5 Tips Mudah Jadi Reseller Makanan Ringan

Reseller makanan ringan kini menjadi bisnis yang menjanjikan, karena kebutuhan makanan merupakan hal pokok dalam kehidupan masyrakat.

Perkembangan makanan ringan saat ini sangat dipengaruhi oleh tren dan media massa. Banyak sekali berkembang berbagai bisnis F&B  di Indonesia. Apalagi banyak selebgram yang menggunakan bisnis ini untuk mengembangkan pendapatan mereka.

Apalagi menjadi reseller makanan ringan. Makanan saat ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena banyak orang yang ingin membeli jajanan.  Bisnis reseller makanan bisa sangat menjanjikan karena kebutuhan makanan merupakan hal pokok dalam kehidupan bermasyarakat.

Apa Itu Reseller?

mengenal apa itu reseller
Sumber: SIPtrungking

Istilah reseller saat ini memang sangatlah umum untuk telinga masyarakat. Namun secara istilah reseller adalah seorang pedagang yang melakukan pekerjaan secara individu.  Untuk lebih gamblang lagi reseller itu berasal dari kata re dan sell yang dalam bahasa Indonesia berarti menjual kembali.

Menjadi reseller makanan ringan berarti anda akan menjual suatu produk dari tangan supplier.  Sama halnya dengan bisnis makanan ringan F&B. Anda akan bekerja sama dengan pemilik dengan modal tertentu serta pembagian keuntungan yang sesuai dengan ketentuan.

Semakin ketatnya persaingan bisnis, salah satu cara paling mudah untuk membuka bisnis adalah dengan ikut reseller makanan ringan. Hal ini karena target pasarnya yang begitu luas. Apalagi mengikuti reseller F&B. Anda tidak perlu susah dalam membentuk ulang sebuah bisnis. Anda tinggal menjual lagi produk yang memang sudah memiliki nama.

Baca Juga: 60 Contoh Usaha Makanan Ringan dan Cara Memulainya

Keuntungan Reseller Makanan Ringan

keuntungan reseller makanan ringan
Sumber: Europesnacks

Meskipun begitu menjadi reseller tetaplah memiliki sifat untung dan rugi. Dua hal tersebut memiliki kaitan erat dengan bisnis.  Lebih baik anda mengetahui keuntungan dari menjadi reseller sebelum mengetahui kerugian yang bisa didapatkan ketika menjalankan bisnis reseller makanan ringan.

1. Bisa mendapatkan diskon dari supplier.

Biasanya distributor atau pihak supplier akan memberikan diskon khusus untuk para reseller. Hal ini guna memberikan keuntungan lebih bagi mereka. Harga yang ditawarkan pun biasanya lebih murah dibanding dengan konsumen lain yang membeli secara eceran.

2. Mampu menentukan harga jual sendiri.

Saat anda mendapatkan harga yang lebih murah. Produk tersebut bisa anda jual dengan perhitungan sendiri. Jangan memberikan harga jauh lebih mahal dan jangan terlalu rendah. Untuk itu anda harus menghitungnya dengan teliti dan memberikan keuntungan.

3. Bisa melakukan stok barang secara mudah

Adanya stok barang yang anda pegang ini akan menjadi nilai tambah. Hal ini bertujuan agar pembeli tidak menunggu terlalu lama. Anda tinggal memproses barang dengan cepat dan mudah. Stok barang juga akan mempermudah anda dalam melakukan promosi.

Namun, saat ini melakukan bisnis reseller sangatlah mudah. Ada beberapa supplier yang menyediakan jasa jual saja.  Anda hanya menjual produk mereka melalui konten dan promosi. Untuk proses packing ataupun stol sudah dilakukan bagian supplier. Jadi lebih mudah bukan, apalagi menjadi reseller makanan ringan akan lebih menguntungkan lagi.

4. Kualitas produk sudah terjamin

Sebagai reseller anda tidak harus membentuk kualitas produk. Hal ini sudah bisa anda lihat dari track record penjualan di distributornya.

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kualitasnya. Anda bisa memastikan secara langsung. Memang ada baiknya menyelidik produk F&B terlebih dahulu sebelum anda mulai untuk membuka usaha dengan mereka.

Jangan sampai salah memilih produk. Bisa-bisa bisnis reseller anda tidak berjalan secara lancar. Pastikan dengan benar semua informasi mengenai produk yang ingin dijual kembali. Apalagi ini adalah bisnis makanan ringan.

Tips Menjadi Reseller Yang Bisa Diikuti Pemula

tips menjadi reseller untuk pemula
Sumber: Supermarketnews

Inovasi berbagai makanan ringan telah berkembang begitu pesat. Hal ini guna membuat makanan tersebut menjadi lebih menarik dan menggugah selera untuk dimakan. Untuk itu menjadi reseller makanan harus tahu tips melakukan bisnis tersebut.

1. Pilih dan tentukan produk makanan yang berkualitas.

Salah satu cara sukses menjadi seorang reseller makanan ringan adalah menentukan serta memilih produk makanan yang memiliki kualitas tinggi. Bila produk makanan yang dijual memiliki nilai plus lebih tentu angka penjualan anda akan meningkat.

Selain itu, anda juga harus memilih produk makanan yang beda dari yang lain dan memiliki nilai gizi yang bagus. Dengan produk makanan seperti ini  pasti banyak kalangan  bisa menikmati makanan tersebut.

2. Menjual produk makanan yang tidak mudah basi.

Kalau anda ingin menjadi reseller alangkah baiknya memilih produk makanan ringan yang tidak mudah basi. Makanan tersebut cenderung awet dan tidak akan membuang modal terlalu banyak.

Namun, saat anda ingin benar-benar menjual makanan basah, pastikan jumlah penjualan makanan tersebut sesuai dengan pemesanan sehingga tidak mudah basi.  

Untuk persediaan stok barang anda bisa memilih makanan ringan kering.  Hal ini bertujuan agar anda tidak perlu bolak-balik datang ke pihak distributor.

3. Menentukan target pasar yang jelas

Sebenarnya untuk bisnis makanan sendiri memiliki market yang cukup luas. Baik dari anak-anak sampai yang tua. Namun terkadang jenis serta tekstur makanan bisa menentukan target pasar yang sempit.

Untuk itu anda harus memilih jenis produk yang bisa disukai semua kalangan.  Dengan begitu jumlah pembeli anda akan lebih luas pula jangkauannya.  Jangan hanya memilih produk bagus saja tanpa tahu market yang dituju.

4. Selalu mengikuti perkembangan zaman.

Jenis makanan selalu berinovasi. Sebagai reseller anda harus tanggap terhadap perubahan jenis makanan yang disukai banyak konsumen.

Di atas telah dikenalkan serta dijelaskan tips mudah menjadi reseller makanan ringan.  Dalam menjalankan bisnis baik reseller atau tidak harus peka dengan perkembangan. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan usaha anda.

Baca Juga: Cara Menulis Kata - Kata Review Makanan

Start your 30-day free trial