Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

November 9, 2021

UMKM merupakan sebuah istilah yang sering terdengar di telinga kita. Sebagai salah satu roda penggerak ekonomi masyarakat. Usaha UMKM sendiri merupakan usaha yang dijalankan oleh masyarakat bawah. Seperti personal atau perorangan, rumah tangga, badan usaha kecil dan sejenisnya. Untuk penggolonganya sendiri biasanya berdasarkan rasio omset per tahunnya, jumlah aset hingga jumlah pekerjanya. Hal inilah yang menjadikan UMKM banyak menarik perhatian terutama bagi kalangan pemula. Ada banyak contoh usaha UMKM yang mereka jalankan untuk menunjang perekonomian dan sebagai usaha utama untuk mengembangkan kreativitas.

Beberapa Contoh Usaha UMKM Bagi Pemula Yang Menguntungkan

contoh usaha umkm untuk pemula
Source: Unsplash

Di negara kita, UMKM mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan perekonomian dalam negeri. Hal ini dikarenakan bahwa sektor UMKM merupakan penyumbang pendapatan perkapita paling banyak yang memberikan lapangan kerja dan yang paling mengagumkan dapat menahan laju krisis keuangan yang saat ini melanda dunia. Sehingga hal ini menimbulkan keinginan bagi banyak kalangan pemula untuk mencoba menjalankan usaha mereka. Apa saja UMKM yang sering dicoba? Berikut keterangan singkatnya:

Baca Juga: 9 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui oleh Pemula

1. Bisnis Fashion

Contoh usaha yang sampai sekarang banyak digeluti oleh kalangan pemula adalah bisnis fashion dengan cara online. Dalam hal ini adalah pakaian.ruang lingkup bisnis ini sangat luas, mulai dari baju, celana hingga pernak-pernik pakaian. Jika penjualan Anda berjalan dengan pesat maka dapat membuat branding sendiri. Kondisi seperti ini sekarang sangat mungkin karena sudah ada internet sebagai wahana penjualannya. Lewat sistem penjualan online, Anda dapat bebas menjual barang hingga ke mancanegara sekalipun.

2. Perlengkapan Dan Alat Kecantikan Wanita

Usaha selanjutnya yang tidak kalah digandrungi oleh kalangan pemula adalah produk perlengkapan dan alat kecantikan wanita. Anda dapat memulai usaha di sektor ini, karena alat kecantikan wanita memiliki masa depan cerah di Indonesia. Apalagi seperti sekarang, untuk skin care tidak hanya bagi kalangan wanita saja, akan tetapi lelaki juga mulai menggunakannya. Sehingga peluang usahanya menjadi semakin besar. Jadi bagi Anda yang ingin membuka usaha kecil menengah, tidak ada salahnya menengok pada bidang perlengkapan kecantikan ini.

3. Perlengkapan Bayi

Meskipun jenis usaha kecil menengah satu ini terkesan biasa saja namun di balik itu semua ternyata hasilnya cukup besar. Menurut penelitian yang pernah dilakukan ahwa pasar produk perlengkapan bayi ini di tahun 2017 mencapai angka 82 triliun rupiah. Dari peluang ini Anda dapat membuka usaha kecil menengah dengan jalan menjadi reseller produk perlengkapan bayi. Seperti popok, pakaian bayi, botol minum bayi, mainan, sampai perlengkapan untuk mandi bayi.

4. Bisnis Makeup Artist

Apabila Anda kurang begitu tertarik dengan usaha kecil menengah di bidang penjualan produk, bisnis di bidang jasa juga tersedia, Salah satunya makeup artist, jasa ini semakin popular seiring bertambahnya perempuan yang menginginkan tampil lebih cantik dengan makeup professional. Perlu dipahami contoh usaha UMKM ini biasanya jasa ini sering digunakan di saat momen pernikahan, wisuda, dan acara-acara resmi lainnya. Untuk menjangkau konsumen lebih luas Anda bisa online presence.

5. Contoh usaha UMKM Bidang Kuliner

Usaha di sektor kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Di negara kita sendiri, sektor kuliner menyumbang hampir 42 persen bruto ekonomi kreatif. Belum lagi saat ini ada layanan antar makanan, usaha kuliner semakin melebarkan sayap menguasai bidang online. Jasa ini memberikan layanan kepada konsumen dengan cara pesan antar, artinya makanan sudah sampai ke tempat tujuan tanpa harus antri di toko makanan yang dituju. Jika Anda tertarik dengan memulai usaha kecil menengah di sektor kuliner ini. Tidak ada salahnya bekerja sama dengan layanan antar online. Dengan langkah seperti ini pastinya Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan.

6. Bisnis Furniture

Hampir sama dengan bidang kuliner, bisnis furnitur sekarang ini juga mulai mengembangkan sayapnya dengan merambah ke toko online. Bagi para pelaku usaha biasanya mereka akan membuat lapak jual barang secara online. Kemudian di dalamnya dipasang semua jenis barang yang akan dijual.sehingga pelanggan bebas melihat dan memilih.apa yang mereka inginkan. Selain itu Anda juga dapat menambahkan website yang terintegrasi dengan marketplace furniture. Setelah cocok, untuk membuktikan kebenaran barang bisa langsung mengunjungi tempat usaha Anda.

7. Jasa Penjualan Online

jasa penjualan online sebagai contoh usaha umkm
Source: unsplash

Meskipun jenis ini agak berbeda dengan lainnya namun tidak ada salahnya untuk dijadikan rekomendasi usaha. Alasannya, ada banyak pengusaha kecil menengah yang belum menguasai cara menjalankan digital marketing. Nah, untuk itu Anda bisa membuka usaha dengan membuka usaha bidang digital marketing untuk membantu pengusaha lain menjalankan digital marketing mereka.

Uraian di atas merupakan beberapa contoh usaha UMKM yang dapat dijadikan referensi Anda memulai usaha baru. Terpenting dalam menjaga pegiat UMKM adalah siap mental, tidak patah semangat dan selalu mengembangkan kreativitas ekonomi terbarukan.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online



Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Restoran berkelanjutan sedang tren: pelajari bagaimana & mengapa menerapkannya penting untuk keberlanjutan restoran

Memprioritaskan keberlanjutan akan membantu restoran Anda meningkatkan penjualan dan menonjol dari pesaing secara besar-besaran.

Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

UMKM adalah usaha mikro kecil dan menengah. Simak 7 contoh bisnis UMKM di sini dan mulai jadi seorang pengusaha sekarang juga!

Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

Ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil dan tanpa repot? Simak 7 Contoh Usaha Modal Kecil untung besar yang Anda bisa coba

Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Dalam 4 Aspek

Simak perbedaan antara soft dan hard sell di dunia marketing untuk membangun campaign dan strategi marketing usaha Anda!

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

Ingin memulai jualan online tapi belum tau caranya? Simak 7 langkah dan cara memulai bisnis online dari nol yang Anda bisa coba sekarang.

How to Succeed in Delivery

Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

Ingin tahu cara meningkatkan penjualan online usaha Anda? Ayo Simak 8 cara untuk menginkatkan penjualan online dengan mudah sekarang juga.

How to Succeed in Delivery

Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Simak cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Sederhana Untuk Bisnis Kecil. Dari catatan pengeluaran dan pemasukan hingga persiapan buku inventaris.

Local Heroes

Bagaimana Mitra Global Hubster berbagi budaya melalui makanan

Bekerja dengan beragam pemilik restoran telah menunjukkan kepada kita bagaimana makanan dapat menjadi katalis untuk mengekspresikan dan berbagi budaya yang berbeda dengan dunia.