Opportunity Cost: Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Rumusnya

Opportunity cost memiliki tujuan yang jelas. Dengan adanya opportunity cost, Anda bisa melihat apakah keputusan yang diambil sudah tepat atau tidak

Opportunity cost adalah istilah yang sekarang mulai muncul. Perlu diketahui, istilah ini sendiri merupakan hal vital bagi setiap orang. Itu karena, keberadaannya bisa memegang peran penting dalam kelangsungan sebuah usaha.

Ada baiknya, Anda mempelajari istilah ini terlebih dahulu. Itu karena, jika istilah ini tidak dipelajari maka apa yang dijalankan tidak akan mendapat hasil maksimal. Masalah ini sendiri memang umum dialami oleh mereka yang baru menjalankan usaha tertentu.

Persiapan yang dilakukan kurang optimal sehingga hasil yang didapat tidak sesuai harapan awal. Pada intinya, persiapan ini memegang peran yang sangat vital. Semakin baik persiapan maka kemungkinan sukses juga semakin meningkat.

Opportunity Cost adalah Biaya yang Perlu Ditanggung

opportunity cost adalah
Sumber: Financially Alert

Perlu diketahui, untuk pengertiannya adalah biaya yang muncul karena hilangnya kesempatan tertentu. Beberapa orang menyebut opportunity cost ini sebagai biaya peluang. Itu karena, peluang juga membutuhkan biaya apabila tidak diperhatikan dengan baik.

Perlu diketahui, opportunity cost ini sebenarnya merupakan hal wajar di dunia ekonomi. Itu karena, tidak mungkin seseorang akan mengambil semua peluang yang ada. Normalnya, satu peluang akan diambil dan hal tersebut membuat peluang lain dikorbankan.

Perlu diingat, sumber daya ekonomi sendiri merupakan hal yang terbatas. Oleh karena itu, tidak mungkin seseorang bisa mengambil semua peluang yang ada. Nantinya peluang ini akan disesuaikan dengan sumber daya ekonomi yang dimiliki.

Perlu diingat, biaya disini tidak hanya berbicara tentang uang. Opportunity cost adalah hal yang lebih besar dari itu. Misal anda dihadapkan dengan penjual nasi liwet dan nasi bakar. Tetapi Anda hanya memiliki uang 20 ribu rupiah.

Dengan uang tersebut, Anda hanya akan bisa membeli salah satunya. Misal pada akhirnya Anda memilih untuk membeli nasi liwet. Pada kondisi ini, Anda akan kehilangan nikmatnya nasi bakar. Inilah yang dimaksud dengan opportunity cost.

Tetapi ingat, konsepnya tidak sesederhana itu dalam bisnis. Itu karena, salah pilih bisa membuat kerugian yang didapat menjadi semakin besar. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan hal ini secara matang.

Baca Juga: Strategi Penetapan Harga Saat Menjalankan Usaha Makanan

Contoh Opportunity Cost dalam Bisnis Kuliner

contoh oppotunity cost dalam bisnis kuliner
Sumber: Myinvestmentsideas.com

Opportunity cost adalah hal yang bisa diaplikasikan dalam bisnis kuliner. Tetapi sebelum mengetahui contohnya, akan lebih tepat jika Anda mengetahui dulu mengenai struktur modal. Perlu diketahui, struktur modal ini memiliki perbandingan.

Nantinya perbandingan tersebut perlu dilakukan antara utang jangka panjang dan pendek. Perlu diketahui, struktur modal ini sangat berkaitan dengan keberadaan risiko. Itu karena, di dalamnya terdapat risiko lebih tinggi.

Normalnya, ini juga memberikan ekspektasi. Ekspektasi tersebut berasal dari tingkat pengembalian yang mungkin lebih tinggi. Perbandingan akan risiko dan ekspektasi itulah yang akan berpengaruh terhadap kestabilan perusahaan.

