Manfaat Payment Gateway dan Cara Kerjanya untuk Bisnis Online

Ada banyak manfaat Payment Gateway yang mempermudah proses pembayaran yang bisa dirasakan baik oleh pembeli maupun penjual, selengkapnya simak.

Payment Gateway merupakan solusi paling tepat untuk membuat proses pembayaran menjadi mudah dan jauh lebih akurat. Ini merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha online.

Ini merupakan layanan yang memudahkan proses transaksi antara pembeli dan penjualnya. Sehingga dapat membuat toko online memastikan metode pembayaran berjalan dengan baik.

Metode pembayaran yang biasanya dipakai adalah transfer melalui bank, menggunakan kartu kredit, Virtual Account, melalui dompet digital atau juga gerai minimarket. Berikut ini manfaat, cara kerja dan rekomendasi yang bisa diterapkan pada bisnis online Anda.

Manfaat Payment Gateway untuk Transaksi Online

manfaat payment gateway
Sumber : Unsplash

Mengenai metode pembayaran pastikan akan berkaitan dengan informasi penting dari customer, toko online itu sendiri dan juga rekening bank. Tidak perlu khawatir mengenai keamanannya dengan payment ini terdapat standar yang ketat.

Karena mengadopsi tiga standar keamanan yaitu address verification system, card security code dan juga terakhir 3D secure password. Karena keamanannya terjamin, pemilik usaha tidak perlu khawatir lagi untuk menerapkan payment gateway untuk mempermudah pembayarannya.

Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa dirasakan baik untuk pembeli atau penjual dalam bertransaksi online.

1. Tidak ada batas jumlah transaksi

Transaksi bisa dilakukan tanpa batas bahkan ketika toko Online Anda sedang ramai pengunjung. Kelebihan menggunakan sistem ini adalah walaupun memiliki transaksi tanpa batas tetapi pengelolaannya sangat baik dan akurat.

2. Dapat Menjangkau Konsumen hingga Luar Negeri

Dengan memanfaatkan payment Gateway, bisnis yang dijalankan akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen lebih luas bahkan sampai luar negeri. Karena dengan pilihan metode pembayaran lebih banyak bisa disesuaikan dengan cara paling mudah bagi konsumennya.

3. Transaksi Online Bisa Dilakukan dengan Cepat

Transaksi online bisa menjadi lebih mudah dengan proses cepat dengan menggunakan payment gateway menjadi lebih cepat daripada melakukannya secara manual. Karena proses transaksinya akan berjalan secara otomatis dan lebih akurat.

Tanpa menggunakan sistem ini, pembeli biasanya harus melakukan transfer bank secara manual lalu melakukan konfirmasi pembayaran pada penjual. Lalu penjual harus membuat invoice secara manual.

Cara ini lebih lama dan cukup merepotkan, apalagi jika pesanan yang datang sedang banyak-banyaknya. Ini akan berpengaruh pada kualitas pelayanan lebih lama.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat dan Penggunaan QRIS

Cara Kerja dari Payment Gateway Sederhana

cara kerja payment gateway
Sumber : Unsplash

Cara kerja dari sistem pembayaran ini sebenarnya sangat sederhana dan praktis. Sehingga sangat mudah untuk diterapkan pada bisnis online Anda. Berikut ini penjelasan sederhana dari payment gateway.

1. Konsumen melakukan transaksi

Langkah pertama adalah konsumen atau pembeli memilih produk yang ingin dibelinya. Lalu memilih metode pembayaran yang disediakan oleh toko onlinenya dari mulai transfer bank, virtual account, e-wallet dan lainnya sampai melakukan checkout.

2. Data Pembelian Dikirimkan Ke Penyedia Payment Gateway oleh Toko Online

Data pembelian tersebut akan dikirimkan langsung oleh toko online kepada penyedia layanan dan konsumen melakukan pembayaran. Transaksi tersebut akan dilanjutkan pada bank atau institusi keuangan terkait.

3. Proses Konfirmasi dari Bank atau Institusi Keuangan

Langkah selanjutnya adalah adalah transaksi tersebut akan melalui proses di bank atau institusi keuangan terkait. Proses ini bisa saja ditolak karena data keliru atau terdapat kesalahan lainnya.

