5 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses dari Nol di Indonesia

Kisah inspiratif pengusaha sukses selalu menjadi panutan banyak orang untuk mencapai keberhasilan, khususnya para pengusaha yang berjuang dari nol.

Kisah inspiratif pengusaha sukses selalu menjadi panutan banyak orang untuk mencapai keberhasilan, khususnya para pengusaha yang berjuang dari nol. Hal tersebut menunjukkan bahwa jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah, dibutuhkan kegigihan.

Sebelum mencapai keberhasilannya, semua pengusaha sukses tentu pernah mengalami kegagalan maupun momen jatuh bangun masing-masing. Bahkan, banyak di antara mereka yang pernah mengalami kegagalan tidak hanya sekali, namun hingga berkali-kali.

Tidak ada bisnis sukses yang langsung berhasil secara instan, perlu waktu serta perjuangan panjang untuk meraihnya. Perjalanan penuh lika liku tersebut bisa dijadikan sebagai motivasi bagi pebisnis pemula mencapai kesuksesan.

Contoh Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses di Indonesia

Pengalaman itu mahal harganya, sehingga menjadi salah satu modal penting dalam mencapai kesuksesan. Berikut 5 rangkuman pengalaman serta kisah pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil membangun usahanya dari nol.

1. Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Chairul Tanjung (CT)

kisah inspiratif chairul tanjung
Sumber: VOI

Chairul Tanjung, si Anak Singkong, dikenal sebagai pemilik kerajaan bisnis CT Corp. yang membawahi Trans Corp, Mega Corp, serta CT Global Resources. Bahkan, beliau pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian 2014.

Kini, ia berhasil menempati peringkat ke-263 orang terkaya di dunia tahun 2022 versi Forbes. Namun sebelum mencapai titik suksesnya, ia ternyata berasal dari keluarga sederhana yang kerap mengalami kesulitan ekonomi

Dari situlah beliau memperoleh julukan terkenalnya sebagai Chairul Tanjung si Anak Singkong. Dengan gigih, ia membiayai kebutuhan kuliahnya sendiri dengan berdagang buku- buku kuliah, jasa fotokopi, hingga jasa pembuatan kaos.

Ia juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran dan usaha kontraktor yang sempat gagal, serta bisnis sepatu. Hingga kemudian beliau berhasil mendirikan usahanya sendiri, Para Group yang kini bernama CT Corp.

2. Bob Sadino (Bambang Mustari Sadino)

kisah inspiratif pengusaha Bob Sadino
Sumber: Good News From Indonesia

Kisah inspiratif pengusaha sukses berikutnya berasal dari Om Bob, pemilik Kem Chicks, Kemfood, Kem Farm, serta The Mansion at Kemang. Keberhasilan ini tidaklah instan, sebab diawali dari proses perjalanan panjang.

Meskipun lahir dari keluarga berkecukupan dengan ayah seorang guru, namun beliau merupakan sosok mandiri dan kompeten. Di usia 19 tahun, ayah Bob Sadino meninggalkannya dengan seluruh warisan harta kekayaan keluarga.

Setelah memilih tidak melanjutkan kuliah, ia sempat bekerja di Unilever, lalu berkelana sekaligus bekerja di Belanda dan Jerman. Kembali ke Indonesia, ia menggunakan penghasilan serta warisannya untuk membuka sewa mobil.

Akibat kecelakaan saat menjadi sopir penyewaan mobilnya, ia mengalami kerugian dan memutuskan menjadi kuli bangunan. Kemudian, beliau berjualan telur ayam dari rumah ke rumah hingga sukses berkembang menjadi Kem Chicks.

3. Sudono Salim (Liem Sioe Long)

kisah inspiratif Sudono Salim
Sumber: IDX Channel

Kisah inspiratif pengusaha sukses selanjutnya berasal dari Sudono Salim, salah satu jajaran orang terkaya Indonesia pendiri BCA dan Salim Group. Kepemilikan Salim Group meliputi Indofood, Indocement, Indosiar, Indomaret, dan lain-lain.

Meski kini sangat sukses dengan gurita bisnis yang menyebar dimana-mana, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan masa kecilnya. Ia lahir sebagai anak petani miskin asal Cina yang merantau ke Indonesia.

Sesampainya di Indonesia, beliau sempat bekerja sebagai karyawan pabrik kerupuk, berbisnis minyak kacang, menjadi pemasok cengkeh, hingga pemasok obat-obatan tentara. Kemudian, ia mendirikan bank BCA, pabrik Bogasari, hingga pabrik Indocement.

Kemudian, lahirlah ranah bisnis lainnya yang kini tergabung dalam Salim Group. Saat krisis moneter dan reformasi, Salim Group sempat jatuh, namun berhasil bangkit lagi dan kini dipegang anak dan menantunya.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Pengertian, Unsur, Jenis dan Fungsi

4. Ciputra (Tjie Tjin Hoan)

kisah inspiratif pengusaha Ciputra
Sumber: Portonews

Berikutnya adalah kisah inspiratif pengusaha sukses Ciputra, pelopor usaha real estate Indonesia sekaligus pemilik Ciputra, Metropolitan, dan Jaya Group. Beliau berasal dari keluarga miskin nan sederhana dari Parigi, Sulawesi Tengah.

Di masa kecil, ayahnya ditangkap pasukan akibat dituduh sebagai mata-mata Belanda. Sejak itu, ia harus hidup mandiri, sekolah sembari berkebun, berburu babi hutan, membantu ibu berjualan, serta mengurus sapi peliharaannya.

Setelah lulus SMA, ia memutuskan pindah ke Jawa dan diterima di jurusan arsitektur ITB sambil mencari uang sendiri. Sembari berkuliah, ia sempat mendirikan PT Perentjana Dana serta PT Pembangunan Jaya.

Hingga akhirnya sebelum lulus, beliau sudah berhasil memperoleh kontrak bernilai lumayan dari jasa konsultannya. Kemudian, ia berhasil mendirikan Jaya Group, Metropolitan Group, serta Ciputra Group yang bergerak di bidang pembangunan.

5. Dato Sri Tahir (Ang Tjoen Ming)

kisah inspiratif Dato Sri Tahir
Sumber: IDX Channel

Kisah inspiratif pengusaha sukses Indonesia yang terakhir berasal dari Dato Sri Tahir, pemilik Mayapada Group. Mayapada Group memiliki beberapa unit usaha yang meliputi sektor perbankan, properti, rumah sakit, dan lain-lain.

Saat ini, beliau menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sejak tahun 2019. Namun sebelum itu, ia berasal dari keluarga kurang mampu yang berprofesi sebagai pembuat becak dengan keterbatasan ekonomi.

Bermimpi menjadi seorang dokter, ia sempat kuliah di jurusan kedokteran, namun terpaksa berhenti akibat ayahnya jatuh sakit. Kemudian, ia melanjutkan usaha ayahnya hingga memperoleh beasiswa pendidikan bisnis di NTU, Singapura.

Sembari kuliah, ia mulai berbisnis garmen hingga usahanya berkembang, lalu memberanikan diri merambah bisnis lain. Beliau pun kemudian mendirikan Mayapada Group yang terus bertumbuh dan menyasar berbagai sektor, termasuk kesehatan.

Dari kisah-kisah tersebut, bisa disimpulkan bahwa setiap pengusaha sukses memiliki sifat pantang menyerah untuk bangkit mengejar ketertinggalan. Kisah inspiratif pengusaha sukses di atas bisa menjadi motivasi untuk Anda memulai usaha.

Baca Juga: Komponen Perencanaan Usaha Harus Disiapkan Saat Mulai Bisnis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.