Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

August 26, 2021

Berapa banyak aplikasi pengiriman makanan yang harus dimiliki restoran saya? Bagaimana cara mendaftarnya? Aplikasi mana yang paling populer di area saya?

The wild wild west of delivery

Bagaimana restoran saya tetap untung meskipun biaya aplikasi pengiriman tinggi? Jika anda pemilik restoran, anda mungkin telah memikirkan pertanyaan ini di beberapa tahun terakhir. COVID-19 mendorong 40% pemilik restoran untuk menambahkan solusi teknologi pengiriman ke restorannya, dan menjadikan platform pengiriman menjadi topik hangat di beberapa tahun terakhir. Tapi saat pasca-pandemi, jelas bahwa pengiriman akan tetap ada. Faktanya, para ahli mengatakan bahwa pendapatan global pasar pengiriman makanan online diperkirakan akan meningkat menjadi $151,5 miliar pada tahun 2021.

Pelanggan anda bergantung pada aplikasi pengiriman

Memesan makanan telah menjadi kebiasaan orang-orang di seluruh dunia. Karena pelanggan anda mungkin menggunakan lebih dari satu aplikasi pengiriman, memilih untuk mendaftar ke lebih dari satu platform pengiriman memungkinkan restoran anda dapat dilihat oleh banyak orang, terutama mereka yang belum pernah mengunjungi restoran anda.

  • 53% orang mengatakan bahwa takeout dan pengiriman penting untuk gaya hidup mereka.
  • Rata-rata orang memiliki setidaknya dua aplikasi pengiriman makanan di smartphone mereka.
  • 31% orang mengatakan mereka menggunakan layanan pengiriman setidaknya dua kali seminggu.
  • 87% orang yang menggunakan layanan pengiriman makanan setuju bahwa itu membuat hidup mereka lebih mudah.
  • Studi menunjukkan bahwa 63% dewasa muda menggunakan layanan pengiriman.

Mengapa restoran anda harus berada di beberapa platform pengiriman

Berada di beberapa platform pengiriman memiliki banyak manfaat untuk restoran mulai dari meningkatkan jangkauan restoran hingga meningkatkan penjualan, kehadiran, dan memberi keunggulan kompetitif.

  1. Berada di beberapa platform pengiriman makanan dapat meningkatkan jangkauan restoran anda.

Setiap orang memiliki aplikasi pengiriman favorit mungkin itu karena mereka anggota program berhadiah, atau mereka mendaftar karena teman mereka, atau platform tertentu lebih populer di area mereka. Platform yang berbeda dapat membuka segmen pelanggan yang berbeda untuk restoran anda.

  1. Saat anda menjangkau lebih banyak pelanggan dari sebelumnya, berada di beberapa platform pengiriman juga dapat meningkatan penjualan.

Ada satu cara pasti untuk memastikan anda tidak pernah melewatkan penjualan. Apa rahasianya? Memastikan bahwa restoran anda ada di mana pun calon pelanggan berada. Jika calon pelanggan ada di GoFood, pastikan restoran anda ada disana juga. Jika mereka tidak ada di GoFood dan ada di GrabFood, restoran anda harus ada di sana juga. Ini mungkin akan  meningkatkan pesanan pengiriman restoran anda dari sebelumnya.

  1. Berada di beberapa aplikasi pengiriman makanan dapat memberikan restoran anda keunggulan yang kompetitif.

Selain memastikan restoran anda ada di mana pun pelanggan berada, pastikan juga restoran anda ada di mana pun pesaing berada. Anda harus berasumsi bahwa pesaing terbesar ada di setiap aplikasi pengiriman di area anda. Itu berarti jika anda tidak terdaftar di setiap platform, pesaing akan mengambil pesanan anda setiap kali pelanggan memesan dan terpaksa memesan dari restoran lain di area dan jenis masakan yang sama

