Peluang Bisnis F&B dan Strategi Jitu Mendapatkan Investor

apa itu bisnis F&B atau sering disebut Food And Beverages, bisnis ini merupakan jenis usaha yang berjalan di bidang makanan dan juga minuman.

Peluang usaha Bisnis F&B masih besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Banyak orang yang sebenarnya memiliki keinginan untuk menjalankan usahanya dan mendapatkan kesuksesan.

Tetapi tidak jarang mereka mengurungkan niatnya karena melihat ketatnya persaingan pada sektor ini. wajar saja karena bisnis F&B Memiliki banyak sekali peminatnya dari mulai kalangan menengah hingga kelas atas.

pemilik usaha bisnis makanan dan minuman saling adu strategi pemasaran dan juga kreativitas untuk menarik perhatian pelanggannya. Sebelum memulainya pahami dulu bagaimana cara memulainya dan strategi yang tepat untuk mendapatkan investor.

Apa itu bisnis F&B Beserta Contoh Bisnis F&B Terkenal Di Indonesia

pengertian dan contoh f&b terkenal di indonesia
Sumber : HospitalityOn

Sebenarnya apa itu bisnis food dan beverages atau sering disebut F&B, bisnis ini merupakan jenis usaha yang berjalan di bidang makanan dan juga minuman. Bisnis F&B menjadi salah satu bidang untuk berbisnis dengat minat yang tinggi.

Bisa dilakukan dari mulai mahasiswa hingga pebisnis kelas atas, hal ini dikarenakan produk yang dijualnya salah satu kebutuhan yang akan selalu dicari oleh manusia. Jadi, bisnis F&B tidak akan ada matinya selama manusia masih hidup. 

Apalagi saat ini banyak pemilik usaha yang adu kreativitas untuk menciptakan produk yang tidak hanya enak tetapi juga unik berbeda dengan lainnya. Kreativitas dan keunikan dalam menciptakan produk dagangan sangat diperlukan.

Alasannya karena bisnis F&B salah satu kategori bidang usaha yang banyak sekali kompetitornya. Sehingga untuk mendapatkan konsumen yang banyak, Anda harus mencuri perhatian mereka dengan menjual produk tidak hanya enak tetapi juga unik. Banyak sekali contoh jenis usaha yang sukses di Indonesia.

Bahkan diantaranya telah berhasil menembus pasar luar negeri seperti Kopiko, brand permen kopi ini sempat viral beberapa waktu yang lalu karena diperkenalkan pada salah satu drama korea populer Vicenzo.

Permen asal Indonesia rasa kopi ini diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk yang sudah berdiri sejak tahun 90an. PT Mayora Indah Tbk ini salah satu perusahaan yang berjalan pada bisnis F&B terkenal di Indonesia dan beberapa produknya selain kopiko juga berhasil menembus pasar luar negeri dari mulai Asia hingga Inggris dan juga Amerika.

Perkembangan industri ini juga terjadi dari daya tariknya yang sangat kuat terutama pada market di Indonesia. Bahkan pada tahun 2019 lalu banak bisnis waralaba atau franchise banyak muncul dari mulai minuman boba, kedai kopi hingga masih banyak lagi.

Bagi pemula yang baru masuk ke industri ini memang diperlukan kepintaran dalam membuat produknya terlihat menarik dari mulai penampilan dari produknya hingga teknik marketing yang up to date memanfaatkan segala platform media sosial.

Baca Juga : Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Terbukti Berhasil

Tips Memulai Bisnis F&B

tips memulai bisnis f&b
Sumber : LabourBeat

Kompetisi pada sektor industri ini terbilang sangat sulit, sehingga tidak jarang membuat beberapa usaha terpaksa gulung tikar karena kurang diminati oleh masyarakat. Tidak cukup hanya modal enak saja, tetapi untuk memulainya Anda membutuhkan beberapa faktor lainnya.

Berikut ini cara memulai bisnis F&B agar tidak salah langkah agar bisa langsung dikenal oleh masyarakat luas.

1. Memiliki Pengetahuan dan Keahlian pada Bidang yang Dijalani

Menjadi pengusaha tidak cukup hanya memiliki modal saja, terutama jika berjalan pada bisnis makanan dan makanan seperti ini. Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang mumpuni bahkan hingga keahlian di bidang tersebut juga.

Ide unik dan juga inovasi kuliner baru akan ditemukan ketika seorang pemilik usaha memiliki pengetahuan dan juga keahlian yang baik pada sektor kuliner. Sehingga nantinya konsumen akan jadi tertarik dan penasaran dengan menu yang disajikan.

Usahakan juga produk yang dibuat itu tidak ada di tempat lain jadi setiap pengunjung akan kembali berkunjung untuk mendapatkan keunikan tersebut.

