Menurut artikel dari Upserve.com yang membahas tentang Industry Statistics, 90% pelanggan akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengunjungi sebuah restoran. Dari hal tersebut, tentu sangat penting bagi sebuah restoran untuk memaksimalkan online presence-nya untuk menjangkau pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, dan menghasilkan lebih banyak penjualan.
Tujuan pemasaran restoran adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Sekarang kita tahu bahwa pelanggan menghabiskan sebagian besar hidup mereka secara daring—dan bahkan mengandalkan ulasan untuk membuat keputusan pembelian.
Kita biasanya memikirkan promosi, fotografi makanan, dan media sosial ketika berpikir tentang pemasaran. Walau membuat strategi branding itu penting untuk tetap kompetitif, jangan abaikan perubahan mudah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kehadiran online Anda lengkap dan tidak ketinggalan zaman. Pemasaran restoran yang baik dimulai dengan memastikan restoran Anda mudah ditemukan secara daring dengan sumber daya yang akurat (menu, waktu, tautan, dan info yang terkini) untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari upaya pemasaran Anda.
Kami telah menyusun daftar ceklis terbaik untuk restoran yang ingin meningkatkan kehadiran digital mereka di blog berikut ini. Sebelum membahas templat gratis, ide, dan praktik terbaik kami, mari kita lihat beberapa statistik terlebih dahulu.
Statistik ini menunjukkan bahwa opini pelanggan Anda sebagian besar dibentuk secara daring, dan pesaing yang lebih handal memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan jangkauan mereka. Namun, bagaimanapun kehadiran digital restoran Anda saat ini, akan selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan dan mulai menghasilkan lebih banyak penjualan.
Daftar ceklis kami memberi Anda alat gratis, ide, dan praktik terbaik untuk meningkatkan rencana pemasaran Anda dengan mudah! Unduh daftar ini dan lihat berapa banyak item yang dapat Anda centang hari ini.
Tahukah Anda bahwa rata-rata Listing Profil Google Business yang optimal mendapat tampilan 5x lebih banyak daripada listing yang belum optimal? Google pada dasarnya adalah buku telepon modern dan secara otomatis akan mengisi informasi di halaman Anda dengan apa yang ditemukannya—jadi hal pertama yang perlu dilakukan adalah pastikan untuk mengedit info di halaman Anda agar akurat.
Pastikan Anda mencantumkan jam, info kontak, dan alamat yang benar serta unggah menu lengkap yang terkini.
Menyertakan FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan) adalah cara strategis lain untuk menetapkan harapan pelanggan, menghasilkan penjualan baru, dan mengurangi waktu yang dihabiskan staf di telepon pada tahap sebelum kedatangan. Contoh pertanyaan meliputi: Apakah ada tempat parkir? Apakah Anda menawarkan pilihan gluten-free, dairy-free, atau plant-based? Bisakah saya membawa anjing saya?
Siapa yang restoran Anda ikuti di media sosial? Perluas daftarnya dengan pelanggan dan rekan restoran pada bagian ini. Ikut terlibat dalam posting makanan atau masakan khas Anda untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan lebih banyak pengikut.
Pastikan situs web Anda ditautkan di media sosial Anda, dan media sosial Anda tercantum di situs web Anda! Setiap akun restoran harus tercantum (di semua tempat) untuk menawarkan pelanggan Anda berbagai cara untuk menjangkau Anda.
Menggunakan tagar adalah cara yang efektif untuk mendapatkan momentum dari media sosial. Sertakan sekitar tiga tagar per posting yang berkaitan dengan masakan, kota, dan konten Anda.
Luangkan setidaknya sepuluh menit sehari untuk melihat-lihat tanda lokasi. Jika pelanggan memposting dari restoran Anda, pastikan untuk memposting ulang! Ajak pelanggan untuk menandai restoran saat memposting dengan @ Anda. Ajak pelanggan untuk menandai restoran Anda. Memaksimalkan konten buatan pengguna adalah cara gratis untuk mempromosikan bisnis Anda.
Cara termudah untuk menyempurnakan strategi pemasaran restoran Anda adalah dengan membuat rencana. Luangkan waktu tiga puluh menit pada hari pertama setiap bulan untuk mencatat hari libur atau acara yang akan datang pada bulan itu. Mungkin itu hari pertama musim panas, Minggu Kebanggaan, atau bahkan Hari Hot Dog Nasional! Baik acaranya besar atau kecil, mengidentifikasi momen untuk memposting tentang promosi pada waktu tertentu atau mengajak pelanggan untuk merayakannya di restoran Anda merupakan cara yang menjanjikan untuk mendapat lebih banyak pelanggan.
