Fakta bahwa market pengiriman makanan sedang berkembang bukan suatu hal yang baru. Sektor pengiriman makanan telah berkembang selama dekade terakhir, dan pembatasan terkait COVID-19 hanya memperkuat tren ini. Mengetahui ada jutaan pengunjung yang memesan pengiriman dan prediksi bahwa pertumbuhan akan terus berlanjut setelah pandemi telah mendorong banyak restoran untuk memanfaatkan layanan pengiriman yang juga telah meningkatkan persaingan.
Ini tidak cukup dengan hanya mendaftarkan restoran Anda di berbagai platform pengiriman. Pada tahun 2021, rahasia kesuksesan adalah meningkatkan visibilitas restoran Anda. Tetapi bagaimana Anda dapat mengontrol visibilitas restoran ketika algoritma platform pengiriman yang mengontrol peringkat dan mengubah jangkauan? Membuat brand virtual untuk restoran Anda dengan cepat menjadi solusi untuk mendominasi aplikasi pengiriman tanpa investasi besar.
Jika Anda seorang pemilik restoran yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang brand virtual atau sedang mempertimbangkan untuk membuatnya sendiri, artikel ini adalah untuk Anda.
Dark kitchen, ghost kitchen, restoran virtual...begitu banyak konsep baru dalam industri restoran telah hadir pada tahun lalu sehingga sulit untuk mengikutinya.
Ghost kitchens adalah ruang yang digunakan oleh pemilik restoran khusus untuk pengiriman makanan. Ghost kitchens tidak memiliki host, pelayan, atau tempat duduk. Juga disebut dark kitchen atau restoran virtual, ghost kitchens dapat digunakan untuk jaringan restoran yang ingin membuat ruang khusus untuk produksi pengiriman makanan dan restoran yang hanya ada secara digital.
Di sisi lain, brand virtual adalah etalase digital pada platform pengiriman seperti GoFood dan GrabFood. Dari sana namanya berasal: disebut "virtual" karena pelanggan hanya dapat melihat dan memesan di restoran secara online.
Brand virtual tidak selalu berasal dari ghost kitchen: brand virtual dapat dibuat dan disiapkan di tempat yang sudah Anda kenal. Satu restoran dapat memiliki beberapa brand di ruang yang sama dan pada kenyataannya, kemampuan ini telah menyelamatkan banyak restoran.
Ini berarti setiap pemilik restoran dapat membuat brand virtual saat ini dengan sumber daya yang telah mereka miliki.
Pelanggan saat ini tidak memiliki masalah dalam memesan makanan dari tempat yang belum pernah dicoba sebelumnya, sehingga membuat brand baru mendapatkan banyak keuntungan.
Keajaiban dari brand virtual adalah mudah membuatnya.
Keseluruhan konsep tidak jauh dari menghasilkan uang tambahan dengan sumber daya yang dimiliki. Mari kita gali 5 langkah dalam membuat brand virtual untuk restoran Anda.
1. Pelajari market
Jika Anda membaca artikel ini, Kemungkinan besar Anda memiliki restoran yang melakukan pengiriman. Ini berarti Anda sudah mengetahui audiens Anda.
Sebelum meluncurkan brand virtual Anda, penting untuk memikirkan pengunjung yang akan tertarik dengan penawaran baru Anda. Kunjungi platform pengiriman dan mulai bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan: jenis makanan apa yang populer di area Anda? Apakah ada sesuatu yang belum ada di area tersebut? Apakah Anda mengidentifikasi kelompok yang tidak dilayani?
Jika Anda melihat ada beberapa restoran burger misalnya, ini mungkin bukan ide yang baik untuk brand virtual. Namun, itu adalah refleksi dari jenis makanan yang dicari orang-orang di area Anda. Bagaimana dengan meluncurkan brand sandwich?
Perlu diingat, sejak brand virtual Anda bergantung pada radius platform pengiriman, lokasi Anda harus memandu dalam membuat keputusan. Jika Anda mencari beberapa saran tentang performa terbaik di area Anda, tim Hubster dapat membantu Anda memahami tren kinerja di area Anda.
2. Pilih konsep Anda
Sekarang setelah Anda memiliki ide tentang apa yang dicari di area Anda, saatnya untuk memikirkan menu. Menu apa yang memiliki kinerja terbaik dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya?
