The wild wild west of delivery
Bagaimana restoran saya tetap untung meskipun biaya aplikasi pengiriman tinggi? Jika anda pemilik restoran, anda mungkin telah memikirkan pertanyaan ini di beberapa tahun terakhir. COVID-19 mendorong 40% pemilik restoran untuk menambahkan solusi teknologi pengiriman ke restorannya, dan menjadikan platform pengiriman menjadi topik hangat di beberapa tahun terakhir. Tapi saat pasca-pandemi, jelas bahwa pengiriman akan tetap ada. Faktanya, para ahli mengatakan bahwa pendapatan global pasar pengiriman makanan online diperkirakan akan meningkat menjadi $151,5 miliar pada tahun 2021.
Memesan makanan telah menjadi kebiasaan orang-orang di seluruh dunia. Karena pelanggan anda mungkin menggunakan lebih dari satu aplikasi pengiriman, memilih untuk mendaftar ke lebih dari satu platform pengiriman memungkinkan restoran anda dapat dilihat oleh banyak orang, terutama mereka yang belum pernah mengunjungi restoran anda.
Berada di beberapa platform pengiriman memiliki banyak manfaat untuk restoran mulai dari meningkatkan jangkauan restoran hingga meningkatkan penjualan, kehadiran, dan memberi keunggulan kompetitif.
Setiap orang memiliki aplikasi pengiriman favorit mungkin itu karena mereka anggota program berhadiah, atau mereka mendaftar karena teman mereka, atau platform tertentu lebih populer di area mereka. Platform yang berbeda dapat membuka segmen pelanggan yang berbeda untuk restoran anda.
Ada satu cara pasti untuk memastikan anda tidak pernah melewatkan penjualan. Apa rahasianya? Memastikan bahwa restoran anda ada di mana pun calon pelanggan berada. Jika calon pelanggan ada di GoFood, pastikan restoran anda ada disana juga. Jika mereka tidak ada di GoFood dan ada di GrabFood, restoran anda harus ada di sana juga. Ini mungkin akan meningkatkan pesanan pengiriman restoran anda dari sebelumnya.
Selain memastikan restoran anda ada di mana pun pelanggan berada, pastikan juga restoran anda ada di mana pun pesaing berada. Anda harus berasumsi bahwa pesaing terbesar ada di setiap aplikasi pengiriman di area anda. Itu berarti jika anda tidak terdaftar di setiap platform, pesaing akan mengambil pesanan anda setiap kali pelanggan memesan dan terpaksa memesan dari restoran lain di area dan jenis masakan yang sama
Kita semua mengetahui bahwa pengiriman adalah investasi. Dari komisi hingga biaya promosi dan lainnya, berada di beberapa platform pengiriman membutuhkan banyak biaya. Namun, jika anda melacak performa restoran anda di setiap platform dengan Hubster, anda dapat memperoleh insight tentang platform mana yang terbaik untuk restoran anda. Misalnya restoran anda mendaftar ke GoFood dan GrabFood dan anda melihat bahwa GoFood tidak menghasilkan banyak pesanan atau penjualan untuk restoran anda karena tidak begitu populer di area anda. Pertimbangkan menggunakan data ini untuk membuat keputusan untuk tidak lagi menggunakan GoFood dan sebagai gantinya menggunakan anggaran itu untuk menjalankan promosi di GrabFood.
Bayangkan daftar di aplikasi pengiriman sebagai "papan digital" untuk restoran anda dan setiap daftar berfungsi sebagai iklan dan cara untuk memperkenalkan restoran anda kepada calon pelanggan di internet. Semakin banyak platform yang anda daftarkan, semakin banyak etalase digital yang anda “buka" untuk menarik pelanggan baru.
Setelah membahas manfaat mendaftar ke beberapa platform pengiriman, mari membahas tentang langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk mendaftar ke platform pengiriman.
Sebagian besar layanan pengiriman bekerja dengan cara yang hampir sama, mereka menghubungkan pengunjung yang mencari pengiriman dengan restoran. Proses pendaftarannya juga hampir sama. Sebagai contoh, mari kita bahas dua layanan pengiriman populer, GoFood dan GrabFood.
GoFood adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh grup Indonesia Gojek. Platform pengiriman makanan yang beroperasi di beberapa negara di Asia. Berikut yang harus dilakukan untuk mendaftarkan restoran anda di GoFood:
Cara daftar GrabFood
GrabFood adalah salah satu platform pengiriman yang beroperasi dan populer di Indonesia. Berikut yang harus dilakukan untuk mendaftarkan restoran anda di GrabFood:
Menggunakan platform yang berbeda berarti menghabiskan banyak tablet di restoran anda. Dengan adanya pesanan datang, pemberitahuan, perubahan menu, dan data yang tersebar di beberapa platform, semakin sulit untuk mengendalikan operasional pengiriman sekaligus menjalankan restoran pada saat yang bersamaan.
Di sinilah manajemen pengiriman dan platform optimasi berperan. Di Hubster, tujuan kami adalah untuk meningkatkan performa restoran anda dan membuat hidup anda lebih mudah. Restoran bekerja dengan Hubster untuk menghubungkan mitra pengiriman ke dalam satu tablet. Produk kami adalah platform tanpa akhir yang membantu bisnis anda berhasil dalam pengiriman online melalui agregasi, manajemen dan pengoptimalan.
Memiliki semua pesanan, status pesanan, dan data anda di satu tempat memastikan bahwa tim anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu dan lebih banyak waktu melayani pelanggan. Request demo Hubster untuk mengucapkan selamat tinggal pada tablet yang banyak untuk mengurangi kesalahan dalam pemenuhan pesanan dan mendapatkan insight restoran anda!
Setelah anda meningkatkan jangkauan restoran dengan berada di beberapa layanan pengiriman, saatnya untuk mengambil tindakan dan memaksimalkan penjualan. Berikut adalah 3 tips terbaik kami untuk mendapatkan popularitas di aplikasi pengiriman makanan:
Selama pasar pengiriman makanan didominasi oleh banyak pemain terbaik, mendaftarkan restoran anda di berbagai platform merupakan cara terbaik. Hadir di berbagai aplikasi memungkinkan anda untuk meningkatkan jangkauan, memaksimalkan penjualan, dan bertemu pelanggan anda di mana pun mereka berada.