Pengertian dan 6 Strategi Jitu Membangun Customer Engagement Lewat Media Sosial

Customer engagement adalah suatu istilah yang kini sering dipakai dalam dunia bisnis. Istilah ini sendiri berhubungan antara produsen dan konsumen. Yuk, cari tahu pengertian dan strategi untuk melakukannya.

Customer engagement atau keterlibatan konsumen adalah suatu istilah yang saat ini sering dipakai para pelaku atau organisasi bisnis. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis atau usaha, penting untuk memahami konsep customer engagement.

Konsep customer engagement ini berkaitan dengan hubungan antara produsen dan konsumen. Jika Anda berhasil menciptakan customer engagement dalam jangka panjang, maka konsumen akan merasa puas dan akan semakin loyal terhadap produk atau jasa layanan yang Anda berikan.

Jika Anda ingin mempelajarinya lebih lanjut, simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Apa itu Customer Engagement?

Sumber: MindGYD.com

Dikutip dari berbagai sumber, customer engagement adalah keterikatan pelanggan, dimana hubungan komunikasi antara produsen dan konsumen terjadi. Hal itu dapat terjadi melalui suatu interaksi, reaksi, efek, atau pengalaman yang dirasakan pelanggan secara keseluruhan terhadap produk atau layanan jasa yang mereka pilih.

Keterlibatan pelanggan dalam proses pemasaran ini dapat melalui offline yaitu interaksi secara langsung dengan produsen atau melalui online dengan memakai media sosial seperti, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Menurut Cook (2011) dalam bukunya yang berjudul “Customer Care Excellent: How to Create Effective Customer Focus” mengatakan bahwa engagement tersebut melibatkan secara emosi maupun kognitif dan memiliki 3 variabel konsep yaitu:

  • Cognitive Attachment: Mengacu pada tahap kognitif konsumen, misalnya berbagi informasi dan pengalaman ke konsumen lain. Variabel ini berhubungan dengan bagaimana cara konsumen menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat, dan berpikir tentang suatu informasi mengenai sebuah perusahaan atau merek.
  • Attitudinal Attachment: Salah satu variabel pengukur customer engagement karena melingkupi tahap afeksi positif, yakni terbuka dengan pengalaman-pengalaman baru, dan keterlibatan secara sosial maupun secara interpersonal yang berhubungan dengan pengambilan sikap konsumen yang dapat meningkatkan pertumbuhan personal.
  • Behavioral Attachment: Mengacu pada perilaku atau partisipasi customer dalam upaya engagement perusahaan yang mampu membawa perubahan perilaku dan memotivasi perilaku customer lainnya. Strategi ini merupakan bentuk upaya untuk menciptakan hubungan yang kuat antara customer dan brand dengan engaging mereka ke dalam dialog komunikasi dua arah serta interaksi yang kooperatif. Keterlibatan ini harus mampu menyediakan dukungan sosial kepada merek tersebut.

Saat ini, perkembangan teknologi memudahkan pelaku bisnis untuk mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi. Salah satu media promosi yang paling efisien dan efektif untuk membangun customer engagement adalah media sosial melalui internet. 

Melalui media sosial, para pelaku bisnis tidak membutuhkan banyak biaya untuk mempromosikan produk-produknya dan jangkauannya lebih luas. Lantas, bagaimana cara membangun customer engagement yang baik melalui media sosial?

Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Dijamin Untung Besar

Cara Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial

Sumber: Digital4.com

Setelah mengetahui pengertian customer engagement, berikut adalah strategi membangun customer engagement dengan menggunakan media sosial.

1. Membangun Brand Voice

Umumnya, customer ingin terlibat dengan merek yang tidak hanya menjual produk, tetapi juga memiliki kepribadian dan identitas yang menarik. Oleh itulah Anda harus menentukan cara berkomunikasi dengan pelanggan.

Itulah yang dinamakan dengan brand voice. Menggunakan brand voice yang unik akan membuat merek Anda berbeda dari yang lainnya. Brand voice dapat mempersonifikasikan merek, sehingga dapat dihubungkan dan diingat oleh pelanggannya.

2. Posting Foto dan Video Bisnis Anda

Mem-posting foto atau video yang menarik terkait barang dan layanan jasa yang Anda tawarkan di media sosial dapat membuat customer semakin tergoda untuk memilih produk dan layanan jasa tersebut.

Agar postingan Anda terlihat menarik, Anda bisa memanggil fotografer atau videografer profesional untuk mengambil beberapa foto dari sampel produk kita Selain foto, rekamlah video singkat yang menjelaskan layanan jasa kita.

3. Responsif terhadap Feedback

Penting untuk bersikap responsif atas segala saran dan masukan yang diberikan pelanggan. Menunjukkan sikap responsif menunjukkan usaha Anda menjadi produsen yang baik untuk para customer

4. Kumpulkan Feedback

Selain responsif terhadap feedback, mengumpulkan feedback pelanggan adalah strategi customer engagement yang tidak boleh dilewatkan. Dari situ, Anda bisa semakin memahami kebutuhan mereka dan mengatur strategi customer engagement yang lebih menarik.

5. Mengadakan Kontes di Media Sosial

Kontes di media sosial dapat membantu Anda untuk memicu customer engagement dengan lebih cepat. Beberapa contoh yang sederhana adalah membuat giveaway atau kuis berhadiah untuk audiens Anda.

6. Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan Setia

Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan setia kita yang sudah ada sebelumnya adalah contoh baik dari customer engagement. Tetap setia menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan setia akan membuat mereka pelanggan akan semakin loyal dan bahkan mengajak orang-orang terdekat mereka untuk menggunakan produk atau layanan jasa kita. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti cara membangun customer engagement dengan para pelanggan kita? Jika sudah, saatnya bagi Anda untuk menerapkannya. Selamat mencoba.

Baca Juga: Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.