  1. Bandingkan dan evaluasi aplikasi pengiriman mana yang memiliki performa terbaik di  restoran anda

Kita semua mengetahui bahwa pengiriman adalah investasi. Dari komisi hingga biaya promosi dan lainnya, berada di beberapa platform pengiriman membutuhkan banyak biaya. Namun, jika anda melacak performa restoran  anda di setiap platform dengan Hubster, anda dapat memperoleh insight tentang platform mana yang terbaik untuk restoran anda. Misalnya restoran anda mendaftar ke GoFood dan GrabFood dan anda melihat bahwa GoFood tidak menghasilkan banyak pesanan atau penjualan untuk restoran anda karena tidak begitu populer  di area  anda. Pertimbangkan menggunakan data ini untuk membuat keputusan untuk tidak lagi menggunakan GoFood dan sebagai gantinya menggunakan anggaran itu untuk menjalankan promosi di GrabFood.

  1. Tingkatkan kehadiran restoran anda melalui beberapa etalase digital

Bayangkan daftar di aplikasi pengiriman sebagai "papan digital" untuk restoran anda dan setiap daftar berfungsi sebagai iklan dan cara untuk memperkenalkan restoran anda kepada calon pelanggan di internet. Semakin banyak platform yang anda daftarkan, semakin banyak etalase digital yang anda “buka" untuk menarik pelanggan baru.

Cara daftar untuk layanan pengiriman makanan seperti GoFood dan GrabFood

Setelah membahas manfaat mendaftar ke beberapa platform pengiriman, mari membahas tentang langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk mendaftar ke platform pengiriman.

Sebagian besar layanan pengiriman bekerja dengan cara yang hampir sama, mereka menghubungkan pengunjung yang mencari pengiriman dengan restoran. Proses pendaftarannya juga hampir sama. Sebagai contoh, mari kita bahas dua layanan pengiriman populer, GoFood dan GrabFood.

Cara daftar GoFood

GoFood adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh grup Indonesia Gojek. Platform pengiriman makanan yang beroperasi di beberapa negara di Asia. Berikut yang harus dilakukan untuk mendaftarkan restoran anda di GoFood:

  1. Unduh aplikasi GoBiz di Play Store Android untuk mendaftar sebagai Mitra Merchant GoFood.
  2. Isi informasi yang diperlukan untuk bergabung, meliputi kategori pendaftaran, data perusahaan, data pribadi dan lainnya.
  3. GoFood akan memproses permintaan anda dan mengirimkan Perjanjian Kerjasama online. Setelah ditandatangani, GoFood akan mendaftarkan restoran anda maksimal 7-14 hari kerja.

Cara daftar GrabFood

GrabFood adalah salah satu platform pengiriman yang beroperasi dan populer di Indonesia. Berikut yang harus dilakukan untuk mendaftarkan restoran anda di GrabFood:

  1. Unduh aplikasi Grab Merchant di Play Store Android untuk mendaftar sebagai Mitra Merchant GrabFood.
  2. Isi informasi yang diperlukan untuk bergabung, meliputi kategori pendaftaran, data perusahaan, data pribadi dan lainnya.
  3. GrabFood akan memproses permintaan anda dan mengirimkan Perjanjian Kerjasama online.

Saat mulai mendaftar ke layanan pengiriman, anda mungkin akan menemui beberapa kendala.

Menggunakan platform yang berbeda berarti menghabiskan banyak tablet di restoran anda. Dengan adanya pesanan datang, pemberitahuan, perubahan menu, dan data yang tersebar di beberapa platform, semakin sulit untuk mengendalikan operasional pengiriman sekaligus menjalankan restoran pada saat yang bersamaan.

Di sinilah manajemen pengiriman dan platform optimasi berperan. Di Hubster, tujuan kami adalah untuk meningkatkan performa restoran anda dan membuat hidup anda lebih mudah. Restoran bekerja dengan Hubster untuk menghubungkan mitra pengiriman ke dalam satu tablet. Produk kami adalah platform tanpa akhir yang membantu bisnis anda berhasil dalam pengiriman online melalui agregasi, manajemen dan pengoptimalan.

Memiliki semua pesanan, status pesanan, dan data anda di satu tempat memastikan bahwa tim anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu dan lebih banyak waktu melayani pelanggan. Request demo Hubster untuk mengucapkan selamat tinggal pada tablet yang banyak untuk mengurangi kesalahan dalam pemenuhan pesanan dan mendapatkan insight restoran anda!


