7 Macam Jenis Strategi Marketing Online dan Manfaatnya

Salah Satu Strategi Marketing Online adalah Dapat Menjangkau Pasar yang Luas. Karena Menghubungnkan Satu Orang dengan Orang Lainnya Diseluruh Dunia

Dalam menjalankan usaha bisnis, entah itu secara offline atau bahkan online. Semuanya pasti membutuhkan perencanaan secara matang. Seperti halnya membuat semacam strategi marketing online satu ini, tujuannya adalah untuk dapat memaksimalkan usaha bisnis yang dijalankan saat ini.

Manfaat dari Strategi Marketing Online 

manfaat strategi marketing online
Sumber: IMS Proschool

Pada umumnya, strategi marketing online atau pemasaran secara online ini memang sudah marak sekali digunakan. Mengingat di era modern seperti sekarang ini, strategi dalam menjalankan usaha sangat memberikan pengaruh besar terhadap keberlangsungan serta lancarnya usaha bisnis.

Penggunaan dari strategi marketing online ini memiliki beberapa manfaat penting yang patut Anda ketahui. Salah satunya seperti dapat menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Mengingat pemasaran secara online ini dapat menghubungkan antara satu orang dengan yang lainnya di seluruh dunia.

Selain itu, manfaat dari strategi marketing online ini juga mampu menghemat biaya dan juga waktu, memudahkan dalam pemilihan target pasar saat ini, sangat mudah dipantau, bisnis menjadi jauh lebih mudah dijalankan dan lebih sederhana. Itu karena strateginya dijalankan secara online.

Baca Juga: 7 Ide dan Tips Memulai Bisnis Makanan untuk Pemula

Berbagai Macam Jenis Strategi Marketing Online 

Setelah mengetahui beberapa macam manfaat yang didapatkan dari strategi marketing online, kini saatnya Anda harus tahu juga terkait apa saja macam jenis strateginya. Mungkin strategi ini bisa menjadi bahan referensi dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. Baik offline atau bahkan online.

1. Melalui Strategi WhatsApp Marketing 

whatsapp marketing adalah salah satu jenis marketing online
Sumber: Search Engnine Journal

Salah satu bentuk dari strategi marketing online yang saat ini sudah cukup marak digunakan, yaitu whatsapp marketing. Mengingat whatsapp sendiri telah menjadi platform chat paling populer. Apalagi di dalamnya terdapat berbagai macam fitur yang terbilang simpel, mudah dan juga cepat dipakai.

Tidak hanya dijadikan sebagai aplikasi chatting saja, akan tetapi whatsapp ini juga sudah banyak sekali dijadikan untuk penerapan strategi marketing online bagi pelaku usaha bisnis online (olshop). Salah satu aplikasi yang banyak dipakai adalah whatsapp blast, aplikasi yang khusus untuk pebisnis.

2. Strategi Email Marketing 

email marketing adalah salah satu jenis strategi marketing online
Sumber: Pipedrive

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah email bukan? Biasanya email banyak digunakan untuk bertukar pesan dengan orang lain yang jauh. Namun, sekarang ini fungsinya tidak hanya sebagai platform chatting saja. Melainkan juga bisa menjadi penerapan dari strategi marketing online.

Email marketing ini sangatlah cocok untuk pelaku usaha bisnis yang telah mengumpulkan database customernya. Keuntungan dari penggunaan email ini adalah bagi customer yang telah engage dengan usaha bisnis. Maka tidak menutup kemungkinan bagi mereka akan tertarik dengan produk.

3. Strategi Afifiliate Marketing 

Affiliate Marekting adalah salah satu strategi marketing online
Sumber: Search Engine Journal

Menerapkan strategi marketing online affiliate ini biasanya berkaitan dengan pelaku usaha bisnis yang telah melakukan kerja sama dengan pebisnis lainnya. Dengan tujuan untuk dapat memasarkan produk, caranya yaitu dengan membagi keuntungan yang didapatkan. Misal bekerja sama dengan Youtuber.

Namun, sebelum itu Anda harus membuat URL terlebih dahulu yang unik. supaya nantinya bisa disisipkan ke artikel maupun deskripsi box youtube. Tentu saja dalam hal ini, pihak youtuber yang sudah sepakat menjalankan kerja sama, harus memperkenalkan produk atau bahkan bisnis pribadi.

4. SMM atau Social Media Marketing 

Social Media Marketing adalah Jenis Strategi Marketing Online
Sumber: 101Red

Kemudian, ada jenis strategi marketing online lain bernama SMM atau merupakan singkatan dari Social Media Marketing. Jenis strategi satu ini memiliki keterkaitan erat dengan jejaring sosial media yang saat ini telah banyak menjadi bentuk pemasaran online paling efektif. Anda pun juga bisa.

Anda bisa memanfaatkan strategi marketing online SMM ini jika ingin usaha bisnis semakin maju dan banyak dikenal masyarakat luas. Bentuk dari pemasaran online SMM ini meliputi Instagram, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi lainnya. Pilih saja sosial media untuk strategi marketing online.

5. Strategi Pay Per Click atau PPC 

Pay per Click salah satu strategi marketing online
Sumber: Lunio

Selain itu, ada jenis strategi marketing online dengan sebutan PPC atau pay per click. Sesuai dengan namanya, bentuk strategi ini akan mengenai pihak customer atau visitor yang mengunjungi suatu iklan yang telah dibuat. Maksudnya, jika ada pengguna yang mengklik iklan, maka ada dikenakan biaya.

Strategi marketing online PPC ini terkadang terdengar menyerupai dengan strategi SEM. Namun, ada beberapa jenis platform yang menampilkan iklan dari pay per click ini kepada audience – nya. Jenis platform yang paling banyak digunakan antara lain Google AdWords, Facebook dan Instagram Ads.

6. Strategi SEM atau Search Engine Marketing 

Search Engine Marketing adalah salah satu strategi marketing online
Sumber: Oviond

Tidak hanya itu saja, masih ada deretan jenis dari strategi marketing online yang bisa Anda terapkan. Seperti SEM atau singkatan dari search engine marketing ini. Untuk jenis strategi pemasaran ini, memiliki keterkaitan erat dengan mesin pencari. Tujuannya adalah untuk mendapat banyak klien.

Tentu saja berbeda dengan SEO, karena SEM ini akan memungkinkan Anda dalam mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Akan tetapi, di samping itu semua pelaku bisnis harus mengeluarkan biaya untuk bisa menerapkan strategi marketing online ini. Agar semua berjalan lancar.

7. SEO atau Search Engine Optimization 

SEO adalah salah satu strategi marketing online
Sumber: Unsplash

Strategi terakhir yang mungkin dapat menarik perhatian Anda untuk diterapkan adalah SEO. Istilah strategi tersebut merupakan singkatan dari search engine optimization. Biasanya banyak sekali perusahaan ternama yang menggunakan strategi ini.

Itu karena dengan menggunakan strategi marketing online SEO atau search engine optimization ini, suatu perusahaan akan mendapatkan posisi teratas dengan keyword terbaik dalam mesin pencarian. Anda pun juga bisa mengandalkan strategi ini agar usaha bisnis semakin dikenal banyak orang.

Itulah beberapa macam penjelasan yang cukup menarik dan patut untuk diperhatikan, mengenai informasi terkait strategi marketing online yang marak digunakan sebagian besar perusahaan ternama. Anda pun juga bisa menggunakan strategi tersebut untuk bisa lebih maju.

Baca Juga: Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial