8 Daftar Aplikasi Kasir Gratis untuk Usaha Rumahan

Aplikasi kasir gratis dapat mempermudah proses transaksi dan pencatatan sehingga data bisa didapatkan lebih cepat.

Dunia bisnis mulai berkembang jadi lebih besar sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi kasir gratis. Aplikasi ini bisa mempermudah proses transaksi dan pencatatan sehingga data bisa didapatkan lebih cepat.

Aplikasi kasir online memang mempermudah proses transaksi. Kasir juga tidak perlu melakukan penghitungan secara manual. Kasir bisa lebih fokus untuk melayani pembeli tanpa khawatir melakukan kesalahan pencatatan.

Untuk menggunakan aplikasi ini sebenarnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kasir baik menggunakan PC atau smartphone. Anda hanya perlu menyesuaikannya saja sesuai kebutuhan.

Ada banyak sekali aplikasi bisa digunakan. Untuk memudahkan anda, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi kasir baik untuk PC atau smartphone. Untuk itu, simak baik-baik informasi di bawah ini.

Baca Juga: Manfaat e-commerce Bagi Berbagai Pihak yang Diuntungkan

10 Aplikasi Kasir Gratis Terbaik

Ada banyak sekali aplikasi kasir terbaik yang bisa Anda gunakan. Ada versi gratis dan juga ada versi berbayar. Oleh sebab itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi kepada anda.

1. Moka Pos

moka pos salah satu aplikasi kasir
Sumber: Startup HKI

Rekomendasi aplikasi kasir gratis pertama adalah Moka Pos. Moka Pos sendiri memiliki basis cloud dan telah menjadi salah satu aplikasi paling banyak dipakai di Indonesia.

Moka Pos merupakan sebuah aplikasi kasir yang bisa digunakan lewat smartphone. Anda tidak perlu khawatir karena Moka Pos bisa digunakan oleh pengguna android maupun IOS.

Salah satu kelebihan dari Moka Pos adalah mampu membuat laporan secara realtime. Bahkan, Anda bisa menggunakannya dalam keadaan online maupun offline. Jadi, pencatatan transaksi bisa dilakukan lebih mudah.

2. Omega Pos

omega pos salah satu aplikasi kasir gratis
Sumber: Hageuy.com

Selanjutnya ada Omega Pos yang dikhususkan bagi Anda pengguna Android. Meskipun hanya bisa dipakai oleh Android, tetapi ada banyak fitur menarik. Salah satunya adalah integrasi dengan inventory produk.

Selain itu, ada juga fitur yang sangat menarik berupa analisa perilaku konsumen. Oleh sebab itu, Anda bisa melihat apa saja kebutuhan dari konsumen. Hal tersebut akan memberikan kemudahan bagi anda.

Omega Pos bisa dinikmati secara gratis selama 14 hari. Selanjutnya aplikasi kasir pintar ini harus berlangganan setiap bulan. Namun, ada semakin banyak fitur menarik untuk menunjang transaksi anda.

3. Kasir Pintar Free

kasir pintar free salah satu aplikasi kasir gratis
Sumber: Pusat Informasi Kasir Pintar

Kasir Pintar Free juga bisa jadi salah satu alternative untuk anda. Seperti namanya, aplikasi ini bisa digunakan bahkan tanpa berlangganan. Jadi, Anda tidak perlu menambah biaya lain untuk berlangganan.

Aplikasi kasir gratis ini juga akan menghubungkan smartphone pengguna ke jaringan berbasis cloud. Di sisi lain, fitur scan barcode juga jadi salah satu kelebihan dari aplikasi ini.

Untuk menggunakan fitur scan barcode, Anda hanya membutuhkan kamera belakang smartphone. Lakukan seperti saat memotret objek. Lalu, hasilnya akan keluar dan pastinya semakin mempermudah pencatatan transaksi.

4. Vend HQ

vend hq salah satu aplikasi kasir gratis
Sumber: Wikipedia

Jika sebelumnya adalah aplikasi kasir gratis untuk pengguna smartphone, maka sekarang adalah pengguna PC. Jika skala bisnis Anda sudah besar, maka tidak ada salahnya menggunakan perangkat PC.

