Ingin Memulai Bisnis? Intip 10 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan dalam Wirausaha

Apakah Anda baru saja menjalankan bisnis? Ingin bisnis Anda berjalan lancar sesuai target? Artikel ini akan membahas faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha yang bisa Anda jadikan panduan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha. Bukan dilihat dari besar-kecilnya suatu usaha, tetapi keberhasilan dan kegagalan wirausaha lebih oleh dipengaruhi bagaimana cara mengelolanya. 

Tentu saja, memulai suatu usaha bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, serta memikirkan strategi yang tepat agar produk atau jasa yang Anda tawarkan laku di pasar.

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis atau usaha, berikut adalah 10 faktor keberhasilan dan kegagalan yang harus Anda ketahui sebelum memulai wirausaha.

Baca Juga: 5 Contoh Media Promosi Makanan yang Bisa Dipilih

Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

Sumber: Incmagazine.com

1. Kualitas Sumber Daya Manusia

Faktor yang pertama adalah kualitas dari sumber daya manusia. Banyaknya pegawai yang ada di dalam bisnis Anda miliki tidak menjamin keberhasilan dalam kinerja usaha yang sedang berjalan.

Untuk mengatasinya, Anda harus memilih pegawai yang memiliki keahlian khusus di bidangnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat program pengembangan skill yang dapat menambah kualitas dari tiap individu.

2. Manajemen

Suatu bisnis akan mengalami kendala yang berujung kegagalan, ketika tidak memiliki struktur organisasi yang jelas dan terencana. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan faktor manajemen seperti sistem pengelolaan, manajemen waktu, dan struktur organisasi.

Hal ini harus Anda perhatikan agar pekerjaan yang dijalankan tersusun dengan sistematis dan terorganisir dengan baik. Anda juga bisa juga melakukan audit secara rutin untuk melakukan evaluasi yang ada di dalam bisnis, seperti keuangan.

3. Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis atau business plan merupakan aktivitas atau kegiatan penting yang harus Anda siapkan sebelum memulai sebuah usaha. Dalam business plan, Anda perlu menjelaskan secara rinci tentang konsep bisnis, keuangan, pemasaran, dan hal terkait lainnya.

Melakukan perencanaan yang matang jauh-jauh hari sebelum memulai tentu akan meminimalisir faktor kegagalan wirausaha yang akan Anda jalani. Anda harus bisa menentukan target atau gambaran mengenai produk dan jasa pada bisnis dengan matang.

3. Modal dan Keuangan

Modal merupakan salah satu faktor yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Tanpa modal, Anda tidak akan mampu membangun wirausaha yang direncanakan. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal, salah satunya adalah mencari pinjaman dana di bank.

4. Peluang Usaha

Peluang usaha adalah kesempatan yang Anda miliki untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Anda dapat melakukannya dengan riset pemasaran. Hal ini dilakukan untuk menentukan target konsumen, serta strategi promosi apa yang harus dilakukan untuk menjual produk atau jasa Anda kepada mereka.

5. Kreativitas

Selain melihat peluang, Anda juga harus memiliki kreativitas yang akan membuat usaha Anda berbeda dengan yang lainnya. Hal ini tentu akan membuat membuat daya tarik tersendiri untuk konsumen. 

Tidak hanya menciptakan produk yang berbeda dengan para pesaing, tetapi Anda juga bisa mengatur strategi pemasaran unik dari pesaing. Jadi, bisa saja Anda menciptakan produk yang sama, tetapi dengan cara pemasaran yang unik.

6. Etika Kerja

Etika kerja adalah aturan normatif yang mengandung sistem nilai dan prinsip moral yang merupakan pedoman bagi pegawai dalam melaksanakan tugas pekerjaannya. Tentunya, memiliki etika kerja yang kuat akan membuat bisnis Anda ikut berkembang. 

Selain etika, kedisiplinan juga harus Anda terapkan dalam berbisnis. Menerapkan kedisiplinan ke dalam usaha dan pegawai Anda akan mempengaruhi keberhasilan wirausaha Anda kedepannya.

7. Passion

Sederhananya, arti dari passion adalah kegemaran dan kesenangan. Passion dan bisnis tentu merupakan hal yang saling berkaitan dan berhubungan. Sesuatu yang menyenangkan bisa dimulai dengan sebuah hobi. 

8. Kemampuan

Bisnis Anda akan semakin maju jika Anda memiliki kemampuan yang mumpuni. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan atau skill Anda, yakni dengan cara mengikuti webinar, sharing, dan diskusi sesama pebisnis, baik itu dari bidang yang sama maupun yang berbeda dengan Anda, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin yang baik bagi pegawai Anda. Ini juga bisa menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha, lho!

9. Networking

Networking dalam kewirausahaan adalah proses membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelaku bisnis lain, client, atau pelanggan potensial. Hal ini juga melibatkan kontak dengan orang-orang yang memberikan informasi atau pelatihan. 

10. Marketing

Faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha yang terakhir adalah marketing. Anda perlu strategi marketing yang tepat agar pengembangan bisnis lebih optimal dan terus menghasilkan keuntungan. 

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Contoh dari biaya pemasaran adalah biaya iklan, biaya pemeliharaan, gaji salesman, komisi, sewa gudang, dan lain-lain.

Itulah 10 faktor keberhasilan dan kegagalan dalam kewirausahaan yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa sebenarnya ada banyak faktor dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah usaha.

Baca Juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.