Cara Membuat Unique Selling Point (USP) dan Contohnya

Sudahkah Anda memahami apa itu USP? Berikut cara membuat unique selling point beserta contoh USP brand F&B di Indonesia.

Ketika membangun sebuah bisnis, USP adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan brand agar terlihat lebih unggul dari kompetitor yang ada.

Lantas, sudah tahukah Anda apa itu USP dan apa USP yang bisnis Anda miliki? Jika belum, berikut penjelasan lengkap mengenai USP, cara membuat USP, serta beberapa contoh USP dari brand F&B yang ada di Indonesia.

Memahami Apa Itu USP

USP atau Unique Selling Point adalah aspek atau faktor yang membuat sebuah bisnis, baik itu layanan ataupun produk, menjadi unik dan menarik.

Saat ini, memulai sebuah bisnis dan memiliki banyak kompetitor yang menawarkan layanan/produk serupa bukanlah suatu hal yang mengagetkan lagi. Seperti misalnya bisnis F&B yang semakin hari semakin banyak karena pangsa pasar di bidang kuliner yang terbilang "empuk". Siapa saja dapat memulai bisnis F&B nya, baik secara online maupun offline.

Yang membedakan satu bisnis F&B dengan bisnis F&B lainnya tak lain adalah Unique Selling Point yang dimiliki. Sebagai gambaran, anggaplah bisnis A & bisnis B menjual produk es kopi susu. Secara produk, yang ditawarkan adalah produk yang sama dan secara rasa pun bisa dibayangkan akan sama saja. Namun apabila Anda merupakan salah satu pemilik bisnis tersebut, Anda harus menyiapkan beberapa keunikan yang membuat bisnis Anda berbeda dari bisnis yang menjual produk yang sama.

Katakanlah, keunikan dari produk es kopi susu Anda adalah bahan baku kopi yang digunakan. Di mana Anda hanya menggunakan kopi lokal pilihan, yang memiliki kualitas terbaik. Atau bisa pula, susu yang Anda gunakan adalah susu plant-based yang rendah akan lemak, dan lebih vegan-friendly. Dengan keunggulan dan keunikan tersebut, Anda dapat menyasar target konsumen yang lebih spesifik dan menjual produk yang lebih menarik.

Hal-hal tersebut adalah gambaran dari bagaimana penggunaan USP dalam sebuah bisnis. Dengan memiliki USP yang menarik, Anda tak perlu khawatir dengan banyaknya kompetitor yang menawarkan produk yang serupa dengan Anda.

Cara Membuat Unique Selling Point (USP) Pada Bisnis

cara-membuat-usp-hubster
Sumber: Planium Pro

Lantas bagaimanakah contoh USP bisnis F&B yang menarik? Dan bagaimana cara membuat USP yang menarik perhatian konsumen?

Berikut tiga cara membuat unique selling point yang mudah, ringkas, dan tepat.

1. Membuat daftar keunikan produk yang ditawarkan

Apa yang kiranya mendasari Anda menawarkan produk ke konsumen? Cobalah untuk membuat daftar keunikan produk atau manfaat yang akan diperoleh pelanggan saat membeli produk dari brand Anda.

Konsumen akan tertarik membeli produk Anda jika memang produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan mereka, tuliskan hal spesifik produk yang pastinya membuat berbeda dari produk sejenis lainnya.

Masih cukup banyak pebisnis yang hanya fokus pada peningkatan kualitas tanpa memperhatikan kebutuhan konsumen, inilah yang menjadi salah satu alasan produk kurang laku di pasaran, misalnya Anda memiliki sebuah tempat makan di mana para pelanggan bisa menghilangkan rasa laparnya di tempat Anda, namun apakah dengan berjualan makanan saja pelanggan dapat terus menerus datang berkunjung? Maka dari itu penting untuk menonjolkan keunikan dari tempat makan Anda.

2. Melakukan riset pasar

Cobalah untuk mengetahui siapa saja yang menjadi kompetitor Anda dan ketahui juga apa USP mereka. Seperti yang telah dipaparkan di atas, meski memiliki produk yang sama, tapi bisa saja keunikannya berbeda.

3. Membandingkan produk dengan produk yang kompetitor miliki

Membuat USP yang tepat untuk bisnis Anda juga bisa dilakukan dengan melakukan perbandingan produk dengan milik brand kompetitor.

