Jenis-jenis Packaging Makanan dan Tips Memilihnya

Packaging makanan memiliki pengaruh besar dalam penilaian konsumen atas representasi produk Anda. Berikut jenis-jenis packaging makanan serta tips memilihnya yang perlu Anda ketahui.

Manfaat dari packaging makanan yang perlu diketahui oleh pemilik usaha adalah melindungi kualitas dari makanan itu sendiri saat berada di tangan konsumen. Jangan sampai ketika makanan tersebut sampai di tangan konsumen makanannya sudah rusak.

Tentu saja hal ini akan membuat citra buruk terhadap brand yang Anda miliki. Tidak mau hal ini terjadi, Anda harus melakukan pemilihan packaging makanan yang bagus untuk bisnis yang dijalakan.

Pemilihan ini bisa disesuaikan dengan sifat dari makanan itu sendiri dengan jenis kemasannya. Berikut ini penjelasan mengenai pentingnya kemasan dan juga jenis-jenisnya.

Pentingnya Pemilihan Packaging Makanan yang Bagus untuk Bisnis Makanan Anda

pentingnya pemilihan packaging makanan untuk bisnis
Sumber : Unsplash

Packaging atau bungkus makanan harus dipilih dengan baik sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Kemasan ini juga akan meningkatkan nilai jual dan membuat produk terlihat lebih menarik.

Dengan ini akan membuat brand pada suatu bisnis menjadi meningkat, dalam memilih packaging makanan harus dilakukan sesuai dengan sifat dari makanan tersebut. Selain bisa meningkatkan nilai jual, fungsi dari packaging makan sendiri adalah untuk melindungi makanannya.

Sehingga dalam pemilihannya sangat penting, jangan sampai karena memilih kemasan yang salah membuat makanannya malah cepat rusak sehingga membuat image brand Anda buruk. Berikut ini manfaat lainnya dari packaging makanan.

1. Melindungi Dari Kotoran dan Debu

Selain melindungi agar makanan tidak cepat rusak, kemasan juga bisa membuat makanan akan terlindungi dari kotoran dan debu. Sehingga ketika Anda sedang berjalan di jalan, makanannya akan terbebas dan segala jenis debu yang berasa dari kendaraan dan lain-lainnya.

2. Mempermudah Konsumen untuk Membawa Pulang Produknya

Packaging makanan juga memiliki manfaat untuk mempermudah konsumen jika tidak ingin mengonsumsi makanan di tempat. Sangat penting tempat makan menyediakan kemasan yang akan melindungi makanannya agar bisa disantap saat pulang.

3. Bisa Memperluas Pemasaran Produknya

Selanjutnya ackaging makanan ternyata juga bisa digunakan untuk memperluas pemasaran produk. Ini karena dari kemasan tersebut akan membentuk image atau identitas tersendiri pada brand yang mengeluarkan makanan tersebut.

4. Menjadi Sarana Iklan dan Informasi

Kemasan juga bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi atau juga sebagai sarana menyimpan iklan. Karena pada kemasannya tersebut bisa dicantumkan nomor whatsapp, akun media sosial bahkan website dari usaha Anda.

Sehingga customer akan mengetahui mengenai produk-produk lainnya yang tersedia dan tercantum dalam media sosialnya.

5. Makanan Akan Jadi Berpenampilan Menarik

Makanan akan jadi berpenampilan menarik dengan kemasan kekinian dan unik. Walaupun dapat meningkatkan berpenampilan menarik, yang perlu diperhatikan adalah tetap harus bisa melindungi makanan tersebut.

Baca Juga : 60 Contoh Usaha Makanan Ringan dan Cara Memulainya

Jenis-Jenis Kemasan Packaging

Anda pasti sering melihat berbagai jenis kemasan yang tersedia di pasaran. Dari mulai kaleng, plastik, kertas dan masih banyak lagi. untuk pemilih usaha sangat penting untuk memilih packaging makanan yang sesuai dengan sifat makanan yang dijualnya.

Berikut ini jenis—jenis kemasan yang harus diketahui oleh pemilih usaha sebelum memilihnya.