Cara mendapatkan popularitas pada layanan pengiriman makanan

Setelah anda meningkatkan jangkauan restoran dengan berada di beberapa layanan pengiriman, saatnya untuk mengambil tindakan dan memaksimalkan penjualan. Berikut adalah 3 tips terbaik kami untuk mendapatkan popularitas di aplikasi pengiriman makanan:

  • Kontrol algoritma: Meningkatkan peringkat di platform pengiriman makanan akan membantu restoran anda muncul di beranda aplikasi yang akan menghasilkan lebih banyak uang untuk anda. Sederhananya, peringkat yang lebih tinggi pada platform pengiriman membutuhkan paduan kecepatan, pelayanan, promosi, efisiensi operasional, dan konversi.
  • Foto makanan seperti profesional: saat memesan makanan, kejutan bukanlah yang dicari pelanggan. Itu sebabnya restoran yang mendapatkan pesanan terbanyak adalah yang menampilkan satu foto per item di menu online mereka. Anda tidak perlu menyewa seorang profesional untuk memotret makanan anda, dengan cahaya alami, gunakan latar belakang yang cerah dan unik dan mendapatkan hasil terbaik dari hidangan anda.
  • Optimasi menu: saat mempertimbangkan menu apa yang perlu ditambahkan atau direvisi, ada lima hal penting yang perlu diperhatikan. Tetap ringkas, pengalaman pelanggan, peringkat dalam popularitas, membuat tampilan sebaik rasanya, dan selalu optimalkan.

Selama pasar pengiriman makanan didominasi oleh banyak pemain terbaik, mendaftarkan restoran anda di berbagai platform merupakan cara terbaik. Hadir di berbagai aplikasi memungkinkan anda untuk meningkatkan jangkauan, memaksimalkan penjualan, dan bertemu pelanggan anda di mana pun mereka berada.

Pelajari bagaimana Hubster dapat membantu restoran anda berhasil dalam pengiriman online melalui agregasi, manajemen, dan pengoptimalan.

Isi formulir di bawah ini untuk memulai sekarang!

Artikel Terbaru

Tentang Hubster

Memperkenalkan Reports Dashboard Hubster

Reports baru kami yang diperbarui akan mencakup filter yang lebih mendalam, grafik yang dinamis, dan insight yang kompatibel dengan semua browser web dan seluler.

Cara Daftar TravelokaEats untuk Merchant & Driver

Traveloka Eats adalah layanan pemesanan makanan secara online dari Traveloka. Simak cara daftar TravelokaEats untuk merchant dan driver berikut ini jika Anda juga ingin tergabung!

How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

Kebingungan bagaimana cara menentukan harga jual makanan agar bisa mendapatkan untung? Tak perlu bingung, simak penjelasan lengkapnya di sini!

How to Succeed in Delivery

Tips dan Cara Foto Produk Makanan yang Menarik untuk Bisnis Anda

Memiliki visual produk yang menarik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis F&B. Simak cara foto produk makanan berikut sebagai referensi Anda.

How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Sedang mencari contoh bisnis plan makanan untuk bisnis F&B yang baru saja Anda mulai? Intip contoh lengkapnya di artikel berikut ini!

How to Succeed in Delivery

12 Contoh Iklan Produk Makanan beserta Gambarnya

Kumpulan contoh iklan produk makanan sebagai inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia F&B.

Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

Pelajari cara mendaftar ke beberapa platform pengiriman makanan untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, kehadiran, dan lainnya di restoran anda.

How to Succeed in Delivery

Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat dan Kegunaan

QRIS adalah sebuah metode pembayaran baru untuk dompet digital yang kini marak hadir di sekitar kita. Pahami apa itu QRIS beserta dengan kegunaannya berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan untuk Nambah Cuan!

Sedang mencari usaha sampingan untuk karyawan agar bisa menambah pemasukan? Kumpulan ide usaha sampingan karyawan ini bisa menjadi pilihan Anda!