Namun, Vend HQ sebenarnya sangat direkomendasikan untuk bisnis skala sedang dengan jumlah barang tidak terlalu banyak. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan setiap fungsi dan fitur dari Vend HQ.

Menariknya, Vend HQ juga menyediakan fitur penyimpanan cloud secara online serta offline. Fitur lainnya adalah inventori, loyalty, hingga beberapa fitur tambahan lain untuk mempermudah proses pencatatan transaksi.

5. Keyhut

keyhut salah satu aplikasi kasir gratis
Sumber: The SMB Guide

Keyhut mungkin terlihat tidak asing dari segi tampilan font maupun background. Hal tersebut karena Keyhut menggunakan font dan background mirip tampilan BIOS windows versi lama.

Ada banyak fitur menarik dari Keyhut. Beberapa diantaranya adalah CRM, pelaporan transaksi penjualan, pelacakan inventaris, dan bahkan manajemen karyawan. Oleh sebab itulah Keyhut banyak digunakan oleh pelaku bisnis.

Aplikasi kasir gratis ini memilikki dua versi, gratis dan berbayar. Jika ingin menggunakan semua fitur secara lengkap, maka Anda perlu berlangganan. Dengan begitu, aktivitas transaksi penjualan juga tercatat lebih baik.

6. Olsera Pos

Olsera Pos adalah salah satu jenis aplikasi kasir gratis
Sumber: Olsera.com

Kembali lagi ke aplikasi yang bisa dipakai untuk smartphone, Olsera Pos mungkin sudah sering terdengar. Olsera Pos juga memberikan fitur untuk penyimpanan cloud baik secara online maupun offline.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengakses semua laporan dan transaksi pencatatan kapan dan dimana saja. Hal ini bisa dipakai sebagai bentuk pengawasan terhadap manajemen karyawan.

Karena beberapa fiturnya sangat membantu, Olsera Pos banyak digunakan untuk bisnis berbagai skala. Apalagi, Olsera Pos juga merupakan salah satu aplikasi kasir gratis dengan banyak kelebihannya.

7. Chromis Pos

chromis pos adalah salah satu aplikasi kasir gratis terbaik
Sumber: The SMB Guide

Selanjutnya ada Chromis Pos yang bisa Anda gunakan lewat PC. Chromis Pos telah mendukung untuk aktivasi di berbagai system operasi mulai dari Windows, MacOS, hingga Linux.

Salah satu fitur paling menarik dari Chromis Pos adalah tampilan display produk dalam bentuk foto. Untuk melakukan pembelian, maka hanya perlu klik pada katalog foto tersebut.

Karena fitur tersebut, aplikasi kasir gratis Chromis Pos ini sangat cocok untuk pelaku bisnis FnB. Tujuannya, konsumen bisa memilih secara langsung menu makanan mereka dan mengetahui berapa harganya.

8. Profit Center

profit center adalah salah satu aplikasi kasir gratis
Sumber: Accounting & Finance Tutorials by a Certified Accountant

Jika Anda adalah pengguna PC Windows, maka ada rekomendasi menggunakan Profit Center. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik dan yang pasti akan memberikan kemudahan dalam proses pencatatan dan transaksi penjualan.

Profit Center menyediakan banyak fitur menarik mulai dari free update, free support, hingga mendukung berbagai transaksi mata uang. Oleh sebab itulah Profit Center cocok untuk pelaku bisnis skala besar.

Di sisi lain, fitur berupa penyimpanan cloud berbasis online dan offline juga sangat membantu. Hal tersebut memberikan akses lebih bebas bagi pemilik bisnis untuk melakukan pengecekan transaksi setiap saat.

Berbagai aplikasi tersebut memang memberikan versi gratis. Namun, jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak fitur, maka Anda bisa upgrade aplikasi kasir gratis tersebut ke versi berbayar.

Baca Juga: Manfaat Payment Gateway dan Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online

Start your 30-day free trial