Cara buat toko online merupakan salah satu hal dasar dan perlahan wajib dilakukan oleh pemilik bisnis kuliner. Saat ini peralihan menuju digitalisasi usaha sudah banyak diterapkan oleh pelaku bisnis ini.
Fenomena toko online dalam bisnis kuliner salah satunya disebabkan oleh mulai berubahnya perilaku konsumen dalam membeli makanan atau minuman. Pembeli bisa menggunakan jasa pengantar makanan atau menjemputnya setelah pesanan selesai dibuat.
Namun, masih banyak pengusaha kuliner yang masih belum bermigrasi pada bisnis daring ini. Ketidaktahuan mereka mengenai manfaat hingga cara buat toko online bisnis ini masih belum banyak.
Sebelum yakin dan memutuskan memperluas usaha ke bidang online, Anda perlu mengetahui manfaat apa saja yang akan diperoleh. Simak penjelasannya di bawah ini:
Karena memanfaatkan internet, jangkauan pemasaran dari produk Anda dapat menjadi lebih luas. Ada banyak calon pelanggan yang tidak merasa terhalang lagi oleh jarak maupun waktu untuk mendapatkan produk Anda.
Orang-orang yang terhalang jarak ataupun tidak ingin keluar rumah, tetap bisa mendapatkan makanan atau minuman Anda melalui jasa kurir atau ojek. Selain itu mereka juga bisa datang setelah pesanan selesai.
Cara buat toko online bisa dengan website toko online sendiri, atau juga bisa menggunakan marketplace terpercaya dengan jangkauan target konsumen yang lebih luas.
Saat membuka toko offline, media promosi biasanya berupa banner, spanduk, maupun brosur. Cara ini kurang dapat memenuhi target dalam mencari konsumen baru. Karena orang yang menerima info belum tentu sesuai dengan kriteria yang cocok dengan bisnis.
Sedangkan jika melakukan pemasaran dan promosi secara daring, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk menerima pelanggan baru. Google Ads ataupun Facebook Ads akan mengarahkan iklan pada orang yang sesuai dengan kriteria Anda.
Manfaat ini akan sangat terasa bagi Anda sebagai penjual atau untuk pembeli. Metode pemesanan secara online dapat memangkas waktu dalam pelayanan, baik ketika mempersiapkan pesanan yang masuk, proses pembayaran, serta laporan penjualan.
Sedangkan pembeli dapat menghemat waktu mereka, sehingga hanya perlu menjemput makanan atau minuman saat semuanya sudah selesai. Atau efesiensi waktu lebih terasa, jika mereka memilih menggunakan jasa pengantaran.
Biaya merekrut pegawai juga akan banyak berkurang, terutama untuk kasir karena semua pemesanan bisa dipegang oleh aplikasi atau sistem online.
Manfaat cara buat toko online ini akan lebih terasa bagi Anda yang menjalankan bisnis kuliner berupa warung, kafe, atau, restoran. Metode pemesanan online membuat pesanan langsung terlihat secara detail oleh tim masak, sehingga bisa dipersiapkan dengan rIsiko keliru kecil.
Pebisnis dapat menjaga waktu tunggu pelanggan dengan maksimal karena orderan dapat selalu dikerjakan sesuai urutan masuknya. Saat berada di jam sibuk dan pesanan membludak, Anda juga bisa menonaktifkan pemesanan sementara.
Jika terjadi kesalahan saat mencatat pemesanan maupun transaksi pada metode manual, maka beban dan tanggung jawab ada pada penjual. Hal ini membuat pebisnis merugi, dari segi biaya dan tenaga.
Pada transaksi online, pelangganlah yang memilih menu dan menentukan kriteria lain pada pesanan. Sehingga kesalahan akibat mencatat dapat dihilangkan.
Kerugian juga bisa datang dari kecurangan oleh kasir saat proses pembayaran produk. Dengan sistem toko online, semua jejak transaksi tercatat dengan jelas.
Manfaat ini merupakan poin terpenting kenapa membuat toko online diperlukan. Pemasukan Anda akan semakin meningkat jika menggunakan dua pintu pelayanan, karena pelanggan yang tidak terbatas dan luas.
Setelah mengetahui semua manfaat membuat toko online, Anda bisa mulai mempersiapkan metode ini. Berikut langkah-langkah membuat website sendiri:
Pertama, Anda harus menyiapkan domain dan hosting. Domain adalah alamat yang akan ditulis oleh pengguna internet untuk membuka toko Anda. Sementara hosting adalah tempat penyimpanan data-data website agar bisa diakses.
Anda bisa menemukan penyedia hosting dan domain dengan mudah. Riset dan pilih penyedia yang sesuai.
CMS (Content Management System) adalah cara buat toko online yang memudahkan penjual ketika mengatur penampilan toko online beserta konten di dalamnya. CMS yang sering dipakai adalah WordPress, karena mudah dipakai.
Ubah bagian pengaturan agar tampilan website lebih menarik dan sesuai dengan bisnis. Fitur gratis maupun berbayar dapat digunakan dalam mengatur tema website.
Cara buat toko online selanjutnya adalah memasang plugin, seperti WooCommerce. Fitur pada plugin membuat toko semakin bagus performanya. Cukup isi data-data pelengkap ditanyakan. Ada banyak fitur yang memudahkan bisnis ke depan.
Anda bisa mulai memasukkan produk dari bisnis kuliner, caranya dengan memilih menu Product dan klik Add New. Setelah itu masukkan informasi lengkap mengenai jualan, untuk memudahkan pembeli.
Sementara itu, cara buat toko online melalui marketplace lebih simpel dan cepat. Berikut beberapa langkah umum untuk membuatnya:
Meskipun terlihat sederhana dan cepat, Anda tetap harus memahami seluk-beluk bisnis berjualan kuliner melalui internet. Ada banyak teknologi hingga cara pemasaran yang terus berkembang.
Bisnis kuliner juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, karena banyaknya produk sejenis. Pelanggan tidak akan datang jika Anda tidak memikat mereka.
Memanfaatkan media sosial atau menggunakan pemasaran yang menarik adalah salah satu aspek penting. Sehingga anda perlu untuk update informasi, tidak hanya sampai pada memahami cara buat toko online.