh Anda. Karena hal tersebut Anda juga bisa menyusun strategi yang tepat untuk membuat pelanggan.

4. Mengenali Cara Pesaing Melakukan Promosinya

Melakukan promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis, sebagai pelaku usaha pasti memiliki caranya tersendiri dalam melakukan pemasaran. Ini yang perlu digali oleh Anda mengenai analisis kompetitor tentang mengenali cara promosi mereka.

Ada beberapa informasi yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda yaitu bagaimana cara mereka untuk berkompetisi, tools atau alat apa saja yang biasanya dipakai untuk menunjang dalam melakukan promosinya.

Selanjutnya lihat juga apakah merekan memanfaatkan kerjasama dengan kompetitor atau tidak dan terakhir seberapa luas jangkauan promosinya.

5. Melakukan Analisi SWOT

SWOT merupakan singkatan dari strenghs atau kekuatan, weaknesses atau kelemahan, oportunities atau peluang serta theats atau ancaman. Analisis SWOT ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pesaing tersebut memiliki keunggulan serta apa saja kelemahan.

Selain itu, analisis SWOT juga akan membantu Anda dalam memberikan informasi mengenali ancaman dan juga peluang.

6. Membuat Tabel Rumus Untuk Mulai Merencanakannya

Tabel bisa membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran paling tepat karena pembacaan hasil dari analisis kompetitor akan lebih jelas daripada tidak menggunakan tabel yang bisa saja akan sulit dibaca.

Keenam langkah tersebut bisa diikuti dengan baik dalam melakukan penilaian pesaing. Analisis kompetitor ini merupakan cara dalam proses membuat kelemahan yang dimiliki pesaing menjadi kelebihan buat Anda.

Baca Juga : Strategi Word of Mouth Marketing Bagi Bisnis

Start your 30-day free trial