13 Tips dan Strategi Pemasaran Terbaik untuk Bisnis F&B

Anda menjalani bisnis F&B atau restoran? Maka Anda perlu menyimak daftar strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk restoran Anda berikut ini.

Tahukah Anda bahwa saat ini 90% pelanggan melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengunjungi sebuah restoran (dilansir melalui Upserve.com)? Di era digital saat ini, sangat penting bagi restoran untuk memprioritaskan online presence mereka guna menarik pelanggan baru, membangun komunitas, dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Namun, dengan begitu banyak hal yang harus dilakukan ketika menjalankan restoran, tentu waktu sehari saja tidak akan cukup untuk menyukseskan bisnis Anda tersebut.

strategi-pemasaran-restoran-dari-hubster

Memahami Pentingnya Pemasaran untuk Restoran

Tujuan pemasaran restoran adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Dan seperti yang kita tahu, saat ini hampir semua orang menghabiskan waktunya secara online dan aktivas online tersebut pun mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan pembelian. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan imej restoran Anda secara online melalui platform-platform digital yang ada.

Pemasaran restoran yang baik dimulai dengan memastikan restoran Anda mudah ditemukan secara online dengan sumber daya yang akurat (menu, waktu, tautan, dan info yang terkini) untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari upaya pemasaran Anda.

Secara angka, pentingnya hal tersebut dapat dilihat melalui data di bawah ini:

Dapat dilihat bukan, betapa pentingnya online presence dari restoran atau bisnis F&B yang Anda miliki?

Oleh karena itu, kami telah menyusun daftar yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam melakukan strategi pemasaran untu restoran Anda.

13 Strategi Pemasaran untuk Restoran

13-strategi-pemasaran-untuk-bisnis-fnb

1. Membangun dan mengoptimalkan profil Google My Business

Tahukah Anda bahwa rata-rata listing profil Google My Business yang optimal mendapat tampilan 5x lebih banyak daripada listing yang belum optimal?

Google My Business sendiri pada dasarnya adalah buku telepon modern dan secara otomatis akan mengisi informasi di halaman Anda dengan apa yang ditemukannya—jadi hal pertama yang perlu dilakukan adalah pastikan untuk mengedit info di halaman Anda agar dengan akurat.

Pastikan Anda mencantumkan informasi terkait jam operasional, info kontak, dan alamat yang akurat serta unggahan menu yang terbaru.

Menyertakan FAQ (Frequently Asked Questions) adalah cara strategis lain untuk menetapkan harapan pelanggan, menghasilkan penjualan baru, dan mengurangi waktu yang dihabiskan staf di telepon pada tahap sebelum kedatangan. Contoh pertanyaan meliputi: "Apakah ada tempat parkir?", "Apakah ada pilihan gluten-free, dairy-free, atau plant-based?" atau "Bisakah saya membawa peliharaan saya?".

2. Mengikuti akun relevan di media sosial

Memperhatikan akun apa yang Anda ikuti di media sosial juga merupakan hal penting untuk dilakukan. Anda dapat mengikuti akun yang dinilai potensial untuk menjadi target konsumen Anda atau akun yang bisa menjadi rekanan restoran Anda.

Dengan mengikuti banyak orang, kemungkinan akun restoran Anda juga diikuti melalui media sosial juga akan menjadi semakin besar.

3. Melakukan promosi di seluruh channel promosi yang dimiliki

Pastikan situs web Anda ditautkan di media sosial Anda, dan media sosial Anda tercantum di situs web Anda! Setiap akun restoran harus tercantum (di semua tempat) untuk menawarkan pelanggan Anda berbagai cara untuk menjangkau Anda.

Food photography for restaurants.

4. Gunakan tagar di postingan akun media sosial

Menggunakan tagar adalah cara yang efektif untuk mendapatkan momentum dari media sosial.  Sertakan sekitar tiga tagar per posting yang berkaitan dengan masakan, kota, dan konten Anda. 

5. Mengunggah User-Generated Content (UGC)

Strategi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunggah ulang konten yang telah diposting oleh konsumen (biasa dikenal dengan sebutan User-Generated Content) Anda yang di-tag ke akun media sosial Anda.

Tak lupa, ajak pelanggan untuk menandai (tagging) akun media sosial restoran Anda. Memaksimalkan konten UGC adalah cara gratis untuk mempromosikan bisnis Anda.

6. Buat kalender sosial dengan hari libur

Cara termudah untuk menyempurnakan strategi pemasaran restoran Anda adalah dengan membuat editorial plan untuk media sosial Anda.  Luangkan waktu tiga puluh menit pada hari pertama setiap bulan untuk mencatat hari libur atau hari besar yang akan datang di bulan itu.

Contoh hari besar seperti Hari Lebaran Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Hari Natal, dan lain-lain. Guna dari mengidentifikasi momen-momen tersebut adalah untuk memposting promosi yang dapat dikaitkan dengan hari perayaan tersebut. Hal ini adalah salah satu strategi yang unik dan cukup berhasil untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Succeed in delivery with Hubster.

7. Bermitra dengan influencer makanan lokal

Melakukan pemasaran

Bermitra dengan influencer makanan lokal: Pemasaran influencer sedang populer saat ini karena memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan banyak pengikut mereka secara langsung.  Bermitra dengan influencer juga lebih mudah daripada yang Anda kira. Banyak micro-influencer sedang mencari pekerjaan yang layak, seperti memberi mereka makanan gratis atau pengalaman untuk kemudian dijadikan bahan postingan mereka.