1. Kemasan Berbahan Alami

jenis kemasan packaging alami
Sumber : Unsplash

Jenis yang pertama yang berasal dari bahan alami contohnya daun pisang, daun kelapa dan lain-lain. Saat ini memang sudah jarang digunakan, dan pemakaiannya hanya untuk membuat makanan tradisional saja seperti lontong, kupat, dan lainnya.

2. Kemasan Dari Kertas

jenis kemasan packaging dari kertas
Sumber : TheParliamentMagazine

Selanjutnya packaging makanan juga biasanya menggunakan kertas berbahan karton, kotak kemasan seperti kerdus dan lainnya. Tetapi kebanyakan produsen yang memilih menggunakan jenis ini masih akan membungkusnya dengan packaging lain.

Hal ini dikarenakan kelemahan dari bahan ini adalah mudah rusak jika terkena air. Jika kemasannya rusak tentu saja makanan yang ada di dalamnya ikut menjadi rusak juga. Tetapi kemasan dikenal lebih ramah lingkungan daripada jenis yang lainnya.

3. Kemasan Berbahan Plastik

jenis kemasan packaging makanan berbahan plastik
Sumber : EPIGlobal

Packaging makanan yang sudah sering dipilih oleh produsen dan relatif ringan dan murah adalah plastik. Perlu diketahui sifat dari kemasan ini hanya sekali pakai, sehingga kelemahannya akan berdampak buruk pada lingkungan karena plastik sulit untuk terurai.

4. Kemasan Terbuat dari Kaca

jenis kemasan packaging makanan dari kaca
Sumber : Believersinglass

Selanjutnya packaging lainnya yang sering digunakan adalah material kaca. Kemasan ini berbeda dengan plastik, karena bahan kaca ini bisa dicuci dan digunakan lagi. namun kelemahan dari bahan ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dan juga lebih berat dan jika terkena benturan beresiko pecah.

5. Kemasan Terbuat dari Logam

jenis kemasan packaging makanan dari logam
Sumber : FoodandRecipe

Kemasan yang terbuat dari logam seperti kaleng atau alumunium foil masih sering digunakan hingga saat ini. kemasan ini masih digunakan karena memiliki kelebihan bisa tahan terhadap kondisi cuaca apapun dan tidak akan membuat makanan atau minumannya rusak.

Tetapi kekurangan dari kemasan ini proses pengemasannya yang rumit dan juga memiliki harga yang relatif mahal. Terlebih dahulu penggunaan kemasan terbuat dari logam ini harus diperhatikan penggunaannya karena untuk beberapa kondisi bisa sangat berbahaya karena reaksi kimia.

Tips Memilih Packaging Makanan untuk Bisnis

Bingung bagaimana cara memiliki kemasan untuk bisnis Anda, berikut ini adalah tips dalam memilih packaging untuk Anda pemilik usaha yang baru akan memulai bisnis makanannya.

1. Pilihlah yang Kedap Udara

memilih packaging makanan kedap udara
Sumber : FoodandWineMagazine

Kemasan yang kedap udara sangat wajib dipilih untuk membuat makanan tidak berubah karena kontaminasi bakteri. Karena makanan dan minuman yang tidak dikemas dengan baik akan membuat bakteri masuk dan membuat produk tersebut menjadi cepat rusak.

2. Kemasannya Pilih dengan Sertifikasi BPOM

memilih kemasan packaging makanan BPOM
Sumber : ColpacLTD

Pemilihan yang paling terpenting adalah yang telah bersertifikasi BPOM artinya produk packaging tersebut sudah dijamin keamanannya jika harus dipakai untuk mengemas produk makanan dan minuman untuk dikonsumsi pelanggan.

Cara mengeceknya sangat mudah, Anda bisa langsung mengeceknya di link atau website yangs udah disediakan oleh BPOM untuk melihat produk mana saja yang sudah terdaftar.

Pemilihan kemasan merupakan tahap yang sangat penting sebelum memulai sebuah bisnis terutama terkait bidang makanan dan minuman. Pilihan packaging makanan terbaik yang membuat produk Anda tetap aman, tidak berubah walaupun sudah dibawa pulang.

Baca Juga : 7 Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Kuliner

Start your 30-day free trial