How to Succeed in Delivery

Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat dan Kegunaan

August 26, 2021

Saat ini, untuk bertransaksi sesuatu sudah semakin mudah. Sistem pembayaran pun sudah semakin maju. Tak hanya dapat menggunakan uang tunai dan kartu debit/kredit, pembayaran memakai QRIS telah menjadi salah satu pilihan yang marak digunakan. Sudah tahukah Anda apa itu QRIS?

QRIS adalah sebuah metode pembayaran baru yang sudah lebih modern dan mendukung pembayaran digital. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi seputar QRIS, manfaatnya, serta cara untuk mendapatkannya.

Apa Itu QRIS?

Sebelum membahas QRIS, apakah Anda tahu apa itu QR Code? QR Code merupakan barcode dua dimensi yang dapat dipindai menggunakan kamera untuk memberikan informasi kepada pengguna. 

Fungsi dari QR Code ini amatlah banyak, mulai dari memberikan informasi produk, mengarahkan pengguna ke URL atau aplikasi tertentu, dan masih banyak lagi.

Sementara QRIS, adalah kependekan dari istilah Quick Response Indonesian Standard yang mana merupakan sebuah program yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) sebagai standar pembayaran digital atau online di Indonesia.

Program QRIS dibuat untuk tujuan kepraktisan dalam transaksi pembayaran. Seperti yang telah Anda ketahui, di Indonesia sendiri ada banyak sekali dompet digital. Contohnya adalah OVO, Dana, LinkAja, Gopay, dan masih banyak lagi.

Jika masing-masing dompet digital memiliki QR Code berbeda, tentu akan sangat merepotkan para pedagang maupun pembeli. Oleh sebab itu, QRIS diciptakan dan bisa dipindai dengan mudah melalui semua dompet digital resmi di Indonesia. 

Kenapa Pedagang Harus Punya QRIS?

Jika melihat perkembangan teknologi saat ini yang sudah semakin canggih, para pelaku bisnis juga tidak boleh tertinggal untuk "terjun" ke dunia digital tersebut. Dan salah satu caranya adalah dengan memiliki QRIS sebagai alternatif pembayaran untuk konsumen. Jika ditanya mengapa QRIS penting untuk dimiliki oleh para pedagang, berikut beberapa alasannya:

1. Proses transaksi akan jadi lebih praktis

pembayaran untuk transaksi secara lebih gampang dengan mobile payment
Source: Leap of Tech Blog

Saat ini dunia berjalan dengan begitu cepat. Orang lebih senang dengan kecepatan dan proses yang serba instan, tak terkecuali dalam hal bayar membayar. Jika ada yang praktis kenapa harus pakai cara lama yang lebih rumit? 

Nah, QRIS mampu menjawab keinginan sebagian besar masyarakat yang menyukai kepraktisan dalam bertransaksi. Cukup scan QRIS dan bayar. Hanya dengan dua-tiga kali klik, pembayaran pun lunas. Sebagai penjual, Anda juga tak perlu repot-repot menyiapkan uang kembalian. 

Selain itu Anda juga tak perlu menyiapkan banyak QR code untuk masing-masing dompet digital. Cukup sediakan satu QRIS dan pelanggan dapat melakukan pembayaran dari aplikasi apa pun yang mendukung.

2. Antisipasi peredaran uang palsu

pembandingan uang palsu dan uang asli
Source: Tribunnews

Peredaran uang palsu juga sudah sejak lama menjadi momok menakutkan bagi para pedagang. Terlebih lagi untuk pedagang kecil. Pernahkah Anda berpikir kenapa uang palsu bisa beredar dan memakan banyak korban?

Penyebabnya adalah transaksi tunai. Di sini, oknum pengedar uang palsu punya kesempatan besar untuk mengelabui pedagang dengan uang imitasi untuk mendapatkan keuntungan. 

Kalau pedagang menerapkan pembayaran menggunakan QRIS, peluang terjebak uang palsu akan sangat kecil. Bahkan tidak ada kemungkinan itu sama sekali. Pasalnya, pembayaran dilakukan secara digital dan uang yang masuk ke pedagang berasal dari pemotongan saldo pembeli secara otomatis.

3. Memudahkan analisis dan pantauan cashflow

Analisa untuk bisnis Fnb lewat visualisasi data
Source: Yahoo Bisnis

Dalam mengelola bisnis, cashflow atau arus kas haruslah selalu dipantau dan dicatat secara detail. Tujuannya adalah untuk mempermudah perhitungan omzet, laba, dan rugi. Jika menggunakan QRIS, Anda akan mendapatkan laporan dari setiap uang yang masuk.

Semua transaksi terekam dengan sangat jelas dan detail. Rincian seperti asal dana masuk, jumlah, dan waktu transaksi akan dilaporkan secara real time dan otomatis oleh sistem. 

Dengan begitu, pedagang tidak perlu melakukan pencatatan secara manual dan cashflow pun dapat dipantau dengan mudah.

