5 Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner untuk Inspirasi Ide Jualan

Contoh ekonomi kreatif kuliner bisa jadi inspirasi jualan dengan peluang cukup menguntungkan. Sektor kuliner sendiri telah berkontribusi pada industri

Contoh ekonomi kreatif kuliner bisa jadi inspirasi ide jualan Anda dengan peluang cukup menguntungkan. Sektor kuliner sendiri telah berkontribusi pada industri ekonomi kreatif sebanyak 30 persen dari total pendapatan sektor parekraf.

Ekonomi kreatif sendiri merupakan konsep ekonomi dengan mengoptimalkan potensi ide dan juga berbagai informasi dari banyak sumber secara terus menerus dan juga intensif. Bermanfaat untuk bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.

Ekonomi kreatif kuliner bukan hanya mengoptipmalkan potensi ide dan informasi saja tetapi juga memanfaatkan potensi dari kearifan loka atau budaya dari suatu wilayah atau daerah. Lebih jelasnya, simaklah artikel ini untuk mengetahui contoh ekonomi kreatif kuliner.

Mengetahui Pengertian Ekonomi Kreatif Kuliner

pengerian ekonomi kreatif
Sumber : Unsplash

Pada revolusi industri 4.0 saat ini, banyak orang yang mulai memunculkan ide-ide dan konsep inovatif serta menarik untuk mengalahkan kompetitor serta mendapatkan calon konsumen lebih banyak.

Hal tersebut bisa disebut sebagai ekonomi kreatif, jadi dapat didefinisikan ekonomi kreatif merupakan konsep baru dari bidang perekonomian dengan mengutamakan kekayaan intelektual sebagai poin utamanya.

Kecerdasan intelektual tersebut bisa menghasilkan pendapatan dan menciptakan kesejahteraan dalam kemasyarakatan dan juga paling penting membuka lapangan pekerjaan untuk anak-anak muda.

Perkembangan perekonomian dan kreativitas di Indonesia ini menurut Data Focus Economy outlook tercatat dapat PDB (produk domestik bruto) sebanyak 1,1 triliun pada sektor ini. Tiga sektor perekonomian kreatif yang jadi penyumbang terbesar adalah fesyen, kerajinan tangan dan juga kuliner.

Contoh ekonomi kreatif kuliner merupakan salah satu bidang dari ekonomi kreatif cukup populer. Terlihat dari setiap tahunnya selalu ada tren makanan baru seperti contohnya croffle yang dibuat dengan adonan croissant dimasak dengan pencetak waffle.

Ekonomi kreatif kuliner ini terus berkembang selama 10 tahun terakhir ini. Di Indonesia sendiri banyak orang yang sudah melakukan inovasi khususnya pada jajanan atau oleh-oleh khas setiap daerah sehingga terlihat lebih simpel, lucu, eyecatching dan membuat pelanggan teratarik.

Contoh ekonomi kreatif kuliner ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk melestarikan jajanan pasar dan “menaikkan level” karena banyak dijajakan juga sebagai salah satu menu di cafe atau restoran tempat nongkrong anak mudah sekarang.

Baca Juga : Ragam Contoh Iklan Makanan Sehat

Manfaat dari Ekonomi Kreatif Kuliner

manfaat ekonomi kreatif kuliner
Sumber : Unsplash

Contoh ekonomi kreatif kuliner ini memiliki banyak sekali manfaat baik, terlebih lagi di masa depan. Inilah manfaat-manfaat akan didapatkan dari ekonomi kreatif kuliner.

1. Inovasi Bisa Terus Dilakukan dan Berlanjut

Manfaat dari perekonomian kretivitas yang pertama adalah mendorong inovasi berkelanjutan karena sebuah produk diciptakan memiliki unsur kebaruan atau novelty.

Seperti seorang desainer yang harus terus menciptakan gaya desain secara rutin untuk menjaga pamornya agar tidak turun. Sebuah restoran atau tempat makan juga harus terus membuat menu baru untuk bisa menarik calon konsumen agar terus tertarik.

2. Tingkat Kreativitasnya Menjadi Lebih Tinggi

Sektor perekonomian ini sangat bergantung pada kreativitas, tanpa hal tersebut produk diciptakan tidak akan memiliki nilai unik dan juga harga yang tinggi. semua yang berada di industri ini wajib memiliki kreativitas tinggi.

