Annual Report Adalah Komponen Penting Bagi Bisnis Kuliner

Annual report adalah sebuah dokumen yang disediakan oleh perusahaan untuk dilihat oleh umum.

Pernahkah Anda bertanya tentang sebenarnya annual report adalah apa? Ada juga yang merasa keheranan kenapa laporan ini sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan dan pegawai diminta untuk bisa cermat dalam menyusunnya. Tetapi jauh dari itu, ada banyak hal lain!

Annual report merupakan sebuah dokumen yang disediakan oleh perusahaan untuk dilihat oleh umum. Ini berisikan tentang apa saja naratif performa suatu perusahaan selama 1 tahun penuh. Ada juga data dan statistik untuk membandingkan dengan yang dicapai tahun lalu.

Ini telah menjadi suatu kebutuhan reguler dari suatu perusahaan karena ini membuat orang semakin tahu bagaimana kinerja suatu perusahaan. Performa ini juga yang kemudian akan mengundang lebih banyak investor untuk bergabung mengembangkan bisnis seperti itu.

Bukan hanya perusahaan besar yang membutuhkan annual report, tetapi di semua sektor bisnis juga tentu saja akan lebih baik jika telah mencatat seluruh performanya selama satu tahun penuh. Termasuk juga untuk bisnis kuliner yang perlu mendapat banyak catatan.

Apa itu Annual Report dan Fungsinya Bagi Bisnis Kuliner

apa itu annual report dan fungsinya bagi bisnis kuliner
Sumber: FoodBusiness.news

Untuk bisnis kuliner sendiri, annual report adalah informasi kunci terkait suatu perusahaan selama periode waktu tertentu. Ini juga menjadi gambaran seperti apa cara untuk mengejar tujuan dalam periode waktu tertentu sehingga harus siapkan semua list yang dibutuhkan.

Untuk Annual report sendiri, ini juga ada aturan menulisnya, sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarang. Jika Anda merupakan pelaku usaha kuliner dan berencana untuk untuk menyusun data kualitatif untuk bisnis itu, maka cari tahu dulu apa saja fungsi utamanya:

1. Menunjukkan Kredibilitas Bisnis Kuliner

Suatu annual report berisikan banyak informasi yang berkaitan dengan bagaimana perusahaan tertentu hadirkan apa yang mereka targetkan. Sehingga ini juga yang akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan, dan annual report adalah yang penentu.

2. Agar Bisa Evaluasi Performa Dalam Bidang Kuliner

Komponen dalam bisnis kuliner ini banyak, dan ini juga merupakan informasi yang bisa menentukan minat dalam suatu perusahaan, dalam perspektif investor. Jika nilai itu belum memenuhi target perusahaan, maka semua ini akan jadi bahan evaluasi

3. Formulir Tanggung Jawab kepada Pihak Luar atau yang Kerja Sama

Jika sudah ada pemegang saham atau investor dari pihak luar, maka mereka akan harapkan performa yang lebih baik. Annual report adalah bentuk dokumen yang akan menjadi formulir tanggung jawab. Laporan itu melihat mencukupi atau tidak.

4. Pengambilan Keputusan yang Berkaitan dengan Ekonomi

Annual report juga berkaitan dengan bagaimana suatu perusahaan bisa hadirkan apa yang mereka inginkan. Dengan laporan di dalam annual report, maka setiap orang bisa menjadikan itu sebagai bahan refleksi, dan kemudian ambil keputusan dari sana.

Baca Juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Perbedaan Annual Report dan Laporan Keuangan

perbedaan annual report dan laporan keuangan
Sumber: Unsplash

Lantas, dari sini masih banyak juga yang merasa banyak hal yang belum memenuhi apa yang menjadi pertanyaan mereka dalam annual report. Ada juga yang menganggap kalau seluruh laporan di dalamnya adalah tentang performa ekonomi suatu perusahaan selama 1 tahun.

Tetapi sebenarnya, annual report adalah hal yang jauh lebih kompleks dari sekedar laporan keuangan. Secara gambaran kasar, laporan keuangan jelas adalah hanya untuk finansial, dan untuk annual report akan mengambil lebih banyak sektor, dan ini adalah perbedaan lain:

  1. Laporan keuangan dan Annual Report adalah dokumen yang berbeda yang disediakan dengan informasi yang berbeda juga untuk para pemegang saham
  2. Sementara laporan keuangan, seperti namanya, menyediakan semua informasi yang berkaitan dengan aktivitas finansial dari suatu perusahaan, annual report lebih dari permainan angka dan merupakan bentuk refleksi dari laporan keuangan
  3. Annual Report memiliki cakupan yang lebih luas, memiliki surat langsung dari CEO, dan juga berisikan rencana dan strategi di masa depan, dan bergantung pada laporan keuangan
  4. Annual report jauh lebih kompleks ketimbang laporan keuangan
  5. Tujuan dari laporan keuangan adalah untuk mengukur situasi dan performa finansial suatu perusahaan, sementara Annual Report berisikan statistik untuk dikembangkan menjadi orientasi masa depan

Komponen Komponen dalam Annual Report

komponen dalam annual report
Sumber: Exchange Connect

Sekarang pertanyaan untuk bisnis kuliner Anda adalah siap atau tidak untuk kembangkan suatu laporan itu atau tidak. Bagaimana juga dengan fungsi itu nantinya akan menjadi yang menentukan diterimanya suatu laporan itu oleh pihak pemegang saham atau malah tidak.

Setelah Anda tahu apa saja fungsi di dalamnya, kini akan kami bahas bagaimana cara agar bisa menyusun laporan ini dengan seluruh komponen paling penting. Seperti yang sudah kami bilang, annual report adalah yang sediakan informasi relevan, dan ini komponen utama:

  1. Financial Statement / Laporan Keuangan
  2. Laporan dari Penanggung Jawab
  3. Diskusi dan Analisis
  4. Tanggung Jawab Manajemen pada Laporan Keuangan

Contoh Annual Report untuk Bisnis Kuliner

Sama seperti kegiatan lain, suatu informasi akan lebih dipahami setelah melihat contohnya langsung. Contoh annual report, terkhusus bidang kuliner, akan menjadi detail untuk laporan lain. Pada dasarnya, komponen dan detail di dalamnya tidak terlalu berbeda dari yang lain.

Mungkin di awalnya adalah berisikan tentang pengeluaran dan pendapatan suatu bisnis kuliner itu. Dilanjutkan dengan pembenaran dari pihak yang bertanggung jawab, termasuk di segi audit. Karena annual report adalah yang menentukan kredibilitas suatu perusahaan.

Sesuai dengan aktivitas layanan, evaluasi dari pihak investor akan dilanjutkan dengan informasi semua pihak. Contoh annual report ini juga bisa Anda sesuaikan dengan yang lain, karena tidak terlalu berbeda. Hanya tinggal mengganti isi dari komponen yang disebutkan.

Annual report bukan hanya sekedar dokumen penting, tetapi ini juga yang menjadi penentu seperti apa perusahaan nantinya di mata publik dan mata investor. Targetnya juga adalah ke pihak eksternal. Sesuai definisi, annual report adalah dokumen laporan per satu tahun.

Baca Juga: Mengenal 18 Jenis Istilah Akuntansi dan Penjelasannya dalam Bisnis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial