15 Rekomendasi Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Deretan makanan ringan serba 1000 berikut bisa Anda jadikan peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Mulai dari makanan tradisional hingga internasional, simak daftar lengkapnya dalam artikel berikut.

Banyak sekali makanan ringan serba 1000 yang bisa Anda jadikan peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan resepnya yang mudah dibuat, tidak perlu modal yang besar, dan target pasar yang cukup luas.

Anda mungkin tidak asing dengan jajanan seperti cilor, telur gulung, aneka gorengan, dan makanan lainnya. Semuanya murah, dan memiliki cita rasa yang familiar di lidah masyarakat.

Penasaran apa saja makanan ringan serba 1000 yang bisa dijadikan peluang usaha? Simak artikel berikut ini.

Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000

1. Sempol Ayam

Sumber: Suara.com

Rekomendasi makanan ringan serba 1000 yang pertama yaitu sempol ayam. Makanan ringan yang sering ditemukan di pinggir jalan ini terbuat dari daging ayam giling, tepung terigu, tapioka, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Anda bisa membuat sempol dengan mudah dan menjualnya dengan harga mulai dari Rp.1000 per tusuknya. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga menyukai makanan ringan yang satu ini.

2. Cilor

Sumber: Islampos.com

Cilor adalah makanan ringan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji. Makanan ringan ini merupakan singkatan dari bahan aci dan telur. Kedua bahan itu dimasak dengan cara aci dibalut dengan telur, kemudian digoreng.

3. Telur Gulung

Sumber: Cookpad.com

Telur gulung adalah makanan ringan serba 1000 yang merupakan variasi dari telur goreng. Cara masaknya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menggoreng telur yang sudah dikocok, kemudian digulung menggunakan sebuah tusukan yang biasanya di buat dari kayu lidi.

4. Martabak Mini

Sumber: Liputan6.com

Makanan ringan ini juga sangat mudah Anda buat dan bisa dijual mulai dari harga Rp.1000 per potongnya. Agar terlihat inovatif, Anda bisa mengkreasikan martabak mini manis dengan topping yang unik seperti matcha, nutella, hingga taro.

5. Cimol

Sumber: Endeus.TV

Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol), yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat. Makanan ringan serba 1000 yang satu ini dibuat dari tepung kanji. Perbedaannya dari cilok adalah cara masaknya. Jika cilok direbus, cimol dimasak dengan cara digoreng.

6. Makaroni Telor

Sumber: Cookpad.com

Maklor merupakan singkatan dari makaroni telur. Seperti namanya, maklor terbuat dari makaroni dan telur. Umumnya, maklor disantap dengan berbagai macam pilihan bumbu yang disukai anak-anak sekolahan.

7. Takoyaki

Sumber: Kompas.com

Takoyaki dikenal sebagai jajanan berbentuk bulat dengan isian daging gurita. Terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak dengan alat pemanggang khusus. Kemudian disajikan dengan saus, mayones dan topping berupa katsuobushi atau serutan daging ikan kayu.

Tidak harus menggunakan isian daging gurita, Anda bisa menjualnya dengan isian yang lebih merakyat seperti sosis, keju, atau bakso ikan agar bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga: 60 Contoh Usaha Makanan Ringan dan Cara Memulainya

8. Es Gabus

Sumber: CaraMembuat.id

Es gabus adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung hunkwe yang di freezer sehingga mempunyai tekstur yang empuk serta rasanya manis. Salah satu es krim tradisional ini jarang ditemukan dan bisa Anda jadikan peluang usaha.

9. Cilok

Sumber: Akurat.co

Cilok bisa dijadikan peluang bisnis kuliner dengan menjualnya dengan harga Rp.1000 per cilok. Resep cilok sendiri tidak begitu sulit dan langkah- langkahnya mudah diikuti. Biasanya cilok disantap dengan bumbu kacang, tetapi Anda juga bisa berkreasi menggunakan topping lain seperti keju.

10.  Cireng

Sumber: iNews.id

Makanan ringan khas Bandung ini merupakan singkatan dari aci yang digoreng. Cara membuatnya juga mudah karena hanya perlu bahan dasar tepung kanji dan bahan pelengkap saja.Cemilan ini disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal.

11. Aneka Kue Tradisional

Sumber: Kompas.com

Biasanya, aneka jajanan kue tradisional biasanya banyak dijajakan mulai pagi hari di beberapa pasar tradisional. Anda bisa menjual macam-macam kue tradisional seperti apang, taripang, dadar gulung, kue lapis, bolu peca, dan lain-lain. 

12. Olahan Keripik

Sumber: Kumparan.com

Olahan keripik juga bisa menjadi ide jualan makanan ringan serba 1000 yang bisa cukup menjanjikan. Ada banyak bahan makanan yang bisa diolah menjadi keripik, seperti tempe, tahu, singkong, sayuran, hingga buah-buahan.

13. Tahu Krispi

Sumber: Viva.co.id

Tahu krispi adalah varian tahu goreng yang di bentuk dadu kecil dan ditaburi tepung krispi. Anda dapat mengkreasikan tahu krispi dengan berbagai bumbu agar rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

14. Dango

Sumber: TasteAtlas.com

Dango adalah kue khas Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil yang terbuat dari tepung beras. Dimasaknya dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Kue manis ini memiliki ciri khas bentuknya yang bulat dan teksturnya yang kenyal.

15. Mochi

Sumber: TasteAtlas.com

Rekomendasi makanan ringan serba 1000 yang terakhir adalah Mochi. Makanan ringan khas Jepang ini adalah kue basah berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan. Selain berisi berisi kacang tanah, saat ini mochi sudah memiliki banyak pilihan rasa seperti coklat, keju, hingga es krim.

Itu dia 15 ide usaha makanan ringan serba 1000 yang bisa Anda jadikan peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa bereksperimen menciptakan varian unik dari makanan yang sudah disebutkan di atas untuk menciptakan rasa yang berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga: Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.