How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

September 15, 2021

Bisnis makanan atau lainnya harus dimulai dengan terstruktur. Anda perlu membuat bisnis plan terlebih dahulu supaya usaha yang akan Anda jalankan lebih jelas arahnya. Untuk memudahkan, di bawah ini ada contoh bisnis plan makanan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Bisnis Plan Makanan Lengkap

Bisnis makanan selalu memiliki prospek yang bagus karena masyarakat akan membutuhkan makanan selamanya. Namun Anda tidak boleh memulai usaha di bidang ini dengan gegabah. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membuat bisnis plan terlebih dahulu seperti contoh di bawah ini.

1. Struktur Organisasi

Contoh Struktur Organisasi Restoran Dan Tugasnya
Source: Share Inspire

  • Nama perusahaan: Risol Mayo Yummy (Risol Mayo Yummy)
  • Bentuk usaha: manufaktur yang dikelola oleh perorangan
  • Jenis usaha: makanan ringan 
  • Alamat perusahaan: Jalan Dr. Cipto Nomor 11A, Kota Semarang

2. Visi dan Misi Perusahaan

Visi:

Menjadi perusahaan makanan ternama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan banyak relasi di penjuru dunia serta mengedepankan prinsip kesehatan serta bermanfaat bagi sesama.

Misi:

  • Menghasilkan produk risol mayo lebih lezat dibandingkan yang lain.
  • Mempunyai produk dengan kualitas paling tinggi dan memiliki manfaat yang tidak kalah tingginya.
  • Menjalin relasi bisnis ke negara-negara di dunia untuk mengembangkan bisnis.
  • Menjalin komunikasi dengan konsumen dan mitra dengan baik dan terintegrasi.
  • Menciptakan lapangan kerja baru sehingga dapat memberikan manfaat yang besar kepada sesama.

3. Deskripsi Usaha

Risol Mayo Yummy merupakan contoh rencana usaha di bidang kuliner atau makanan, lebih tepatnya risol mayo. Perusahaan ini melakukan proses produksi secara mandiri kemudian memasarkan produk tersebut. 

Ada pun kegiatan produksi dan penjualan dilakukan di alamat perusahaan. Untuk kelancaran usaha, Risol Mayo Yummy mempekerjakan beberapa karyawan.

Produk risol mayo yang ditawarkan oleh Risol Mayo Yummy ini masih setengah jadi. Yaitu berupa produk risol yang sudah siap untuk digoreng. Jadi, sebelum mengonsumsinya, konsumen dapat menggorengnya terlebih dahulu.

Produk ini dapat bertahan lama namun harus disimpan di dalam freezer. Sehingga dapat dijadikan sebagai stok atau persediaan di rumah. Risol mayo ini tersedia dalam berbagai isian yaitu ayam, smoked beef, kornet, dan mix.

Risol Mayo Yummy selalu menjunjung tinggi prinsip higienis dalam proses produksi, kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan, serta efisien bagi para konsumen. Harga produk Risol Mayo Yummy sangat terjangkau dan dikemas dengan baik sehingga kualitas produk terjaga.

4. Keterangan Pembuat Bisnis Plan

  • Pendidikan terakhir: SMK jurusan Tata Boga
  • Pengalaman kerja: head chef di restoran Sari Rasa selama 3 tahun

5. Segmentasi Pasar

Diagram untuk segmentasi pasar
Source: Quizziz

Dalam segmentasi pasarnya, Risol Mayo Yummy menyasar semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, bahkan lansia. Produk makanan ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan karena tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu, produk risol mayo dari Risol Mayo Yummy ini memiliki banyak manfaat karena terbuat dari bahan-bahan premium yang kaya akan zat gizi.

Namun untuk lebih khususnya, segmentasi pasar Risol Mayo Yummy cenderung diperuntukkan bagi anak-anak hingga remaja serta ibu rumah tangga. Alasannya adalah kalangan ini lebih menyukai produk camilan seperti risol mayo.

Karena pertimbangan tersebut, produk risol mayo dari Risol Mayo Yummy ini akan laku keras di lingkungan anak-anak dan remaja serta ibu rumah tangga.

6. Estimasi Jumlah Produk yang Disebar di Awal

Kalkulasi untuk estimasi jumlah produk yang disebar di awal
Source: SHRM
  • Harga: Rp 10.000
  • Lokasi: minimarket, supermarket, serta koperasi terdekat.
  • Kuantitas: 100 pcs
  • Jumlah total: Rp 1.000.000
  • Estimasi permintaan pasar: dua kali lipatnya, yaitu 200 pcs.