2. Membangun Citra Positif dan Juga Menjaga Reputasi

Membangun branding yang positif dapat membantu masyarakat semakin mengenali brand dari bisnis kulinernya. Selain itu setelah mendapatkan perhatian masyarakat, Anda harus pintar-pintar menjaga reputasinya.

Karena untuk membuat usaha kuliner yang bisa bertahan lama kunci utamanya adalah menjaga reputasi di mata masyarakat luas agar tetap positif. Citra positif ini bisa dibangun dari mulai menyajikan produk enak dan juga cita rasa khas.

Ditambah lagi dengan kualitas pekerja yang berkualitas sehingga pelanggan akan terpuaskan setelah pergi dari tempatnya.

3. Wajib Memilih Pemasok Bahan dengan Kualitas Unggulan

Kualitas dari bahan makanan nantinya akan mempengaruhi rasa makanan yang disajikan untuk pelanggan. Sehingga pemilihan pemasok bahan atau supplier wajib menjadi perhatian utama.

Pastikan untuk memilih pemasok yang memiliki bahan dasar berkualitas secara konsisten dan jujur. Karena ada saja supplier yang nakal dan menyelipkan bahan dasar yang rusak bersama bahan dasar yang berkualitas.

Strategi Mendapatkan Investor Untuk Bisnis F&B

strategi mendapatkan invstor f&b
Sumber : HarvardBusinessReview

Investasi di bidang usaha kuliner sering menarik minat investor untuk usaha-usaha yang sekiranya memiliki masa depan yang cerah. Dengan bantuan investor juga akan membantu bisnis F&B yang sedang di jalankan bisa berkembang dengan baik.

Tetapi untuk mendapatkan investor yang tertarik pada bisnis yang dijalankan Anda membutuhkan strategi yang matang. Karena mereka tidak mungkin asal mempercayakan uangnya pada sebuah tempat usaha untuk melakukan investasi.

Langkah yang perlu diperhatikan saat ingin mendapatkan investor yang pertama adalah matangkan terlebih dahulu konsep mengenai skema pengembangan usaha pada bisnis tersebut.

Pemilik usaha wajib untuk bisa meyakinkan calon investor bahwa usaha F&B akan mendatangkan keuntungan dan peluang sukses yang besar sehingga membuat mereka jatuhkan pilihan untuk berinvestasi pada usaha tersebut.

Selanjutnya adalah membuat prototipe dan produk yang sudah diinovasi terutama jika investor yang dituju merupakan pengusaha yang sudah lebih dulu terjun pada bisnis f&b. Tidak perlu menciptakan menu yang benar-benar baru tetapi cukup melakukan inovasi sehingga produk yang akan dijual nanti dapat menarik perhatian.

Yang paling penting dalam meyakinkan investor tentang produk Anda adalah terkait dengan monetasi. Pemilik usaha wajib untuk membuktikan bahwa produk yang dijual sudah laku dan memiliki market tersendiri di pasaran. 

Selain itu, pemilik usaha juga bisa meyakinkan bahwa bisnisnya tersebut sudah memberikan income. Mereka akan menilai bagaimana seorang pemilik usaha menjalankan dan mengolah bisnisnya tersebut.

Jika mereka melihat bahwa Anda memiliki sistem pengolahan usaha dengan baik, akan semakin besar kemungkinan mereka akan memberikan dana investasi pada usaha sehingga Anda bisa mulai untuk memperbesar bisnisnya.

Kunci Memperbesar Peluang Pada Bisnis F&B Saat Memulainya

kunci memperbesar peluang f&b
Sumber : TulsaHealthDepartement

Mengenai peluang usaha yang ada pada bisnis food dan beverages masih cukup menjanjikan. Industri ini masih menjadi kategori yang paling populer di tengah-tengah masyarakat khususnya pasar di Indonesia.

Itu sebabnya banyak sekali wirausahawan yang bisa sukses dari mulai pelajar, mahasiswa hingga pebisnis kelas atas. Alasan mereka bisa sukses pada bisnis F&B karena bisnis ini berhubungan dengan kebutuhan utama manusia.

Apalagi di indonesia sendiri memiliki populasi penduduk yang besar sehingga memperbesar peluang pada bisnis F&B ini. Tetapi yang perlu diperhatikan oleh pemula saat mulai menjalani usahanya adalah Anda harus siap untuk berkompetisi untuk mendapatkan perhatian masyarakat.

Karena menjadi salah satu bisnis populer, usaha kuliner ini juga memiliki tingkat persaingan yang tinggi. jadi setiap penjual harus bisa menonjolkan produknya dari mulai cita rasa, pengemasan dan juga promosinya. 

Serta yang paling penting kunci dari mendapatkan peluang saat menjalankan bisnis F&B adalah kesabaran dan konsisten karena untuk menjadi usaha yang besar dibutuhkan proses yang panjang.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Business Manager untuk Bisnis F&B

Start your 30-day free trial