Manfaat QRIS Untuk Customer

QRIS tidak hanya dibuat untuk memudahkan para pedagang. Pembeli pun dapat diuntungkan oleh sistem standardisasi pembayaran digital yang satu ini. Alasannya adalah:

1. Tak perlu repot membawa uang tunai

Scan barcode di hp untuk melakukan pembayaran

QRIS sangat memberikan kemudahan, terutama untuk mereka yang menyukai transaksi cashless. Customer tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana. Pasalnya, saldo di e-wallet atau rekening bank akan otomatis terpotong jika melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

2. Bisa mendapatkan banyak promosi menarik

Promosi seperti diskon untuk meningkatkan penjualan
Source: HSBC Indonesia

Salah satu hal yang paling disukai oleh customer adalah promosi, entah itu berupa diskon maupun cashback. Kalau Anda menyukai dua hal tersebut, gunakanlah e-wallet dan lakukan pembayaran memakai QRIS ketika berbelanja.

Umumnya, e-wallet atau m-banking mengadakan event promosi di hari spesial seperti hari raya, tahun baru, bahkan tanggal cantik seperti 7 Juli, 8 Agustus, 9 September, dan seterusnya. Jika ada event promosi seperti ini, biasanya akan ada pemberitahuan di aplikasi.

3. Banyak alternatif pembayaran

Alternative pembayaran untuk transaksi cashless
Source: WinPay

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, QRIS ini bisa discan dan dibayar menggunakan berbagai aplikasi e-wallet. Jadi, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan aplikasi m-banking atau e-wallet apa pun. Pilih saja aplikasi yang sedang mengadakan event promosi.

Langkah-langkah serta Cara Registrasi QRIS

Jika Anda adalah pedagang dan ingin memiliki QRIS di toko ataupun lokasi usaha, sebaiknya lakukan registrasinya sekarang juga. Salah satu metode untuk mendapatkan QRIS adalah melalui website resminya, qris.id. Berikut langkah-langkah registrasi QRIS dengan mudah dan lengkap:

1. Buka browser kemudian kunjungi alamat berikut https://qris.id/register/now.php?idir=pages/registration.php

2. Pilih jenis usaha yang akan didaftarkan

3. Masukkan nama Anda sebagai pemilik usaha. Nama ini harus sesuai dengan KTP

4. Isikan nomor HP Anda yang terhubung dengan Whatsapp serta alamat email

5. Masukkan nama usaha yang nantinya akan muncul saat QRIS di-scan

6. Klik Lanjut

7. Lakukan pembayaran sebesar Rp 25.000

8. Registrasi akan berhasil dan ditindaklanjuti kurang lebih 14 hari setelah proses pengisian form dan pembayaran

Mudah sekali bukan? Itulah penjelasan lengkap seputar apa itu QRIS hingga bagaimana cara registrasi QRIS untuk bisnis Anda. Sekali lagi, apabila Anda menjalani sebuah bisnis, sebaiknya segera daftarkan bisnis Anda ke QRIS untuk menambah metode pembayaran di lokasi usaha yang tersedia. 

Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Cara Menentukan Harga Jual Makanan Agar Untung

Kebingungan bagaimana cara menentukan harga jual makanan agar bisa mendapatkan untung? Tak perlu bingung, simak penjelasan lengkapnya di sini!

How to Succeed in Delivery

Tips dan Cara Foto Produk Makanan yang Menarik untuk Bisnis Anda

Memiliki visual produk yang menarik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis F&B. Simak cara foto produk makanan berikut sebagai referensi Anda.

How to Succeed in Delivery

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Terbukti Berhasil

Sedang mencari contoh bisnis plan makanan untuk bisnis F&B yang baru saja Anda mulai? Intip contoh lengkapnya di artikel berikut ini!

How to Succeed in Delivery

12 Contoh Iklan Produk Makanan beserta Gambarnya

Kumpulan contoh iklan produk makanan sebagai inspirasi dan referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia F&B.

Mengapa restoran anda harus berada di lebih dari satu layanan pengiriman makanan

Pelajari cara mendaftar ke beberapa platform pengiriman makanan untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, kehadiran, dan lainnya di restoran anda.

How to Succeed in Delivery

Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat dan Kegunaan

QRIS adalah sebuah metode pembayaran baru untuk dompet digital yang kini marak hadir di sekitar kita. Pahami apa itu QRIS beserta dengan kegunaannya berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan untuk Nambah Cuan!

Sedang mencari usaha sampingan untuk karyawan agar bisa menambah pemasukan? Kumpulan ide usaha sampingan karyawan ini bisa menjadi pilihan Anda!

How to Succeed in Delivery

Ingin Tahu Contoh Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan? Berikut Pilihannya!

Ada banyak contoh usaha modal kecil yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk memulai bisnis. Simak pilihannya di artikel berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Bagaimana kabar restoran Anda? Pelajari bagaimana Anda dapat meningkatkan penjualan dan efisiensi dengan Hubster

Bagaimana insight & solusi analitik Hubster dapat membantu Anda mengembangkan bisnis pengiriman secara gratis.