Bermitra dengan influencer makanan lokal: Pemasaran influencer sedang populer saat ini karena memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan banyak pengikut mereka secara langsung. Bermitra dengan influencer juga lebih mudah daripada yang Anda kira. Banyak micro-influencer sedang mencari pekerjaan yang layak, seperti memberi mereka makanan gratis atau pengalaman untuk kemudian dijadikan bahan postingan mereka.
Anda dapat bekerjasama dengan influencer yang sesuai dengan anggaran Anda. Tekan tombol kontak di profil IG influencer makanan di daerah Anda, kemudian tekan surel. Kirim pesan singkat menanyakan tarif mereka dan ungkapkan ketertarikan Anda terhadap jasa mereka. Tebarlah jaring yang luas dengan menghubungi lebih banyak orang.
Melangkah lebih maju dengan mengundang kritikus/blogger makanan lokal ke restoran Anda. Influencer dapat membantu Anda membangun kehadiran online, dan kritikus makanan dapat memberikan restoran Anda reputasi yang lebih baik dengan pengikut setia mereka.
93% pelanggan mencari menu online sebelum pergi makan ke luar atau memesan makanan, jadi pastikan untuk mencantumkan menu terbaru di situs web Anda. Profil Google Business, Facebook, dan sorotan IG. Menyediakan pelanggan Anda dengan item persis yang tersedia akan mengurangi waktu yang dibutuhkan staf Anda untuk menyampaikan info via telepon.
Seperti yang Anda ketahui, sangat penting untuk menciptakan kehadiran digital di zaman sekarang ini untuk menjangkau pelanggan, baik yang baru maupun yang sudah ada. Video sangat ramai digunakan saat ini dan akan seterusnya begitu. Reel Instagram/ TikTok tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan pengikut dan selalu diingat oleh pelanggan yang ada sekarang, tetapi membuat konten juga bisa menyenangkan! Berikut adalah beberapa ide untuk memulai:
1. Perkenalkan diri dan ceritakan kisah Anda: Karena Reel Instagram dirancang untuk konsumsi singkat, sampaikan posisi dan restoran Anda dengan perkenalan yang menarik. Tujukan untuk menyertakan a) nama Anda, nama restoran, dan lokasi, b) hidangan favorit Anda dalam menu, dan c) sebuah ajakan yang menggerakkan penonton Anda untuk mengunjungi restoran atau membuat pesanan.
2. Perkenalkan tim Anda: Memanusiakan restoran Anda dengan memperkenalkan tim Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan lagu dengan tema sitkom (contoh: Full House) sebagai musik latar dan minta setiap anggota tim melakukan gerakan lucu. Atau ikuti tren lucu dan terkini dengan memperkenalkan setiap anggota tim dengan tanda astrologi atau "red flag" mereka.
3. Berikan tips dan trik memasak: Buat posting Reels edukasi menggunakan keahlian koki Anda dengan trik memasak terbaik mereka. Contohnya mungkin “Cara memotong sayuran” atau "Bahan rahasia tak terduga untuk membuat makaroni dan keju terbaik."
4. Uji lagu yang sedang tren: Jangan malu untuk menggunakan tren yang terkini! Ikut serta dalam aksi viral menggunakan lagu-lagu yang sedang tren sebagai musik latar untuk konten makanan Anda.
5. Buat video ASMR yang menunjukkan bagaimana pesanan pengiriman dikemas: ASMR sangat diragukan akan ketinggalan zaman! Cukup tonton beberapa video ASMR untuk mendapatkan inspirasi, dan gunakan suara lembut kemasan untuk membuat Reels sensorik untuk penonton Anda.
Waktu terbaik untuk memposting adalah pada hari Senin antara pukul 9:00 – 13:00 (waktu setempat). Hindari memposting pada hari Sabtu. Perhatikan posting Anda yang memiliki performa terbaik, saat menerima direct message, dan perhatikan tingkat interaksi untuk memanfaatkan waktu terbaik memposting untuk pengikut Anda.
Lihat blog terakhir kami untuk belajar lebih dalam tentang tips branding dan fotografi.
Menyertakan promosi di aplikasi pihak ketiga merupakan insentif yang sangat baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang memesan dari restoran Anda. Menjalankan promosi di aplikasi pengiriman makanan dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk muncul di halaman depan setiap aplikasi.
Bagikan diskon, menu rahasia, pengurangan biaya pengiriman, atau kartu hadiah dengan mengadakan Giveaway. Wajibkan pengikut Anda untuk menandai teman dan memposting ke story mereka untuk ikut Giveaway guna meningkatkan interaksi.