7 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Ide Usaha Rumahan Modal 50 ribu ada berbagai macam, dan tentunya akan menjanjikan jika dilakukannya dengan sungguh-sungguh. Simak selengkapnya

Memulai usaha sejatinya ada yang memerlukan modal besar, dan ada juga yang memerlukan modal kecil. Untuk kategori yang kedua ini, Anda bahkan bisa memulai usaha hanya dengan uang sebesar Rp 50 ribu. Lalu, usaha rumahan modal 50 ribu apa saja yang layak dicoba?

Jawaban dari pertanyaan ini tentu sangat banyak pilihannya. Beberapa diantaranya sebagai berikut. 

Pilihan Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

1. Jasa Ketik dan Jasa Pembuatan Artikel

jasa pembuatan artikel adalah salah satu usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Wrike

Kalau ide yang pertama ini wajib dicoba oleh anak muda yang sedang mencari tambahan uang jajan. Jasa ketik bisa ditawarkan pada mereka yang ingin menyelesaikan tugas sekolah, tugas kuliah maupun tugas kerja dan berbagai kebutuhan lainnya. 

Meskipun terlihat sepele, pastinya ide ini sangat menjanjikan apalagi jika lokasi tempat tinggal berada di dekat sekolah atau sebuah instansi. Tentunya, untuk memanfaatkan peluang ini, Anda harus memastikan diri mampu mengetik dengan cepat. 

Selain itu, juga harus mempunyai perangkat sendiri, bisa laptop atau komputer serta familiar dengan aplikasi Office. Lalu, kalau jasa pembuatan artikel, ini mirip dengan jasa ketik. Sebab, Anda juga harus memiliki kemampuan mengetik untuk membuka lowongan ini. 

Hanya saja, selain kemampuan mengetik, Anda pun harus memiliki kemampuan mengolah kata dengan baik. Selain itu, pastikan bahwa hasil tulisan nanti bebas dari plagiasi. Akan lebih baik lagi kalau juga menguasai SEO, Google Analytics, CMS, Google Trends dan sebagainya. 

2. Jasa Laundry Sepatu

jasa laundry sepatu salah satu usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Whrilpool

Kalau laundry untuk pakaian, helm dan karpet sudah banyak tersedia di sekeliling Anda, maka Anda bisa mencoba mendirikan jasa laundry khusus sepatu. Ini termasuk ide usaha yang modalnya minim dan juga sangat menarik untuk dicoba. 

Pasalnya, ada banyak orang yang bahkan tidak sempat mencuci sepatu mereka sendiri karena berbagai alasan. Inilah mengapa jasa laundry sepatu menjadi salah satu usaha rumahan yang tampak menjanjikan. 

Modal yang diperlukan juga tidak banyak. Hanya perlu menyediakan alat-alat untuk mencuci serta memiliki skill merawat sepatu yang baik. 

3. Jasa Titip

jasa titip adalah salah satu ide usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Unsplash

Jasa titip juga termasuk ide usaha rumahan modal 50 ribu yang layak dipertimbangkan untuk dicoba. Jasa titip menjadi salah satu jasa yang tidak akan sepi karena tidak sedikit orang yang malas keluar rumah dan membeli barang kebutuhannya sendiri. 

Menjalankan usaha ini tentu sangat mudah. Anda dapat menawarkan jasa tersebut pada orang-orang dekat atau tetangga untuk menitipkan belanjaannya pada Anda. Nantinya, tinggal minta saja daftar barang yang akan dibeli sekaligus dengan uangnya. 

Lalu, tinggal tentukan saja berapa biaya jasa yang sebaiknya mereka bayar. Kalau ingin skala yang lebih luas, usaha jasa titip ini bisa ditawarkan di media sosial, bisa dengan sistem langsung bayar penuh atau dengan DP terlebih dahulu. 

Untuk membuka jasa ini, pastinya Anda harus memiliki kemampuan untuk bernegosiasi supaya keuntungan yang didapat bisa lebih besar. Selain itu, pastikan juga Anda mampu mencari barang-barang yang diminta pelanggan. 

Baca Juga: 60 Contoh Usaha Makanan Ringan dan Cara Memulainya

4. Jualan Gorengan

jualan gorengan adalah salah satu usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Unsplash

Gorengan menjadi salah satu camilan yang dicari oleh banyak orang, apalagi saat malam hari. Oleh karenanya, jualan gorengan bisa dimasukkan dalam daftar ide usaha yang modalnya hanya butuh sekitar Rp50 ribu. 

Cukup beli bahan-bahan untuk gorengan yang harganya sangat murah. Biasanya pilihannya ada tempe, tahu, pisang, singkong dan ubi. Jangan lupa sediakan tepung, garam serta minyak goreng. 

5. Jasa Pangkas Rambut

jasa pangkas rambut adalah salah satu usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Unsplash

Kalau Anda memiliki kemampuan memangkas rambut, manfaatkan saja untuk mendatangkan penghasilan. Jasa satu ini tidak mengharuskan Anda untuk mempunyai ruko atau lapak saat melakukannya. Juga tidak harus mempunyai mesin dan alat-alat yang lengkap.

Sebab, pangkas rambut sudah bisa dilakukan dengan bermodalkan sisir dan gunting. Kalaupun belum memiliki keahlian ini, bisa dipelajari dan dicari tutorialnya di Youtube. Jangan lupa ke depannya nanti update informasi soal tren rambut ya agar pelanggan semakin banyak. 

6. Bisnis Kue Rumahan

bisnis kue rumahan adalah usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Zellers Restaurants

Tidak hanya bisa jualan gorengan, dengan modal sebesar 50 ribu Anda sudah bisa menjalankan bisnis kue rumahan. Bisnis ini sangatlah mudah dan ragam yang bisa dibuat juga cukup banyak. Ada kue lapis, brownies, kue pisang, bolu dan masih banyak lagi. 

Tentunya untuk membuat semua itu Anda memerlukan bahan dasar. Seperti tepung, telur, beragam topping, baking powder, susu dan lain sebagainya. Semua bahan ini tentunya bisa didapat dengan mudah.

Lalu soal penjualannya, bisa dititipkan ke warung, dijual langsung ke pasar atau ke sekolah. Atau menerima pesanan khusus misalnya kue ulang tahun juga bisa. Hanya saja dalam usaha ini Anda dituntut untuk bisa membuat kue rumahan yang enak rasanya dan cantik rupanya. 

7. Jualan Pulsa dan Kuota

jualan pulsa dan kuota adalah usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: Unsplash

Satu lagi ide usaha yang sangat menarik dan tidak memerlukan keahlian khusus ialah jualan pulsa dan kuota. Untuk menjalankan usaha ini, Anda hanya memerlukan smartphone dan juga kuota internet. 

Untuk melakukan penjualan juga bisa dilakukan sendiri dan tidak memerlukan tenaga ekstra. Tambahan lagi, pulsa dan kuota ini tidak memiliki masa kadaluarsa serta tidak mudah busuk. 

Bagaimana? Ada cukup banyak pilihan usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa dicoba bukan? Walaupun dimulai dengan modal yang kecil, asalkan usaha ini dilakukan dengan telaten dan sungguh-sungguh, selalu ada kemungkinan usaha akan berkembang dan sukses.

Baca Juga: 5 Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner untuk Inspirasi Ide Jualan

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.