4. Notifikasi Dikirim oleh Layanan Payment Gateway 

Setelah transaksinya dikonfirmasi oleh bank atau institusi keuangan terkait, penyedia layanan ini akan memberikan notifikasi kepada toko online tersebut mengenai berhasil atau tidaknya transaksinya.

Jika sudah berhasil maka, toko online tersebut akan menerima pembayaran yang sudah dilakukan oleh konsumen.

Rekomendasi Payment Gateway untuk Bisnis Online Anda

Keuntungan dari menggunakan sistem pembayaran praktis ini harus dimanfaatkan oleh pemilik usaha. Karena bukan penjualnya saja yang merasa mudah, konsumen juga akan merasakan manfaat karena terdapat banyak sekali metode pembayaran yang bisa dipilih.

Di Indonesia ada beberapa layanan yang bisa digunakan. berikut ini rekomendasi penyedia layanan ini yang terbaik di Indonesia.

1. DOKU

payment gateway Doku
Sumber : Doku

DOKU merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2007, memiliki lebih dari 150 ribu mitra dan digunakan oleh kurang lebih 3 juta pengguna aktif. Biasanya mitra yang menggunakan DOKU berasal dari UMKM sampai perusahaan besar.

Banyak yang memilih DOKU sebagai penyedia layanan payment gateway terbaik karena memiliki fitur-fitur menarik. Salah satunya adalah menyediakan layanan pembayaran variasi dari mulai melalui website, link invoice dan masih banyak lagi.

2. Espay

rekomendasi payment gateway Espay
Sumber : Espay

Espay cukup unik karena menjadi salah satu yang menyediakan layanan B2C2B. B2C2B adalah Espay dapat menerima pembayaran yang dilakukan oleh pembeli langsung diteruskan kepada supplier atau jasa delivery.

Jadi, tidak perlu repot lagi input ulang status pembayaran karena sudah otomatis. Sistem keamanannya tidak perlu dipertanyakan karena menggunakan Fraud Detection system untuk mencegah penggunanya terkenal penipuan.

3. PrismaLink

rekomendasi payment gateway PrismaLink
Sumber : PrismaLink

Selanjutnya, Prismalink salah satu penyedia layanan payment fateway dengan fitur keamanan paling baik. Beberapa yang sudah memanfaatkan Prismalink adalah KitaBisa, Kalbe, serta ACT.

Prismalink telah memiliki sertifikat PCI DSS, sehingga menjamin transaksi baik melalui debit atau kredit menjadi lebih aman dan terlindungi. Selain itu Primalink juga dilengkapi dengan fitur 3DS sehingga penggunanya bisa melakukan verifikasi dua langkah saat melakukan transaksinya.

4. Duitku

rekomendasi payment gateway Duitku
Sumber : Duitku

Duitku adalah payment gateway dari Indonesia sudah berizin dari Bank Indonesia, banyak dilakukan oleh pelaku usaha online sampai perusahaan seperti contohnya Metrodata, Kimia Farma, dan masih banyak lagi.

Duitku membuat transaksinya menjadi lebih transparan, harga yang jelas dan juga tetap kompetitif. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan adalah kartu kredit, Virtual Account, E Wallet, Minimarket, Indodana dan juga terakhir Qris.

Keunggulan lainnya yang akan didapatkan dengan menggunakan Duitku adalah memiliki layanan dan customer service yang sangat baik. Semua pertanyaan akan dibantu jawab oleh mereka sampai penggunanya benar-benar mengerti dari mulai masalang registrasi, operasional dan lainnya.

Untuk bisa memilih layanan paling baik untuk diterapkan dalam bisnis online Anda. Pelajarilah terlebih dahulu mengenai berbagai manfaat yang akan didapatkan dari payment gateway tersebut dari mulai banyak metode pembayaran yang didukung, instalasi mudah, proses cepat dan masih banyak lagi.

Cari tahu: Rekomendasi Aplikasi Payment Gateway Indonesia Terbaik

Start your 30-day free trial