Meski konsep produk milik Anda mirip dengan produk kompetitor tapi ide yang dihasilkan tentunya memiliki perbedaan. Maka dari itu dengan melakukan perbandingan produk kompetitor Anda bisa melihat kelemahan dan kelebihan dari produk Anda. Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih mudah menentukan USP bisnis anda.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Diskon untuk Bisnis F&B dan Strateginya

3 Contoh USP Brand F&B di Indonesia

Untuk membantu Anda dalam menentukan USP dari bisnis Anda, berikut beberapa contoh USP dari brand F&B yang terkenal di Indonesia.

1. Kopi Kenangan

Sumber: KataData

Siapa yang tidak kenal dengan brand kopi, Kopi Kenangan? Bermula dari sebuah bisnis kopi kekinian, kini Kopi Kenangan telah menjadi salah satu start-up F&B terbesar di Indonesia dan telah ekspansi ke beberapa produk makanan menarik lainnya.

Salah satu USP yang membuat Kopi Kenangan bisa sebesar sekarang adalah bahan baku kopi dan gula aren yang digunakan. Produk minuman dari Kopi Kenangan yang merupakan signature dari brand ini adalah Kopi Kenangan Mantan. Meskipun terlihat sama seperti es kopi susu pada umumnya, Kopi Kenangan menonjolkan bahan baku yang digunakan, di mana mereka hanya menggunakan bahan baku dari Indonesia. Dan mereka pun ingin membawa cita rasa nikmat Nusantara melalui produknya.

Dan terbukti, banyak orang yang menikmati produk Kopi Kenangan Mantan yang dimiliki.

2. Warunk Upnormal

Sumber: MauCash

Terkenal sebagai salah satu tempat berkumpul anak muda yang cocok untuk berbagai kegiatan, Warunk Upnormal menyediakan menu yang sangat variatif mulai dari mie, nasi, roti, pisang, dan ragam pilihan minuman.

Meskipun memiliki banyak menu dan menunya terbilang biasa saja, Warunk Upnormal berhasil menggaet minat banyak orang karena kombinasi topping yang terdapat pada makanannya. USP mereka terdapat pada kombinasi makanan "biasa saja" menjadi mengandung rasa yang "luar biasa".

3. Bittersweet by Najla

Sumber: Inhands Media

Pernah mendengar dessert box yang satu ini? Tak hanya rasanya yang nikmat, menu yang ada di Bittersweet by Najla selalu menarik perhatian.

USP brand F&B yang satu ini terdapat pada pilihan menu yang ditawarkan, di mana mereka selalu pandai dalam menghadirkan tren terkini ke dalam menunya. Tak hanya itu, strategi pemasaran Bittersweet by Najla di media sosialnya juga selalu menarik perhatian audiensnya yang masif.

Memperkenalkan USP Kepada Konsumen

Setelah mengetahui apa itu USP, bagaimana cara membuat USP, serta beberapa contoh USP brand F&B di Indonesia, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara memperkenalkan USP bisnis Anda kepada konsumen.

Metode pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah lewat advertising atau iklan. Membuat iklan merupakan salah satu cara terbaik dalam upaya brand marketing campaign, karena dengan cara beriklan maka pesan USP yang ingin Anda tujukan ke konsumen bisa cepat tersampaikan.

Cobalah untuk membuat iklan yang sederhana namun mengandung hal spesifik dari produk Anda sehingga konsumen dapat menerimanya dengan mudah.

Hal selanjutnya yang bisa Anda coba adalah lewat media sosial. Sekarang ini media sosial menjadi tempat yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Tidak heran jika media sosial merupakan cara mudah menyampaikan USP ke konsumen, karena penggunanya yang sangat masif saat ini.

Cobalah untuk bekerja sama dengan influencer untuk menarik konsumen sehingga brand Anda nantinya dapat dikenal banyak kalangan.

Anda bisa membuat konten menarik baik dalam bentuk video atau lainnya, mengingat saat ini konten video pendek lebih mudah menarik konsumen. Hadirkan konten video sekreatif mungkin tanpa mengesampingkan nilai USP yang telah Anda buat.

Itulah penjelasan lengkap seputar apa itu Unique Selling Point. Jadi, apa USP dari bisnis Anda?

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh Analisis SWOT

Start your 30-day free trial