How to Succeed in Delivery

Rekomendasi Aplikasi Kasir Online untuk Permudah Bisnis F&B

December 10, 2021

Catatan arus kas adalah salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Dengan melakukan pencatatan yang jelas dan teratur, Anda jadi dapat mengetahui arus pemasukan dan pengeluaran untuk menjalani bisnis tersebut.

Hal lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan dan kelancaran bisnis yang dijalani adalah penggunaan teknologi yang memudahkan menjalani usaha tersebut. Salah satu teknologi yang dapat membantu Anda adalah aplikasi kasir online.

Saat ini, di Indonesia terdapat beragam pilihan aplikasi kasir online yang dapat mempermudah menjalani bisnis F&B. Aplikasi tersebut nantinya akan melakukan pencatatan pembelian dari customer, memperbarui stok ketersediaan produk, membuat invoice, hingga membuat laporan keuangan secara otomatis.

Kali ini kami akan menjabarkan beberapa rekomendasi aplikasi kasir online yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda. Mulai dari Moka Pos hingga Hubster, simak selengkapnya di bawah ini.

5 Rekomendasi Aplikasi Kasir Online yang Ada di Indonesia

Di Indonesia ada banyak aplikasi kasir yang bisa dipilih. Ada aplikasi dengan layanan berbayar dan banyak juga yang gratis. Fitur yang ditawarkan juga beragam. Anda dapat memilih salah satunya untuk membantu mempermudah menjalani bisnis yang sedang dijalankan.

1. Moka POS

aplikasi kasir moka point of sale yang sedang bertransaksi dengan pelangan
Source: MokaPOS

Rekomendasi aplikasi kasir yang pertama adalah Moka POS. Aplikasi berbasis cloud yang satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap namun lumayan kompleks. Untuk detailnya adalah sebagai berikut:

  • Moka menggunakan basis cloud sehingga pemilik usaha dapat dengan mudah melakukan perubahan harga, promosi, laporan keuangan, dan lainnya secara real time.
  • Satu akun untuk satu karyawan. Hal ini memungkinkan pemilik usaha untuk memantau kinerja setiap karyawannya. Jika ada kesalahan pun dapat dengan mudah ditelusuri. Meski setiap karyawan punya satu akun, pencatatan akan tetap terintegrasi. 
  • Dapat digunakan untuk usaha yang punya beberapa cabang sekaligus. Cocok untuk mengawasi setiap cabang tanpa harus datang ke tempatnya secara langsung.
  • Tak hanya berguna untuk aplikasi kasir, Moka juga punya fitur manajemen stok atau manajemen gudang. Anda dapat dengan mudah memantau stok produk dan akan ada pemberitahuan jika stok produk menipis.
  • Dengan Moka POS, Anda dapat memberikan beberapa alternatif pembayaran kepada konsumen menggunakan QRIS. Jadi, konsumen dapat membayar menggunakan dompet digital seperti Dana, Gopay, Ovo, LinkAja, dan sebagainya.
  • Jika dihubungkan dengan mesin printer, Moka dapat dipakai untuk mencetak invoice atau nota untuk para pelanggan.

Moka POS termasuk aplikasi kasir berbayar yang memberikan masa percobaan atau trial selama 14 hari. Jika Anda tertarik untuk terus menggunakannya, maka Anda harus membayar biaya berlangganan.

2. Qasir

tablet yang menunjukan interface Qasir
Source: Qasir

Di urutan kedua ada Qasir yang menawarkan layanan lebih fleksibel dibandingkan Moka POS. Qasir menyediakan dua jenis layanan yang gratis dan berbayar. Keduanya tentu memiliki fitur yang berbeda. Berikut ini beberapa fitur dasar yang dimiliki oleh aplikasi Qasir.

