Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai istilah dalam jual beli online wajib pebisnis ketahui, agar semakin mudah menjalankan bisnis dengan memanfaatkan berbagai aplikasi atau website.

Bagi Anda yang baru memulai berjualan secara online, jangan sampai tidak tau istilah dalam jual beli online. Terdapat beberapa istilah yang memang tidak Anda temukan, ketika berjualan secara langsung, dan tentunya informasi ini akan bermanfaat bagi penjual untuk mengetahuinya.

Dunia teknologi yang semakin berkembang, membuat banyak perubahan terjadi di sekitar kita, salah satunya adalah metode dalam berjualan. Jika dulu kita sudah biasa berjualan dengan langsung menemui pembeli, kini Anda bisa bertemu berbagai pembeli tanpa bertemu langsung.

Berjualan secara online memang mempermudah penjual, karena bisa bertemu dengan berbagai konsumen dari berbagai kota bahkan negara. Oleh karena itu biasanya aplikasi berjualan menggunakan bahasa Inggris, dan terdapat istilah dalam jual beli online yang sering digunakan.

Salah satu produk dapat Anda jual secara online adalah makanan, dimana Anda bisa menjual produk tersebut pada aplikasi pemesanan makanan atau e-commerce. Untuk mengetahui apa saja istilah-istilah sering digunakan, simak informasi berikut ini.

Berbagai Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib Diketahui

istilah jual beli online wajib diketahui
Sumber : Unsplash

Berjualan makanan menjadi salah satu opsi dipilih oleh banyak penjual, karena peminat akan kuliner sangat tinggi. Begitu juga saat menjualnya secara online, konsumen dan penjual akan lebih mudah menemukan satu sama lain, sehingga terjadinya transaksi lebih cepat.

1. Merchant

Sumber : Unsplash

Istilah satu ini digunakan sebagai sebutan pada pedagang atau penjual, jika Anda menjual produk secara online, maka toko Anda disebut sebagai merchant.

2. Dropship dan Reseller

Sumber : GustaShoes

Istilah dalam jual beli online selanjutnya adalah Dropship, memiliki pengertian sebagai pihak ketiga yang menjadi perantara untuk menjual produk dari penjual. Sedangkan reseller adalah pihak yang menjual kembali produk dari produsen, sehingga Anda harus memiliki stok barang.

3. Nomor Resi

istilah jualan online, nomor resi
Sumber : Anteraja

Istilah ini digunakan untuk nomor pelacakan resi pada jasa ekspedisi, saat mengirim barang dengan jasa ekspedisi, nantinya pihak penjual dan pembeli akan mendapat nomor resi yang sama.

4. PO

istilah dalam jual beli online pre order
Sumber : PendleSlotRacing

PO merupakan singkatan dari Pre Order, dimana biasanya penjual membuka layanan ini saat produk tidak bisa langsung dikirim kepada pembeli. Biasanya ketika menjual makanan yang harus diproses terlebih dahulu, penjual juga menggunakan istilah tersebut.

5. COD

istilah dalam jual beli online COD
Sumber : NDECargo

Istilah dalam jual beli online lainnya adalah COD atau Cash on Delivery, istilah ini sudah tidak asing lagi. Biasanya penjual menyediakan metode pembayaran ini, dimana konsumen dapat membayar secara cash yang akan diberikan oleh kurir pengantar makanan.

6. Hit and Run

hit and run istilah dalam jual beli online
Sumber : VOI

Istilah ini biasanya digunakan saat konsumen membeli produk namun belum membayarnya, jika mereka tidak kunjung membayar makan transaksi secara otomatis akan dibatalkan, itulah yang disebut sebagai konsumen hit and run.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik Bagi Pemula

Tips Menjalani Usaha Makanan Online bagi Pemula

Sumber : Finplus

Sebagai pebisnis pemula, tentu saja Anda perlu mengetahui tips apa saja yang akan berguna saat menjalani bisnis nantinya. Terlebih lagi bisnis online bisa dikatakan tidak begitu mudah untuk dijalani, karena tidak bertemu dengan konsumen secara langsung begitu juga sebaliknya.

1. Rutin Mengeluarkan Menu Baru

Setelah mengenal istilah dalam jual beli online, maka penjual juga perlu mengetahui tips dalam menjalani bisnis kuliner, yang pertama adalah rutin mengeluarkan menu baru. Tips ini berlaku apabila Anda sudah menemukan menu, yang memang disukai oleh banyak konsumen.

Jika menu tersebut sudah cocok di selera para konsumen, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengeluarkan menu baru agar konsumen tidak bosan, dan penasaran untuk mencobanya.

2. Menarik Pelanggan dengan Promo

Promosi memang paling ampuh menarik perhatian pelanggan, biasanya promosi seperti buy 1 get 1 memang menarik minat pengunjung. Penjual juga bisa memberikan potongan harga pada menu tertentu, dan membuat pengunjung tertarik mencobanya.

3. Foto Produk dengan Menarik

Tidak hanya penting untuk mengetahui istilah dalam jual beli online, namun penjual juga perlu memperhatikan visual yang akan ditayangkan kepada calon konsumen. Sebelum mereka memesan makanan, tentu saja konsumen akan melihat menu terlebih dahulu.

Karena tidak mengetahui bentuk fisiknya seperti apa, mereka akan berharap bahwa tampilan di menu sama dengan aslinya. Inilah yang membuat penjual perlu memperhatikan foto pada setiap hidangan akan disajikan, karena foto menarik bisa menggugah selera calon konsumen.

4. Manfaatkan Sosial Media dan Aplikasi Penjualan

Saat ini sosial media dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah berjualan. Anda bisa membuat akun sosial media dikhususkan untuk berjualan, selain itu manfaatkan juga aplikasi penjualan dengan mendaftarkan bisnis usaha Anda disana.

Memulai Bisnis Makanan Bisa Dimulai Kapan Saja

mulai bisnis makanan kapan saja
Sumber : Oberlo

Banyak orang menganggap bahwa membuka bisnis kuliner, harus dimulai dengan menyiapkan modal besar, karena banyak sekali peralatan juga perlengkapan harus dibeli. Namun saat ini banyak sekali usaha kuliner, dan bisa Anda mulai dengan modal kecil.

Namun kami sarankan agar Anda memahami terlebih dahulu istilah dalam jual beli online, juga berbagai strategi yang harus diaplikasikan nantinya saat menjalani usaha.

Memang banyak sekali ilmu harus Anda pelajari, dan akan lebih baik jika mempelajarinya melalui orang yang sudah memulai bisnis terlebih dahulu. Jangan memulai bisnis secara terburu-buru, karena akan membuat Anda belum siap dengan berbagai konsekuensinya.

Mempelajari istilah dalam jual beli online, bisa menjadi langkah awal dalam menjalani bisnis. Jangan takut untuk memulai usaha, lakukan tahap demi tahap agar segala proses Anda lalui bisa berjalan dengan baik dan sesuai target.

Selain itu jangan mudah tergiur dengan pencapaian orang lain, yang mudah sekali mendapat keuntungan di awal memulai bisnis, karena tidak semua pebisnis bisa mengalaminya.

Sebagai pebisnis memang Anda perlu menyiapkan banyak hal, tidak hanya dari segi modal namun juga mental dan fisik. Konsisten dalam mempelajari hal baru seperti istilah dalam jual beli online, menjadi kunci untuk menjadi pebisnis sukses.

Baca Juga : 9 Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Start your 30-day free trial