Jika melihat pada kondisi tersebut, opportunity cost adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Misal Anda ingin membuka sebuah restoran dengan modal 200 juta rupiah. Nantinya sangat mungkin Anda perlu melakukan pinjaman untuk mendapatkan modal tersebut.

Perlu diingat, pinjaman ini pasti memiliki bunga. Misal Anda memiliki bunga rendah di angka 0,75 persen. Tetapi pada kondisi ini, sangat mungkin ada peluang lain yang tersedia dengan menggunakan uang 200 juta rupiah.

Sebagai contoh, sangat mungkin Anda berinvestasi di satu tempat yang potensi keuntungannya tidak kalah besar. Disinilah opportunity cost perlu dipertimbangkan. Pastikan Anda menjatuhkan pilihan pada opsi yang paling tepat.

Berikut Tujuan Menghitung Opportunity Cost

tujuan menghitung opportunity cost
Sumber: Medium

Opportunity cost adalah hal yang tujuannya sangat jelas. Dengan adanya opportunity cost, Anda bisa melihat apakah keputusan yang diambil sudah tepat atau tidak. Sangat mungkin Anda melakukan keputusan yang salah sehingga hasil yang didapat tidak sesuai keinginan.

Perlu diingat, opportunity cost ini bukan hal yang ditentukan dengan perkiraan. Nantinya ada perhitungan matematis yang bahkan bisa dilakukan. Perhitungan ini tentu berguna untuk tujuan yang sebelumnya dijelaskan.

Dengan adanya perhitungan tersebut, Anda bisa melihat apakah peluang yang dipilih sesuai dengan tujuan awal atau tidak. Sebenarnya beberapa orang melakukan kesalahan dengan tidak paham akan tujuan opportunity cost.

Jika tujuan ini tidak dipahami, efeknya sangat buruk. Nantinya besar kemungkinan ada orang lain yang mempengaruhi Anda untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Hal tersebut tentu akan memberikan efek yang sangat buruk.

Agar kondisi tersebut bisa dihindari, penting untuk memahami tujuan ini dari awal. Memang opportunity cost adalah hal yang sangat berkaitan dengan dunia bisnis. Hal tersebut membuat tujuan adanya opportunity cost pasti sama dengan tujuan Anda membuka usaha.

Rumus Opportunity Cost yang Paling Mudah

Sumber: Wall Street Mojo

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, opportunity cost adalah hal yang memiliki perhitungan matematis. Oleh karena itu, Anda perlu paham kalau opportunity cost ini memiliki rumus. Perhitungannya sendiri bisa dikatakan cukup mudah.

Untuk menghitung opportunity cost, Anda hanya perlu menemukan nilai peluang yang tidak dipilih lalu menguranginya dengan nilai peluang yang dipilih. Misal opportunity cost ini disingkat dengan sebutan OC.

Untuk nilai peluang yang tidak dipilih, coba singkat dengan FO. Terakhir untuk nilai peluang yang dipilih, singkat saja dengan CO. Jika singkatan-singkatan tersebut disatukan, maka didapat rumus OC = FO – CO.

Perlu diketahui, selain opportunity cost terdapat istilah lain bernama sunk cost. Beberapa orang memang sering tertukar ketika membahas keduanya. Perlu diingat, kedua hal tersebut tidak berkaitan antara satu dengan yang lain.

Itu karena, sunk cost sendiri merupakan biaya tertanam. Ini membahas tentang biaya-biaya yang sudah dikeluarkan di masa lalu. Beberapa orang juga menyebut sunk cost sebagai biaya yang dikeluarkan namun tidak mempengaruhi keputusan akhir.

Setelah memahami tentang opportunity cost, Anda sudah selangkah lebih dekat menjadi ahli bisnis. Itu karena, opportunity cost adalah hal yang tidak akan dipahami oleh orang sembarangan.

Baca Juga: Mengenal Return on Investment (ROI) dalam Bisnis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.