7. Keunggulan dan Kelemahan

Produk yang ditawarkan oleh Risol Mayo Yummy tentu belum sempurna dan masih membutuhkan banyak pengembangan. Namun hingga saat ini, ada beberapa keunggulan yang sudah dimiliki oleh produk risol mayo Risol Mayo Yummy, antara lain:

  • Memiliki banyak variasi rasa yang lebih lezat dibanding yang ada sebelumnya.
  • Terbuat dari bahan yang alami dan premium, diolah dengan higienis sehingga aman untuk semua kalangan tanpa ada efek samping.
  • Kualitas selalu terjaga karena menggunakan bahan-bahan yang segar dan diolah dengan higienis serta dikemas dalam kemasan kedap udara.
  • Harganya sangat terjangkau untuk sekelas produk premium.

Tentunya produk risol mayo dari Risol Mayo Yummy juga memiliki kelemahan berikut ini.

  • Harus selalu disimpan di freezer karena tidak menggunakan bahan pengawet kimiawi. Sehingga kurang tahan lama jika dibiarkan di suhu ruang.
  • Memerlukan minyak goreng dalam jumlah banyak untuk menghasilkan risol mayo yang sesuai dengan standar Risol Mayo Yummy.

8. Detail Produksi

Produk risol mayo terbuat dari tepung terigu, telur, air, serta tepung panir untuk kulitnya. Sementara isiannya terbuat dari ayam, smoked beef, kornet, sosis, wortel, kenteng, serta bahan pendukung lainya. 

Pertama, adonan kulit dibuat terlebih dahulu. Kemudian dimasak menggunakan alat masak teflon anti lengket sehingga tak memerlukan minyak. Setelah itu isian juga dibuat. Kemudian isian diletakkan ke kulit dan digulung.

Kulit dilapisi dengan telur dan dibaluri dengan tepung panir. Setelah itu, produk ini dimasukkan ke dalam kemasan plastik kedap udara dan dibekukan kembali. Seluruh proses produksi dijamin higienis.

9. Pemasaran

Training tentang Marketing
Source: Public Training

Pemasaran produk Risol Mayo Yummy dilakukan dengan beberapa metode antara lain dari mulut ke mulut, media sosial, dan relasi bisnis.

10. Pendapatan

Dalam satu kali produksi, Risol Mayo Yummy membutuhkan biaya sejumlah Rp 600.000 untuk membeli bahan baku sampai menjadi produk. Dalam satu bulan dilakukan 2 kali produksi dan menghasilkan bruto sebesar Rp 2.000.000. Jadi, keuntungan bersih yang didapatkan adalah Rp 800.000.

Bagaimana? Itu dia contoh penjabaran lengkap seputar bisnis plan makanan yang bisa Anda contoh untuk diterapkan pula pada bisnis F&B Anda. Selain beberapa penjabaran di atas, Anda juga dapat mengembangkannya menjadi lebih detail pada bagian rancangan pendapatan. Selamat mencoba membuat bisnis plan makanan Anda sendiri ya!

Artikel Terbaru

Tentang Hubster

Memperkenalkan Reports Dashboard Hubster

Reports baru kami yang diperbarui akan mencakup filter yang lebih mendalam, grafik yang dinamis, dan insight yang kompatibel dengan semua browser web dan seluler.

Cara Daftar TravelokaEats untuk Merchant & Driver

Traveloka Eats adalah layanan pemesanan makanan secara online dari Traveloka. Simak cara daftar TravelokaEats untuk merchant dan driver berikut ini jika Anda juga ingin tergabung!

How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

Kebingungan bagaimana cara menentukan harga jual makanan agar bisa mendapatkan untung? Tak perlu bingung, simak penjelasan lengkapnya di sini!

How to Succeed in Delivery

Tips dan Cara Foto Produk Makanan yang Menarik untuk Bisnis Anda

Memiliki visual produk yang menarik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis F&B. Simak cara foto produk makanan berikut sebagai referensi Anda.

How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Sedang mencari contoh bisnis plan makanan untuk bisnis F&B yang baru saja Anda mulai? Intip contoh lengkapnya di artikel berikut ini!

How to Succeed in Delivery

12 Contoh Iklan Produk Makanan beserta Gambarnya

Kumpulan contoh iklan produk makanan sebagai inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia F&B.

Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

Pelajari cara mendaftar ke beberapa platform pengiriman makanan untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, kehadiran, dan lainnya di restoran anda.

How to Succeed in Delivery

Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat dan Kegunaan

QRIS adalah sebuah metode pembayaran baru untuk dompet digital yang kini marak hadir di sekitar kita. Pahami apa itu QRIS beserta dengan kegunaannya berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan untuk Nambah Cuan!

Sedang mencari usaha sampingan untuk karyawan agar bisa menambah pemasukan? Kumpulan ide usaha sampingan karyawan ini bisa menjadi pilihan Anda!