Seberapa Penting Memiliki SOP Restoran Pada Bisnis F&B?

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah salah satu hal penting bagi bisnis. Untuk SOP Restoran, seperti apa konsepnya? Pahami di artikel ini.

Setiap bisnis atau usaha mulai dari yang kecil hingga paling besar, karyawan sedikit maupun banyak, pasti membutuhkan panduan pelaksanaan tugas. Terlebih pada setiap unit atau tingkatan kerja tugasnya berbeda-beda.

Adanya panduan yang ditetapkan tersebut biasa dikenal dengan istilah Standar Operasional Prosedur (SOP). Setiap SOP yang berlaku dalam sebuah bisnis pastinya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. Sebagai conto berkaitan dengan pelayanan t, pembuatan makanan hingga penyajiannya. lui SOP ini, karyawan Anda tidak bingung tentang bagaimana memberi pelayanan yang baik kepada para tamu.

Jenis-jenis SOP Restoran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap bisnis pasti memiliki SOP yang berbeda-beda. Untuk SOP restoran pun, berbeda-beda lagi sesuai dengan kebutuhannya. Namun secara general, berikut beberapa jenis SOP yang terdapat untuk operasional restoran:

1. Standar Penyajian

Sebagai bisnis yang langsung berinteraksi dengan konsumen maka yang pertama harus dipatuhi adalah ketentuan perundang-undangan dari Kementrian Kesehatan. Untuk itu buatlah SOP yang jelas terkait ketentuan penyajian yang dimulai dari bahan yang digunakan sebagai bahan baku, cara memasak, cara saji, tempat penyimpanan hingga masalah sanitasi. Pastikan semua sudah terverifikasi dan terpantau dengan baik

2. SOP Tentang Persiapan Memasak

Standar yang ada pada persiapan memasak ini mencakup pemanasan, tempat pendingin, kebersihan, label dan segala sesuatu yang mencegah adanya bakteri hinggap pada makanan. Ketentuan ini bisa Anda peroleh pada ketentuan Kementrian Kesehatan. Contohnya untuk standar sanitasi Kementrian Kesehatan memiliki ketentuan bahwa kebutuhan tempat mencuci harus dilengkapi air panas bersuhu 500C dan air dingin 15 psi. Dari sini SOP restoran dibuat dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

3. SOP Pelayanan

Pada SOP pelayanan ini terdapat dua elemen yaitu staff front house yang bertanggung jawab mengurus kebutuhan pelanggan mulai tempat duduk, pesanan, mengisi air minum mengantar makanan hingga memastikan layanan yang diberikan sudah memuaskan. Selain itu juga ada staff back house yang bertanggung jawab dalam mengolah dan menyimpan kebutuhan dapur, menyiapkan bahan, menyiapkan pesanan, dan menjaga kebersihan dapur hingga restoran tutup.

Manfaat SOP Pada Restoran

Dengan adanya SOP restoran, bisnis F&B Anda akan memiliki pedoman yang lebih jelas untuk membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis. Tentunya, sebuah SOP yang baik harus berisi tentang proses kerja, siapa bertanggung jawab tentang apa dan dokumen yang digunakan. Selain itu juga harus ada kriteria mutu baku yang terdiri dari kualitas, kuantitas, biaya atau harga dan kecepatan pelayanan yang harus terpenuhi.

Adapun beberapa manfaat lain dari menyediakan SOP restoran adalah sebagai berikut:

1. Standarisasi Pelayanan

Secara administratif pembakuan standarisasi pelayanan dan kerja berguna mencegah variasi pengambilan langkah antara pelaksana dan pengawasan. Hal ini menyebabkan adanya kesamaan terkait pengerjaan tindakan meski dilakukan oleh orang lain dan di tempat yang berbeda. SOP ini sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki usaha restoran dengan cabang dimana-mana. Apabila kapasitas karyawan cukup tinggi dan menggunakan jasa part time, maka standar operasional ini wajib dan mutlak keberadaannya, supaya tidak terjadi perbedaan eksekusi pekerjaan.

2. Pedoman Pelaksanaan Dan Pengawasan

Manfaat standar operasional berikutnya adalah sebagai pedoman pelaksanaan dan pengawasan. Artinya menjadi alat komunikasi antara pengawas dan tim pelaksana di lapangan, sehingga memperjelas wilayah pekerjaan masing-masing dari mereka. Para pegawai atau karyawan akan lebih merasa percaya diri saat bekerja dan sadar tentang apa yang harus dicapai pada setiap pekerjaan. Jadi tidak terjadi pelimpahan tanggung jawab secara sepihak. Sebagai pelaku bisnis restoran, Anda harus hati-hati karena masalah seperti ini seringkali muncul di Indonesia terutama pada tingkat operasional.

3. Alat Ukur Kinerja Karyawan

Hal ini dilakukan dengan cara membandingkan standar operasional dengan hasil dari apa yang sudah mereka lakukan. Apakah sudah sesuai dengan SOP tersebut atau malah jauh dari kehendak.  Perlu diingat ketika karyawan sudah melaksanakan tugas sesuai kriteria, akan lebih baik jika Anda memberikan bonus kerja. Bonus ini sebagai apresiasi terhadap kinerja dan motivasi ke depannya.

Itulah penjelasan seputar apa itu SOP, jenis-jenis SOP restoran, serta manfaat dari memiliki SOP restoran. Sudahkah bisnis F&B Anda memiliki SOP yang jelas seperti yang dijabarkan di atas? Apabila belum, ada baiknya Anda segera membuat SOP yang dibutuhkan, akan operasional bisnis F&B Anda menjadi terarah dan memiliki tolak ukur yang lebih jelas. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial