Tips dan Contoh Daftar Menu Café Unik Agar Makin Ciamik

Contoh daftar menu cafe unik adalah hal yang dibutuhkan, contoh yang ada bisa dimanfaatkan sebagai referensi serta Anda terapkan pada usaha sendiri.

Contoh daftar menu cafe unik adalah hal yang diperlukan bagi pengusaha di bidang ini. Contoh-contoh yang ada bisa dimanfaatkan sebagai referensi serta Anda terapkan pada usaha sendiri.

Hal tersebut penting karena pengunjung atau konsumen bisa memutuskan makanan dan minuman untuk dipilih hanya melalui visual dan informasi dari menu saja.

Ketika Anda mampu menonjolkan setiap hidangan seperti di dalam contoh daftar menu cafe unik, perolehan hasilnya akan lebih bagus. Sebaliknya, jika gagal menunjukkan pesona hidangan di dalam menu maka hasilnya juga tidak akan sesuai harapan.

Masalah daftar menu saja bisa berakibat pada penjualan hingga profit atau keuntungan. Oleh karena itu, ketika hendak mendesain menu maka harus bisa memastikan aspek menjual atau menarik telah dimasukkan.

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Desain Menu Cafe

hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain menu cafe
Sumber: Unsplash

Selain hanya mengandalkan contoh daftar menu cafe unik, Anda juga harus mengetahui aspek atau tips untuk diperhatikan ketika membuatnya. Berikut beberapa hal yang Anda perhatikan dalam membuat desain daftar hidangan cafe.

1. Mengatur Letak Menu

Ketika mengatur posisi daftar makanan dan minuman, harus selalu memperhatikan penataannya. Pembaca atau konsumen harus bisa melihat menu dengan nyaman. 

Jangan sampai posisi masing-masing jenis berantakan atau terlalu banyak mendapatkan informasi kurang perlu. Jika letak daftar makanan atau minuman tertata rapi, maka memudahkan konsumen mencari pesanan mereka.

2. Letakkan Daftar Minuman Pada Bagian Depan

Banyak cafe atau restoran meletakkan daftar minuman pada bagian paling belakang. Padahal penyumbang keuntungan terbanyak sesungguhnya berasal dari minuman ini. 

Setelah memesan minum, pelanggan baru beralih ke makanan. Bahkan dengan budaya hangout atau nongkrong di café, kebanyakan orang lebih memilih untuk minum saja.

Potretlah dengan maksimal minuman yang menjadi daya tarik cafe, lalu masukkan ke dalam bagian depan. Pengambilan foto atau desainnya bisa Anda lihat pada contoh daftar menu cafe unik yang tersebar di internet, atau dari cafe referensi.

3. Menggunakan Ilustrasi Atau Foto

Memasukkan foto hidangan sebagai penghias atau latar belakang daftar cukup sering dilakukan oleh café. Namun tidak bisa asal memasukkan foto saja, karena bisa jadi malah mengganggu dan tidak menarik bagi konsumen.

Masukkanlah foto yang diambil oleh profesional dan biasa memotret produk. Mereka bisa menonjolkan kelebihan produk Anda. 

Jika tidak ada biaya menyewa fotografer, biarkan saja desain polos atau menggunakan ilustrasi yang cocok.

4. Menyeimbangkan Antara Tulisan dan Foto

Menggunakan foto dan ilustrasi menarik memang membuat penonton tertarik, tapi jangan sampai hanya mengandalkan kedua hal itu. Pada contoh daftar menu cafe unik yang dijadikan referensi, selalu ada keterangan.

Keterangan singkat mengenai hidangan dapat mempermudah pelanggan dalam memahami hingga memutuskan memesan atau tidak.

5. Menuliskan Deskripsi yang Menarik

Seperti yang telah disinggung di atas, porsi tulisan atau deskripsi harus diperhatikan. Memasukkan kata-kata yang efektif untuk menjelaskan makanan dan minuman di dalamnya dapat membuat konsumen berimajinasi, dan memutuskan membeli atau tidak.

Saat membuatnya, bayangkan posisi Anda sebagai konsumen. Lalu tulis kalimat penjelas yang ingin Anda temukan ketika membaca menu.

Baca Juga: Strategi Penetapan Harga saat Menjalankan Usaha Makanan

6. Menyederhanakan Harga

Ketika melihat tulisan mata uang yang lengkap hingga ke angka terakhirnya, konsumen tidak akan terlalu suka atau malah fokus pada harga bukan pada daftar menu.

Untuk mensiasatinya, hilangkanlah tulisan mata uang dan sederhanakan menjadi beberapa angka saja. Jika diperhatikan pada contoh daftar menu cafe unik label harga sangat sederhana dan tidak mengganggu pandangan.

7. Mengategorikan Daftar

Berkaitan dengan letak menu pada pembahasan pertama, membuat kategori produk café akan lebih bagus jika ada kategori di dalamnya. Kategori bisa berdasarkan jenis makanan atau minuman, hidangan pembuka, utama, maupun penutup.

Untuk kategori sebenarnya fleksibel, sesuaikan saja dengan produk dan mempertimbangkan kemudahan konsumen membacanya. Memasukkan label pada produk terlaris, baru, pedas, serta peringatan akan bahan penyebab alergi juga bisa dipertimbangkan.

8. Memasukkan Paket 

Pada contoh daftar menu cafe unik pilihan paket bisa menarik pelanggan, karena biasanya harga lebih murah dengan menu cukup beragam dan banyak. Jika memilikinya, maka buatlah paket tersebut menonjol.

Caranya dengan memperbesar ukuran harga dan warna berbeda. Secara alami, konsumen akan langsung memperhatikannya.

9. Gunakan Font Tertentu

Memanfaatkan font atau huruf di dalam daftar hidangan termasuk ke dalam hal yang harus diperhatikan pemilik usaha. Jika font tidak sesuai dengan konsep café atau target konsumen, hasilnya tidak akan bagus.

Anda bisa melihat rekomendasi font di akun-akun desain atau cara termudahnya dengan meniru contoh daftar menu cafe unik yang mirip dengan usaha.

10. Cetak Dengan Hasil yang Profesional

Setelah semua tips di atas diikuti, hal penting untuk diperhatikan terakhir kali adalah hasil atau output desain. Pastikan kualitas kertas yang akan dipakai bagus dan tahan lama

Memilih percetakan dengan kualitas terbaik juga akan membuat visual daftar hidangan lebih jelas dan makin menarik.

Contoh Desain Menu Café yang Unik dan Menarik

contoh desain menu cafe unik
Sumber: Unsplash

Untuk mendapatkan contoh desain unik dan menarik, Anda bisa menggunakan banyak referensi di internet. Melalui media sosial atau aplikasi pinterest, karena dalam keduanya banyak sekali inspirasi-inspirasi yang bisa Anda kelola dan ubah menjadi desain sendiri.

Di dalam mencari contoh desain menarik, ingat sepuluh poin di atas yang dapat menjadi panduan. Mulai dari tata letak, font, foto, hingga penulisan harga.

Jika ingin membuat desain dengan mengubah contoh untuk daftar menu cafe unik sesuai usaha, cara tercepat adalah menggunakan aplikasi atau situs Canva. Ada banyak contoh dan tinggal diubah sesuai kebutuhan.

Semua tips hingga tempat referensi di atas bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga tidak hanya melihat contoh daftar menu cafe unik, tapi bisa dieksekusi langsung.

Baca Juga: 6 Tips Memiliki Restoran yang Ramai Pembeli

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial