10 Rekomendasi Software POS Gratis untuk Bisnis F&B

Sebagai pelaku bisnis F&B, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah POS. Berikut rekomendasi software POS gratis yang bisa Anda coba.

Di era yang serba digital seperti saat ini, memastikan bisnis yang kita jalani telah ikut terdigitalisasi baik dari segi operasional maupun pemasaran adalah suatu hal yang penting. Dalam konteks operasional, mengintegrasikan segala kegiatan bisnis ke dalam hal-hal digital akan dapat membantu kegiatan bisnis menjadi lebih mudah dan minim akan human error.

Salah satu sistem atau software yang dapat membantu proses berlangsungnya operasi bisnis (khususnya bisnis F&B) adalah software POS atau aplikasi kasir POS. POS yang merupakan singkatan dari Point of Sale adalah sebuah sistem aplikasi kasir yang terdiri dari seperangkat mesin kasir seperti tablet, cash drawer, dan mesin pencetak struk.

Fungsi dari sistem POS sendiri di antaranya adalah membantu pelaku bisnis dalam melakukan pencatatan transaksi secara otomatis, mengintegrasikan akses data ke dalam sistem inventaris, memberikan laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut pastinya amat membantu segala aktivitas bisnis.

Anda menjalani bisnis kuliner? Sudahkah Anda menggunakan sistem aplikasi kasir POS? Jika belum, berikut beberapa rekomendasi software POS gratis yang bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum menggunakan versi berbayarnya.

10 Rekomendasi Software POS yang Dapat Dicoba Gratis

Ada banyak sekali pilihan aplikasi kasir atau software POS yang tersedia di Indonesia. Salah satu yang namanya cukup terkenal adalah MokaPOS. Selain software POS tersebut, masih ada beberapa software POS lainnya yang memiliki penawaran serta fitur yang berguna untuk bisnis. Meskipun tidak 100% dapat digunakan gratis, namun pilihan aplikasi kasir di bawah ini memiliki penawaran trial (coba gratis) terlebih dahulu. Untuk mengetahui pilihannya, simak di bawah ini.

1. MokaPOS

Aplikasi POS yang pertama yakni MokaPOS. Sudah berbasis cloud, aplikasi ini memiliki banyak pengguna di Indonesia dari latar belakang bisnis berbeda-beda. Dengan menggunakan fitur cloud dari MokaPOS Anda bisa memantau transaksi bisnis dari jarak jauh. Fitur lain yang dimiliki di antaranya adalah daftar menu, menambahkan harga, stok barang hingga laporan transaksi. Tak hanya itu aplikasi ini juga memiliki fitur laporan keuangan real time yang bisa diakses data online maupun offline. Anda juga bisa melakukan pembayaran secara mudah melalui berbagai pilihan online payment.

2. Kasir Pintar Free

Untuk aplikasi kasir yang satu ini dapat diakses secara gratis sesuai namanya. Namun aplikasi Kasir Pintar juga memiliki versi Pro nya.

Hampir sama dengan MokaPOS yang berbasis cloud, aplikasi Kasir Pintar hanya dapat diakses melalui smartphone saja. Fitur unggulannya adalah fitur barcode yang dapat digunakan melalui smartphone.

3. Kasir Toko Portable

Software POS gratis yang ketiga adalah Kasir Toko Portable.

Selanjutnya ada aplikasi kasir gratis yakni Kasir Toko Portable. Tampilan dari aplikasi ini sederhana dan praktis sehingga sangat mudah untuk mengoperasikannya. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis bengkel, apotik, hingga food and beverage.

4. Olsera POS

Aplikasi Olsera POS ini hampir sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya yang sudah berbasis cloud. Anda bisa mengaksesnya dimana dan kapan saja untuk melihat transaksi penjualan. Penyimpanan pada aplikasi ini juga mendukung penyimpanan offline. Saat Anda kembali online maka data tersebut akan tersinkron dengan penyimpanan cloud.

5. Omega POS

Selanjutnya ada Omega POS dimana aplikasi ini bisa mengintegrasikan dengan modul accounting dan inventory produk. Tak hanya itu, tak kalah menarik aplikasi ini memiliki fitur analisis perilaku pelanggan. Anda bisa mendapatkan data tentang kebutuhan konsumen Anda.

6. ProfitCentre

Software POS gratis selanjutnya yakni ProfitCentre, aplikasi kasir ini berbeda dari yang lain. Aplikasi ini bisa diakses lewat PC, jadi bukan untuk pengguna smartphone. Kerennya aplikasi ini full gratis yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda. Namun sayang aplikasi ini baru bisa support untuk komputer windows saja. Terdapat banyak fitur pada aplikasi ini yakni, update gratis, free support, support berbagai mata uang dan masih banyak lagi fitur yang bisa Anda gunakan.

7. VendHQ

Aplikasi kasir gratis satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis kecil dengan jumlah barang yang tak terlalu banyak. Banyak fitur yang bisa disupport oleh aplikasi ini seperti penyimpanan cloud berbasis online dan offline, terdapat juga fitur CRM, inventaris, loyality dan masih banyak lagi.

8. Keyhut

Tampilan aplikasi ini mirip seperti BIOS lama pada windows. Dari segi font dan background aplikasi ini memiliki warna mirip sekali dengan tampilan BIOS. Namun ini adalah aplikasi kasir berbasis desktop. Aplikasi ini memiliki fitur CRM, pelacakan inventaris, pelaporan penjualan, hingga manajemen karyawan. Fitur manajemen karyawan ini tidak akan ditemukan pada apliaksi kasir gratis lainnya.

9. Chomis POS

Aplikasi kasir satu ini juga berbasis komputer, dimana aplikasi ini tersedia untuk perangkat Windows, Linux hingga MacOS. Tampilan dari aplikasi ini sangat menarik yakni dengan display foto menu atau barang. Jadi Anda cukup mengklik gambar barang saja saat ada pembelian. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis bidang makanan, cafe resto, coffee shop dan bisnis-bisnis franchise lainnya.

10. TruePOS

Aplikasi kasir yang terakhir yakni TruePOS, dimana aplikasi ini memiliki sistem terintegrasi yang bisa menyambung dengan beberapa perangkat yang berbeda. Untuk fitur gratisnya sangat cocok untuk usaha yang baru merintis, namun jika Anda ingin fitur lebih lengkap bisa menggunakan versi berbayar.

Itulah tadi beberapa rekomendasi software SOP gratis yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan usaha Anda. Carilah banyak rekomendasi tentang bisnis agar bisnis Anda semakin berkembang. Kinjungi http://www.hubster.co.id/ untuk melihat banyak informasi tentang bisnis. Semoga bermanfaat.



Start your 30-day free trial