Manfaat E-Commerce bagi Berbagai Pihak yang Diuntungkan

Jika membahas mengenai manfaat e-commerce, maka hampir semua pihak memang merasa diuntungkan berkat kehadiran teknologi ini.

Beragam manfaat e-commerce memang menarik untuk dibahas, tidak hanya membawa manfaat bagi penjual dalam bertransaksi dengan pembeli. Namun sebagai pembeli, Anda juga mendapat banyak kemudahan dalam mencari produk yang diinginkan atau dibutuhkan.

Sebelum adanya e-commerce dan teknologi seperti saat ini, saat membeli makanan, kita harus datang langsung ke toko atau rumah makan. Apabila makanan tidak tersedia atau rumah makan tutup, maka kita harus kembali lagi, alhasil waktu dan biaya yang dikeluarkan terbuang percuma.

Itulah yang tidak kita temukan pada manfaat e-commerce, dimana waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi sebuah restoran dapat diminimalisir, karena pembeli tidak harus berkunjung langsung dan cukup menunggu makanan sampai di lokasi Anda.

Masih banyak sekali manfaat bisa Anda dapatkan, setelah e-commerce hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Menawarkan fitur utama yaitu memudahkan transaksi antara konsumen dan penjual, tanpa bertemu secara langsung meskipun berjarak jauh.

Manfaat E-Commerce bagi Pebisnis UMKM

manfaat e-commerce bagi umkm
Sumber : BlueBoard

Pebisnis UMKM tentunya akan dimudahkan dengan adanya e-commerce, karena mereka bisa mendapat keuntungan lebih luas lagi, dan produk mereka dapat dikenal dengan mudah oleh banyak orang.

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat e-commerce pertama bagi pebisnis yaitu, mereka bisa menjual produk ke berbagai daerah, baik di dalam pulau Jawa maupun luar pulau Jawa. Biasanya saat berjualan, maka target pasar kita hanya masyarakat berada di lingkungan sekitar saja.

Namun jika berjualan di e-commerce, maka jangkauan target pasar kita miliki bertambah luas, alhasil tingkat keuntungan juga lebih tinggi. 

2. Menghemat Biaya

Ketika berjualan secara offline, tentu saja penjual harus memilih lokasi untuk berjualan dan memilih tempat seperti ruko untuk berjualan. Biaya yang dikeluarkan tentu saja besar, belum lagi jika keuntungan didapat belum bisa menutup modal dikeluarkan.

Akan lebih banyak biaya harus Anda keluarkan, seperti membayar listrik, biaya penyewaan tempat dan lain sebagainya. Namun dengan berjualan online, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut, karena semuanya bisa dilakukan di rumah saja.

3. Menciptakan Brand Awareness

Manfaat e-commerce lainnya adalah menciptakan brand awareness di kalangan masyarakat, sebagai pebisnis sangat penting untuk meningkatkan brand awareness, yang akan membuat brand Anda lebih dikenal dan diingat oleh para konsumen dalam waktu lama.

Jika konsumen sudah mengingat produk Anda, maka bukan tidak mungkin jika mereka memilih produk Anda dibandingkan produk dari kompetitor. Itulah yang membuat brand awareness sangat diperlukan, agar usaha Anda tidak kalah saing dengan kompetitor.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis

Manfaat dari E-Commerce yang Memudahkan Konsumen Mencari Produk

manfaat e-commerce bagi konsumen
Sumber : Removal.Al

Sebagai konsumen, kini Anda sudah bisa menemukan berbagai jenis produk melalui e-commerce. Dulu kita harus mengunjungi berbagai toko, untuk menemukan produk yang dicari, itupun belum tentu jika produk bisa ditemukan, karena jangkauan toko yang dapat dikunjungi terbatas.

1. Mudah Menemukan Produk yang Dicari

Manfaat e-commerce pertama bagi konsumen yaitu, Anda bisa menemukan beragam jenis produk dengan mudah. Hanya mengisi keyword dari produk yang dicari, maka akan langsung tertera berbagai produk direkomendasikan.

2. Menghemat Waktu

Waktu adalah salah satu hal yang menjadi hambatan bagi konsumen saat berbelanja, saat membeli makanan secara langsung pasti akan menghabiskan waktu lebih banyak, daripada kita hanya perlu menunggu hingga makanan siap dan diantarkan kepada Anda secara langsung.

Anda bisa melakukan aktivitas yang lebih penting, daripada harus menunggu di tempat makan dan kembali menjalani aktivitas. Belum lagi dengan kemacetan lalu lintas harus dilalui, pasti akan memakan waktu lebih lama.

3. Mudah Membandingkan Harga dan Kualitas

Manfaat e-commerce selanjutnya adalah, konsumen mudah untuk membandingkan harga suatu produk dengan brand lainnya. Saat mencari produk, nantinya akan tertera berbagai informasi dari produk Anda cari, mulai dari nama brand, harga juga rating atas produk tersebut.

Jika Anda sedang mencari makanan, nantinya konsumen juga bisa membandingkan kualitas makanan tersebut yang diberikan oleh para konsumen terdahulu. Begitu juga dengan harga dan lokasi dari toko, Anda bisa memilih lokasi toko yang lebih dekat dengan lokasi Anda saat ini.

4. Belanja Kapan Saja

Tanpa terbatas oleh jarak dan waktu, Anda bisa memesan kapan saja dan dimana saja. Jika ingin membeli makanan frozen food misalnya, Anda bisa memesannya jam 12 malam sekalipun, baru keesokan harinya, penjual akan memproses pesanan Anda dan mengirimnya.

E-Commerce Membawa Banyak Keuntungan Bagi berbagai Pihak

e-commerce membawa banyak keuntungan
Sumber : GepardPIM

Memang tidak dapat dipungkiri jika manfaat e-commerce, membawa keuntungan bagi berbagai pihak yaitu penjual dan pembeli. Penjual bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan, dan konsumen bisa mendapatkan produk yang dicari sesuai kebutuhan.

Tanpa hadirnya e-commerce di kehidupan saat ini, mungkin akan sulit bagi kedua pihak tersebut bertemu karena terhalang oleh jarak. Kehadiran e-commerce memang membawa sisi positif, bayangkan saja kita bisa memesan suatu produk dengan mudah padahal jaraknya sangat jauh.

Ketahui manfaat e-commerce melalui informasi kami berikan, dan jangan lupa untuk memanfaatkan media tersebut. Saat ini banyak sekali aplikasi e-commerce yang bisa digunakan, dan semakin luas jangkauan pasar Anda, maka semakin tinggi keuntungan bisa didapatkan.

Penggunaan aplikasi e-commerce cukup mudah, tentunya membawa kemudahan bagi banyak pihak. Hanya perlu mencari produk, kemudian memilih toko yang memiliki rating cukup tinggi dan memesan produk tersebut lalu membayarnya dengan metode yang diinginkan.

Begitu juga dengan penjual, Anda hanya perlu mengunggah produk yang ingin dijual, jangan lupa menyertakan deskripsi dan foto produk. Foto pada makanan, sangat berpengaruh pada ketertarikan konsumen, sehingga buatlah foto yang menarik dengan tingkat resolusi yang jelas.

Beradaptasi dan memanfaatkan berbagai teknologi saat ini, menjadi salah satu cara agar Anda tetap konsisten dan bisa bertahan dalam menjalani bisnis. Dengan mengetahui berbagai manfaat e-commerce, maka pebisnis bisa memanfaatkan media tersebut dalam memulai usaha. 

Baca Juga : Cara Membuat Unique Selling Point (USP)

Start your 30-day free trial