Mungkin Anda menawarkan beberapa hidangan vegetarian di menu yang telah diterima dengan sangat baik. Bagaimana jika membuat brand vegetarian secara terpisah?
Mungkin dessert Anda sangat populer dan dapat memiliki brandnya sendiri.
Jika Anda menerima banyak pesanan pada waktu makan malam, tetapi hanya beberapa selama sisa hari tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk menawarkan sarapan di akhir pekan atau menu untuk kantor pada waktu makan siang.
Pada titik ini, pastikan konsep Anda 100% disesuaikan dengan pengiriman. Anda harus memperhitungkan faktor-faktor seperti waktu persiapan, margin keuntungan, suhu, dan kemudahan pengiriman. Yang terbaik adalah fokus pada hidangan sederhana dengan bahan-bahan sejenis yang telah Anda gunakan dalam brand utama Anda.
Perlu diingat bahwa Anda dapat mencoba lebih dari satu brand virtual untuk memaksimalkan dapur Anda. Jika Anda mencari seseorang untuk berkonsultasi tentang konsep virtual Anda, tim Hubster akan membantu Anda memutuskan konsep yang dioptimalkan untuk pengiriman.
3. Bangun brand Anda
Meskipun brand virtual tidak membutuhkan banyak komplikasi atau biaya, tampilan dan nuansa brand virtual sangat penting.
Konsep Anda hanya akan ada secara digital, jadi penting untuk memiliki brand yang membuat Anda menonjol di platform pengiriman. Elemen seperti logo yang bagus, fotografi yang bagus, dan gambar yang konsisten akan membantu Anda membedakan diri dari kompetisi. Tim Hubster dapat menangani area ini untuk Anda.
Rekomendasi kami? Jangan lupa untuk memanfaatkan kehadiran Anda di jejaring sosial. Banyak pengunjung mungkin mencari Anda di Instagram atau Google sebelum memutuskan untuk memesan pertama kali.
4. Rencanakan operasional Anda
Sekarang setelah bagian dasar tercakup, saatnya untuk memilih saluran penjualan Anda.
Dengan hanya berada di dunia digital, platform pengiriman akan menjadi sekutu terbaik Anda. Pengunjung belum pernah mendengar tentang Anda, jadi penting untuk menggunakan layanan pengiriman sebagai etalase untuk meningkatkan visibilitas Anda. Anggap platform pengiriman sebagai etalase Anda.
Untuk memulai, lakukan studi tentang platform yang tersedia di area Anda dan tentukan mana yang ingin Anda gunakan. Pertimbangkan untuk menjelajahi beberapa pilihan berbeda. Menurut data dari klien kami, muncul di lebih dari 1 aplikasi pengiriman dapat meningkatkan pendapatan Anda hingga 70%.
Namun bekerja dengan beberapa platform, dapat menyebabkan kekacauan di restoran Anda. Terutama jika Anda menangani lebih dari satu brand di tempat yang sama. Solusi seperti Hubster akan memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua platform, lokasi, dan brand dalam satu tablet dan memvisualisasikan data penggabungan secara singkat.
5. Prioritaskan pemasaran
Manfaatkan promosi platform pengiriman, saluran sosial, email, dan iklan berbayar untuk meningkatkan pengenalan brand dan pesanan.
Seperti banyak pemilik restoran, Danny Hizami dari Figueroa Philly memutuskan untuk mendaftar ke beberapa platform pengiriman pada tahun 2019.
"Saya mencintai restoran saya dan apa yang saya lakukan, jadi saya mulai menjelajahi berbagai pilihan: dari ghost kitchen, food truck, hingga brand virtual. Saat itu saya menemukan Hubster. Sejak Figueroa Philly menggunakan KFC, kami memiliki dapur besar dengan dua panggangan. Masuk akal bagi saya untuk menggunakan ruang tambahan untuk membuat brand baru dan memenuhi lebih banyak pesanan. "
Ketika Danny Hizami bermitra dengan tim Hubster, beliau mulai menggunakan ruang dapur yang biasanya memproduksi cheesesteaks untuk membuat 8 brand virtual yang berbeda dari sandwich, ayam goreng, hingga tacos. "Setiap tiga minggu saya berbicara dengan manajer akun Hubster saya untuk mencoba sesuatu yang baru. Selama kami menjaga kualitas makanan, saya bersedia mencoba dengan apa pun. "