  • Sistem kasir
  • Tambahkan outlet dalam jumlah yang tidak terbatas
  • Satu akun untuk masing-masing pegawai atau karyawan, jumlahnya pun tidak terbatas
  • Tidak ada batasan untuk jumlah produk yang bisa ditambahkan
  • Mendukung QRIS dan pembayaran digital menggunakan e-wallet
  • Mendukung pembayaran menggunakan kartu
  • Cetak struk dengan sistem digital

Jika Anda berlangganan layanan tambahan dengan biaya Rp 30.000, ada beberapa fitur lain yang bisa didapatkan. Berikut detailnya:

  • Laporan penjualan yang diperbarui secara real time
  • Akun tambahan khusus untuk order produk dari distributor yang bekerja sama dengan Qasir
  • Tambahkan pajak untuk setiap produk
  • Setiap akun pegawai atau karyawan bisa ditambahkan otorisasi sehingga aksesnya bisa berbeda untuk setiap karyawan
  • Fitur presensi bagi setiap karyawan untuk memantau jam kerjanya

Baca Juga: 10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Pemula

3. Majoo

sistem kasir dari majoo
Source: Majoo

Majoo termasuk salah satu aplikasi kasir online berbasis Android yang sudah punya banyak pengguna. Menurut data di Playstore, aplikasi ini telah diunduhlebih dari 50 ribu kali. 

Feedback dari pengguna terhadap aplikasi Majoo juga sangat baik. Hal ini terbukti dari rating 4.6/5 yang diberikan oleh 2.500an penggunanya. 

Sistem aplikasi Majoo ini sangat mirip seperti Moka POS yang sudah disebutkan sebelumnya. Pengguna akan diberi masa trial selama 30 hari atau satu bulan penuh. Selama itu, kamu dapat menggunakan seluruh fitur dari aplikasi Majoo.

Setelah masa trial berakhir, mau tidak mau Anda harus membayar biaya langganan untuk tetap bisa memakai seluruh fiturnya. Ada dua jenis langganan yang bisa dipilih oleh penggunanya, yaitu paket Starter dan Advance.

Selain kedua pilihan paket tersebut, Majoo juga menyediakan paket lengkap untuk wirausaha di mana paket tersebut dirancang khusus owner dan memiliki fitur laporan keuangan lengkap, manajemen karyawan, manajemen inventory, serta CRM.

4. BukuWarung

aplikasi pembukuan dari BukuWarung
Source: Liputan6

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi kasir yang sepenuhnya gratis, pilihan terbaiknya adalah BukuWarung. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis melalui Playstore.

Fitur utama aplikasi ini adalah catatan dan laporan keuangan usaha, pencatatan dan pengingat utang untuk para pelanggan, pengelolaan inventory, dan yang paling penting adalah kasir online. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencetak struk untuk pelanggan dengan lebih mudah.

5. Hubster

Dasbor Order Manager Hubster

Rekomendasi aplikasi kasir yang terakhir adalah Hubster. Berbeda dengan beberapa aplikasi di atas, Hubster memungkinkan Anda untuk mengintegrasi seluruh pesanan yang masuk dari berbagai sumber aplikasi pesan makanan online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan lain-lain.

Hanya melalui satu tablet dan sistem yang telah dirancang dengan baik, Anda tidak perlu bolak-balik membuka satu tab ke tab lainnya atau bahkan membuka aplikasi pesanan makanan online di mana bisnis Anda terdaftar.

Hubster juga menyediakan masa percobaan gratis selama 30 hari untuk para pelaku bisnis F&B yang tertarik untuk mencoba sistem aplikasi yang disediakan. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar fitur yang ditawarkan serta bagaimana cara kerjanya, Anda dapat mengunjungi laman Order Manager Hubster.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi kasir online yang bisa Anda ketahui. Dari segala fitur yang ditawarkan, kembali lagi ke kebutuhan bisnis Anda serta budget yang bisnis Anda miliki. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Aplikasi Pesan Makanan Online yang Wajib Dicoba

Artikel Terbaru

Tips Bisnis

10 Template Respon Review untuk Pelanggan Restoran Anda (Positif & Negatif!)

Menerima ulasan dari pelanggan secara online ternyata harus direspon, lho! Berikut sepuluh template respon review atau ulasan yang dapat Anda berikan ke pelanggan bisnis Anda.

Tentang Hubster

9 Cara Hubster Membantu Menyukseskan Sistem Pesanan Online Restoran

Penasaran bagaimana cara Hubster membantu mitranya menyukseskan sistem pesanan online yang diterima? Berikut penjelasan lengkapnya.

How to Succeed in Delivery

Menjawab Pertanyaan Seputar Hubster

Menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar apa itu Hubster, produk dan fitur yang ditawarkan, serta keuntungannya untuk bisnis F&B.