3. Pengangguran Jadi Menurun

Pada bidang ini khususnya pada contoh ekonomi kreatif kuliner menghadirkan banyak sekali wirausahawan. Membuat mengurangi tingkat pengangguran karena orang memiliki keahlian tapi minim modal tetap bisa ikut bekerja pada usaha milik wirausahawan yang baru berdiri.

Jika wirausahawan kuliner semakin banyak bertumbuh, maka akan berdampak pada angka pengangguran menurun.

4. Lapangan Pekerjaan Baru Tercipta

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pada sektor ini khususnya di bidang kuliner berpotensi untuk melahirkan banyak sekali wirausahawan-wirausahawan baru. Sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru lebih banyak. 

Karena perlu diketahui ekonomi kreatif kuliner ini tidak harus memiliki modal yang terlalu besar. Asalkan Anda memiliki ide cemerlang sudah bisa langsung dieksekusi.

Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner buat Ide Jualan

contoh ekonomi kreatifkuliner
Sumber : Unsplash

Beberapa waktu terakhir, sudah banyak ide kreatif bermunculan di bidang kuliner ini. banyak diantaranya yang akhirnya menjadi tren dan viral. Jadi, berikut ini contoh dari ekonomi kreatif kuliner bisa menjadi inspirasi untuk Anda ciptakan ide lebih inovatif lagi.

1. Martabak Nutella

contoh ekonomi kreatif kuliner martabak nutella
Sumber : Qraved

Martabak merupakan salah satu streetfood asal Indonesia banyak digemari oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Martabak nutella merupakan hidangan martabak yang dicampur dengan topping selai cokelat nutella.

Kedua perpaduan antara martabak dan selai cokelat memang tidak pernah salah, hidangan contoh ekonomi kreatif kuliner ini sukses menarik banyak sekali pelanggan.

2. Keripik Pedas

contoh ekonomi kreatif kuliner keripik pedas
Sumber : Unsplash

Panganan ini tentu sudah tidak asing lagi, keripik pedas biasanya terbuat dari singkong yang dipotong setipis mungkin dan goreng hingga kering dan krispi. Lalu, agar mantap rasanya ditambahkan dengan bumbu pedas.

Keripik pedas merupakan salah satu contoh ekonomi kreatif kuliner sudah berhasil menembus pasar internasional salah satunya Amerika Serikat. Salah satu pembuat keripik pedas bahkan sudah memiliki pabriknya sendiri di Malaysia.

3. Cokelat Dodol

contoh ekonomi kreatif kuliner cokelat dodol
Sumber : Sevenkitchenpapers

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan oleh-oleh khas daerah Dodol, rasanya manis dan lengket membuat banyak orang menggemarinya. Beberapa waktu lalu, seorang perajin dodol menciptakan kombinasi unik mencampurkan cokelat dan juga dodol.

Contoh inovasi kreatif ini jadi menciptakan rasa cokelat yang unik karena dipadukan dengan manis dan kenyalnya dodol.

4. Bistik Tempe

contoh ekonomi kreatif kuliner bistik tempe
Sumber : Cookpad

Bistik dari daging sapi itu sudah biasa, tetapi bistik terbuat dari tempe belum pernah terpikirkan. Tempe ini dijadikan sebagai pengganti daging, sehingga cocok untuk Anda yang mengurangi makan daging atau vegetarian.

5. Dadar Gulung Rasa Cokelat

dadar gulung rasa cokelat contoh ekonomi kreatif kuliner
Sumber : Asianfoodnetwork

Dadar gulung merupakan jajanan tradisional biasanya berwarna ijo dan dalamnya diisi oleh gula dan kelapa. Contoh ekonomi kreatif kuliner dari dadar gulung adalah menggunakan cokelat sebagai salah satu variasi rasanya. 

Dadar gulung yang memiliki rasa cokelat ini merupakan salah satu makanan unik yang saat ini menjadi populer dikalangan anak muda.

Memanfaatkan industri kreatif 4.0 khususnya di bidang kuliner sangat harus dilakukan. Karena contoh ekonomi kreatif kuliner ini dapat memberikan kontribusi cukup signifikan untuk negara dan membuat unggul dari ide-ide kreatif yang tercipta.

Baca Juga : Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil dan Strateginya

Start your 30-day free trial