6 Manfaat dan Cara Buka Toko Online untuk Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner online sangat menguntungkan dan perputaran uangnya cepat, sehingga cara buat toko online diperlukan bagi pemilik usaha ini.

Cara buat toko online merupakan salah satu hal dasar dan perlahan wajib dilakukan oleh pemilik bisnis kuliner. Saat ini peralihan menuju digitalisasi usaha sudah banyak diterapkan oleh pelaku bisnis ini.

Fenomena toko online dalam bisnis kuliner salah satunya disebabkan oleh mulai berubahnya perilaku konsumen dalam membeli makanan atau minuman. Pembeli bisa menggunakan jasa pengantar makanan atau menjemputnya setelah pesanan selesai dibuat. 

Namun, masih banyak pengusaha kuliner yang masih belum bermigrasi pada bisnis daring ini. Ketidaktahuan mereka mengenai manfaat hingga cara buat toko online bisnis ini masih belum banyak. 

Manfaat Membuat Toko Online Bagi Bisnis Kuliner

Sebelum yakin dan memutuskan memperluas usaha ke bidang online, Anda perlu mengetahui manfaat apa saja yang akan diperoleh. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

manfaat membuka toko online dalam bisnis kuliner adalah memperluas jangkauan pasar
Sumber: FreeKaaMaal

Karena memanfaatkan internet, jangkauan pemasaran dari produk Anda dapat menjadi lebih luas. Ada banyak calon pelanggan yang tidak merasa terhalang lagi oleh jarak maupun waktu untuk mendapatkan produk Anda.

Orang-orang yang terhalang jarak ataupun tidak ingin keluar rumah, tetap bisa mendapatkan makanan atau minuman Anda melalui jasa kurir atau ojek. Selain itu mereka juga bisa datang setelah pesanan selesai.

Cara buat toko online bisa dengan website toko online sendiri, atau juga bisa menggunakan marketplace terpercaya dengan jangkauan target konsumen yang lebih luas.

2. Mudah Menargetkan Konsumen

manfaat buka toko online untuk bisnis kuliner yaitu menargetkan pasar
Sumber: Bite Technology

Saat membuka toko offline, media promosi biasanya berupa banner, spanduk, maupun brosur. Cara ini kurang dapat memenuhi target dalam mencari konsumen baru. Karena orang yang menerima info belum tentu sesuai dengan kriteria yang cocok dengan bisnis.

Sedangkan jika melakukan pemasaran dan promosi secara daring, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk menerima pelanggan baru. Google Ads ataupun Facebook Ads akan mengarahkan iklan pada orang yang sesuai dengan kriteria Anda.

3. Lebih Efisien

manfaat buka toko online dalam bisnis kuliner adalah lebih efesien
Sumber: BSS Commerce

Manfaat ini akan sangat terasa bagi Anda sebagai penjual atau untuk pembeli. Metode pemesanan secara online dapat memangkas waktu dalam pelayanan, baik ketika mempersiapkan pesanan yang masuk, proses pembayaran, serta laporan penjualan.

Sedangkan pembeli dapat menghemat waktu mereka, sehingga hanya perlu menjemput makanan atau minuman saat semuanya sudah selesai. Atau efesiensi waktu lebih terasa, jika mereka memilih menggunakan jasa pengantaran.

Biaya merekrut pegawai juga akan banyak berkurang, terutama untuk kasir karena semua pemesanan bisa dipegang oleh aplikasi atau sistem online.

4. Mengelola Pesanan dengan Efisien

manfaat buka toko online dalam bisnis kuliner adalah dapat mengelola pesanan dengan efesien
Sumber: Matt Hagemann - Medium

Manfaat cara buat toko online ini akan lebih terasa bagi Anda yang menjalankan bisnis kuliner berupa warung, kafe, atau, restoran. Metode pemesanan online membuat pesanan langsung terlihat secara detail oleh tim masak, sehingga bisa dipersiapkan dengan rIsiko keliru kecil.

Pebisnis dapat menjaga waktu tunggu pelanggan dengan maksimal karena orderan dapat selalu dikerjakan sesuai urutan masuknya. Saat berada di jam sibuk dan pesanan membludak, Anda juga bisa menonaktifkan pemesanan sementara.

