Surat Keterangan Penghasilan: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Surat keterangan penghasilan atau disingkat SKP adalah salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan suatu perusahaan yang berisikan nominal gaji. Namun, SKP memiliki fungsi yang tidak dimiliki slip gaji.

Surat keterangan penghasilan merupakan sebuah dokumen resmi dari suatu perusahaan yang berisikan nominal jumlah gaji karyawan secara terperinci dan detail. Biasanya, surat ini digunakan oleh karyawan untuk beberapa keperluan tertentu. 

Tidak hanya berisikan rincian mengenai gaji, Anda juga memerlukan surat  keterangan penghasilan untuk melengkapi dokumen administrasi seperti mengajukan pinjaman, mengajukan KPR, dan lain sebagainya.

Artikel berikut akan menjelaskan mengenai surat keterangan penghasilan, serta contoh yang bisa Anda ikuti.

Apa itu Surat Keterangan Penghasilan

Sumber: iStock.com

Mengutip dari berbagai sumber, surat keterangan penghasilan atau biasa disingkat SKP merupakan sebuah surat yang menerangkan jumlah penghasilan yang diterima karyawan. Surat ini termasuk ke dalam salah satu jenis dokumen resmi.

Surat keterangan penghasilan dibutuhkan untuk salah satu syarat administrasi dalam mengurus berbagai macam keperluan. Sebagai contoh, Anda memerlukan SKP untuk melakukan pinjaman di bank atau mengajukan kredit kendaraan bermotor.

Agar mendapatkan surat keterangan penghasilan, karyawan perusahaan biasanya mengajukan permohonan terlebih dulu. Kemudian, bagian keuangan atau personalia dari suatu perusahaan akan mengeluarkan SKP.

Perbedaan Surat Keterangan Penghasilan dan Slip Gaji

Sumber: Etsy.com

Sama-sama menerangkan terkait gaji, apakah surat keterangan penghasilan itu sama dengan slip gaji? Perbedaannya terletak di isi informasi dan cara penyampaian diantara keduanya.

Surat keterangan penghasilan dibuat lebih formal dengan menyediakan kop surat perusahaan. Sementara slip gaji dibuat lebih sederhana dan hanya berisikan berbagai komponen gaji karyawan. 

Namun, dari segi isi, slip gaji lebih detail karena memiliki rincian gaji karyawan seperti bonus, potongan gaji, biaya overtime (lembur), dan lain sebagainya. Sementara SKP hanya menyantumkan gaji bersih yang diterima, tunjangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Fungsi Surat Keterangan Penghasilan

Sumber: sac-ekimi.net

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat keterangan penghasilan diperlukan untuk mengurus berbagai macam keperluan. Jadi selain menerangkan perihal gaji, berikut adalah lima fungsi dari surat keterangan penghasilan lainnya.

1. Pengajuan Beasiswa

Berapa yayasan/badan penyedia beasiswa memerlukan surat penghasilan milik orang tua siswa agar dapat mengetahui kemampuan orang tua dari anak yang melamar di beasiswa tersebut. 

Sementara itu, ketika seorang karyawan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional, pihak universitas akan meminta surat tersebut ini sebagai salah satu syarat administrasi. Selain itu, dibutuhkan juga surat rekomendasi dari atasan sebagai syarat lainnya.

2. Melamar Pekerjaan

Ada beberapa perusahaan yang ingin melihat rekam jejak karier calon karyawan melalui penghasilan di perusahaan sebelumnya. Hal ini diperlukan perusahaan untuk mengestimasi besaran gaji yang mungkin diinginkan oleh karyawannya. 

3. Klaim Dana Jaminan Hari Tua

BPJS Ketenagakerjaan menyaratkan pembuatan surat keterangan penghasilan untuk mencairkan dana jaminan hari tua (JHT). Pencairan dana ini bisa diambil setelah pensiun atau bahkan saat kamu masih aktif bekerja. 

Jika masih berstatus aktif, surat keterangan penghasilan ini bisa digunakan untuk mencairkan maksimal 30% dari dana. Namun tetap ada ketentuan dan syarat lainnya yang berlaku. 

4. Membuat Visa

Jika ingin membuat visa, Anda tentu harus menyediakan surat keterangan penghasilan, terutama jika negara tujuan Anda adalah negara maju. Surat ini dibutuhkan negara untuk diperiksa apakah Anda memiliki penghasilan dan tabungan yang cukup untuk berpergian atau bertahan hidup di luar negeri.

5. Pengajuan Pinjaman atau Kredit

Surat keterangan penghasilan dibutuhkan sebagai dokumen resmi yang memvalidasi kemampuan Anda dalam membayar pinjaman sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rifnu Wayne

Jabatan: Direktur Keuangan

Menerangkan bahwa karyawan berikut ini

Nama: Panji Parker

Jabatan: Staf Digital Marketing

Adalah benar merupakan karyawan PT Waini Enterprises sejak Januari 2021 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara Panji Parker setiap bulan, khususnya pada April 2022, adalah sebagai berikut:

Gaji Pokok: Rp8.000.000

Uang makan: Rp400.000

Transport: Rp200.000

Kesehatan: Rp100.000

Lain-lain: Rp250.000

Total Tunjangan: Rp8.250.000

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan pinjaman di bank.

Jakarta, 25 November 2022

Rifnu Wayne

Direktur Keuangan

Itulah penjelasan dan contoh mengenai surat keterangan penghasilan yang bisa menjadi panduan Anda. Tidak ada format baku dalam pembuatan surat keterangan penghasilan, karena setiap perusahaan sudah memiliki formatnya sendiri.

Baca Juga:

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.