Anda dapat bekerjasama dengan influencer yang sesuai dengan anggaran Anda. Tekan tombol kontak di profil IG influencer makanan di daerah Anda, kemudian tekan surel. Kirim pesan singkat menanyakan tarif mereka dan ungkapkan ketertarikan Anda terhadap jasa mereka. Tebarlah jaring yang luas dengan menghubungi lebih banyak orang. 

Melangkah lebih maju dengan mengundang kritikus/blogger makanan lokal ke restoran Anda. Influencer dapat membantu Anda membangun kehadiran online, dan kritikus makanan dapat memberikan restoran Anda reputasi yang lebih baik dengan pengikut setia mereka. 

8. Cantumkan Menu Anda secara daring:

93% pelanggan mencari menu online sebelum pergi makan ke luar atau memesan makanan, jadi pastikan untuk mencantumkan menu terbaru di situs web Anda. Profil Google Business, Facebook, dan sorotan IG. Menyediakan pelanggan Anda dengan item persis yang tersedia akan mengurangi waktu yang dibutuhkan staf Anda untuk menyampaikan info via telepon.

People ordering food.

9. Terlibat dalam tren terkini di IG reels dan TikTok:

Seperti yang Anda ketahui, sangat penting untuk menciptakan kehadiran digital di zaman sekarang ini untuk menjangkau pelanggan, baik yang baru maupun yang sudah ada. Video sangat ramai digunakan saat ini dan akan seterusnya begitu. Reel Instagram/ TikTok tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan pengikut dan selalu diingat oleh pelanggan yang ada sekarang, tetapi membuat konten juga bisa menyenangkan! Berikut adalah beberapa ide untuk memulai:

1.  Perkenalkan diri dan ceritakan kisah Anda: Karena Reel Instagram dirancang untuk konsumsi singkat, sampaikan posisi dan restoran Anda dengan perkenalan yang menarik. Tujukan untuk menyertakan a) nama Anda, nama restoran, dan lokasi, b) hidangan favorit Anda dalam menu, dan c) sebuah ajakan yang menggerakkan penonton Anda untuk mengunjungi restoran atau membuat pesanan.

2. Perkenalkan tim Anda: Memanusiakan restoran Anda dengan memperkenalkan tim Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan lagu dengan tema sitkom (contoh: Full House) sebagai musik latar dan minta setiap anggota tim melakukan gerakan lucu. Atau ikuti tren lucu dan terkini dengan memperkenalkan setiap anggota tim dengan tanda astrologi atau "red flag" mereka.

3. Berikan tips dan trik memasak: Buat posting Reels edukasi menggunakan keahlian koki Anda dengan trik memasak terbaik mereka. Contohnya mungkin “Cara memotong sayuran” atau "Bahan rahasia tak terduga untuk membuat makaroni dan keju terbaik."

4. Uji lagu yang sedang tren: Jangan malu untuk menggunakan tren yang terkini! Ikut serta dalam aksi viral menggunakan lagu-lagu yang sedang tren sebagai musik latar untuk konten makanan Anda.

5. Buat video ASMR yang menunjukkan bagaimana pesanan pengiriman dikemas: ASMR sangat diragukan akan ketinggalan zaman! Cukup tonton beberapa video ASMR untuk mendapatkan inspirasi, dan gunakan suara lembut kemasan untuk membuat Reels sensorik untuk penonton Anda.

10. Memposting pada waktu yang tepat untuk restoran dan pelanggan Anda

Waktu terbaik untuk memposting adalah pada hari Senin antara pukul 9:00 – 13:00 (waktu setempat). Hindari memposting pada hari Sabtu. Perhatikan posting Anda yang memiliki performa terbaik, saat menerima direct message, dan perhatikan tingkat interaksi untuk memanfaatkan waktu terbaik memposting untuk pengikut Anda.

11. Tetap berpegang pada fotografi, palet warna, dan gaya branding yang konsisten

Lihat blog terakhir kami untuk belajar lebih dalam tentang tips branding dan fotografi.

12.  Memposting promosi

Menyertakan promosi di aplikasi pihak ketiga merupakan insentif yang sangat baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang memesan dari restoran Anda. Menjalankan promosi di aplikasi pengiriman makanan dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk muncul di halaman depan setiap aplikasi. Pada tahun 2021, ketika 80% pesanan pengiriman terjadi dari halaman beranda aplikasi seperti Uber Eats, mencari cara untuk meningkatkan peringkat Anda dalam algoritme dapat memengaruhi penjualan Anda secara signifikan. Jika menjalankan promosi sendiri terdengar sedikit berlebihan dan memakan waktu, biarkan tim Hubster melakukannya untuk Anda dengan solusi otomatisasi pemasaran kami, Boost. Belajar cara meningkatkan penjualan menggunakan promosi otomatis Boost tanpa perlu mengeluarkan usaha di sini.

13. Berikan penawaran atau Giveaway

Bagikan diskon, menu rahasia, pengurangan biaya pengiriman, atau kartu hadiah dengan mengadakan Giveaway. Wajibkan pengikut Anda untuk menandai teman dan memposting ke story mereka untuk ikut Giveaway guna meningkatkan interaksi.

daftar-strategi-pemasaran-restoran-dari-hubster-indonesia

Ribuan restoran memercayakan Hubster untuk meningkatkan penjualan, menghemat waktu, dan mempermudah pengiriman. Apakah Anda tertarik untuk memiliki mitra dalam pengiriman segala hal? Klik di sini untuk mendaftar.

Start your 30-day free trial