5. Mengurangi Potensi Merugi

manfaat buka toko online untuk usaha kuliner yaitu mengurangi potensi merugi
Sumber: Unsplash

Jika terjadi kesalahan saat mencatat pemesanan maupun transaksi pada metode manual, maka beban dan tanggung jawab ada pada penjual. Hal ini membuat pebisnis merugi, dari segi biaya dan tenaga.

Pada transaksi online, pelangganlah yang memilih menu dan menentukan kriteria lain pada pesanan. Sehingga kesalahan akibat mencatat dapat dihilangkan.

Kerugian juga bisa datang dari kecurangan oleh kasir saat proses pembayaran produk. Dengan sistem toko online, semua jejak transaksi tercatat dengan jelas.

6. Penjualan Meningkat

manfaat buka toko online untuk bisnis kuliner adalah penjualan meningkat
Sumber: Connect Marketing Group

Manfaat ini merupakan poin terpenting kenapa membuat toko online diperlukan. Pemasukan Anda akan semakin meningkat jika menggunakan dua pintu pelayanan, karena pelanggan yang tidak terbatas dan luas.

Baca Juga: 5 Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner Untuk Inspirasi Ide Jualan

Cara Buat Toko Online untuk Bisnis Kuliner

cara buat toko online untuk bisnis kuliner
Sumber: Pinterest

Setelah mengetahui semua manfaat membuat toko online, Anda bisa mulai mempersiapkan metode ini. Berikut langkah-langkah membuat website sendiri:

1. Memesan Domain dan Hosting

Pertama, Anda harus menyiapkan domain dan hosting. Domain adalah alamat yang akan ditulis oleh pengguna internet untuk membuka toko Anda. Sementara hosting adalah tempat penyimpanan data-data website agar bisa diakses.

Anda bisa menemukan penyedia hosting dan domain dengan mudah. Riset dan pilih penyedia yang sesuai.

2. Menggunakan CMS

CMS (Content Management System) adalah cara buat toko online yang memudahkan penjual ketika mengatur penampilan toko online beserta konten di dalamnya. CMS yang sering dipakai adalah WordPress, karena mudah dipakai.

3. Mengatur Toko

Ubah bagian pengaturan agar tampilan website lebih menarik dan sesuai dengan bisnis. Fitur gratis maupun berbayar dapat digunakan dalam mengatur tema website.

4. Memasang Plugin Khusus

Cara buat toko online selanjutnya adalah memasang plugin, seperti WooCommerce. Fitur pada plugin membuat toko semakin bagus performanya. Cukup isi data-data pelengkap ditanyakan. Ada banyak fitur yang memudahkan bisnis ke depan.

6. Mengisi Konten

Anda bisa mulai memasukkan produk dari bisnis kuliner, caranya dengan memilih menu Product dan klik Add New. Setelah itu masukkan informasi lengkap mengenai jualan, untuk memudahkan pembeli.

Sementara itu, cara buat toko online melalui marketplace lebih simpel dan cepat. Berikut beberapa langkah umum untuk membuatnya:

  • Membuat akun toko di marketplace pilihan.
  •  Melengkapi profil toko mulai dari nama, deskripsi, logo, banner, alamat, hingga jasa pengiriman.
  • Memasukkan nomor rekening bank untuk pencairan penjualan
  • Mulai jualan dengan memasukkan produk berupa foto hingga deskripsinya.

Meskipun terlihat sederhana dan cepat, Anda tetap harus memahami seluk-beluk bisnis berjualan kuliner melalui internet. Ada banyak teknologi hingga cara pemasaran yang terus berkembang. 

Bisnis kuliner juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, karena banyaknya produk sejenis. Pelanggan tidak akan datang jika Anda tidak memikat mereka.

Memanfaatkan media sosial atau menggunakan pemasaran yang menarik adalah salah satu aspek penting. Sehingga anda perlu untuk update informasi, tidak hanya sampai pada memahami cara buat toko online.

Baca Juga: Penerapan Contoh Soft Selling Makanan dan Keuntungannya

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial