6 Cara Promosi Makanan di WA beserta Tipsnya

Cara promosi makanan di wa ini tentunya efektif, karena hampir semua orang di Indonesia pasti menggunakan aplikasi Whatsapp

Anda perlu sekali mengetahui cara promosi makanan di WA apabila mempunyai bisnis kuliner. Sebab, aplikasi berkirim pesan instan ini hampir dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia.

Sehingga, sangat efektif apabila Anda menawarkan produk kepada para pengguna WhatsApp. WA sekarang ini bukan hanya sekedar media berkirim pesan saja. Namun juga berkirim berbagai jenis file sampai promosi dan jual beli produk.

Sebab fungsinya yang semakin luas, banyak sekali pemilik bisnis yang mempunyai akun WA khusus. Akun tersebut fokus digunakan sebagai media promosi dan mengatur pesanan konsumen.

Anda juga bisa mempunyai akun WhatsApp khusus untuk bisnis. Sehingga usaha promosi yang dilakukan dapat berjalan lebih maksimal, tidak tercampur dengan berbagai keperluan pribadi.

Cara Promosi Makanan di WA Memakai Konten

cara promosi makanan di wa dengan konten
Sumber: ElEspanol

Ketika ingin melakukan promosi, banyak orang bertanya-tanya mengenai konten. Konten seperti apa yang bisa dibagikan melalui WhatsApp dan bisa menarik banyak orang. Mari menyimak penjelasan berikut.

1. Status Story Menarik

Cara promosi makanan di WA pertama ialah membuat status story yang menarik. Contohnya berkaitan dengan deskripsi produk. Jangan hanya menjelaskan spesifikasi produk layaknya sebuah benda mati. Sampaikan mengenai bagaimana rasa makanan bisa menggugah selera.

Contohnya saja berkaitan dengan makanan pedas, jangan menjelaskan berapa banyak kilogram cabai yang dimasukkan ke dalamnya. Namun jelaskan seberapa parah level pedas yang Anda tawarkan.  

Sampaikan juga manfaat mengenai mengonsumsi makanan pedas. Sehingga pengguna WhatsApp akan tertarik untuk membelinya. Jangan lupa untuk membagikan hasil testimoni para konsumen. 

Pastikan Anda mengunggah status story yang bervariasi sehingga pengguna lain tidak merasa bosan. Contohnya pagi hari mengunggah informasi makanan. Kemudian siang hari mengirim testimoni pelanggan.

2. Membagikan Katalog Produk

Cara promosi makanan di WA berikutnya ialah membagikan katalog makanan. Ketika Anda sudah mempunyai berbagai produk, buatlah sebuah katalog. Tujuannya Supaya calon konsumen mengetahui produk apa saja yang Anda jual.  

Katalog tidak hanya berguna menyampaikan informasi menu. Namun juga dapat menarik minat calon konsumen. Saat mereka melihat katalog, bisa saja salah satu makanan berhasil menggugah selera sehingga muncul minat untuk memesan.

3. Diskon 

Memberi diskon merupakan cara promosi makanan di WA yang paling menarik. Mengapa? Karena semua orang menyukai diskon atau potongan harga. Anda pasti pernah melihat orang-orang berebut barang diskon di mall bukan? 

Ketika Anda menerapkan diskon pada produk, maka akan banyak orang yang kemudian tertarik untuk memesan. Misalnya saja potongan harga sekian persen. Bisa pula beli dua gratis satu. 

Baca Juga: Memahami Tahapan Riset Pasar, Fungsi dan Jenisnya

Bagaimana Cara Mengirim Promosi di WA

cara mengirim promosi di wa
Sumber: BBC

Setelah mengetahui seperti apa konten yang menarik bagi calon konsumen, berikutnya bagaimana cara mengirimkannya. Jadi ada banyak cara yang bisa dipakai, simak informasinya berikut.

1. Status 

Semua orang sepertinya sudah akrab dengan yang namanya status WhasApp. Update konten di status ini bukan dilakukan satu kali saja. tetapi dilaksanakan secara rutin setiap hari.  

Update status dengan berbagai konten menarik untuk menghindari calon konsumen merasa bosan. Menggunakan status akan membuat para pengguna WA mengetahui bahwa Anda memiliki bisnis kuliner dan makanan apa saja yang dijual.

Cara promosi makanan di WA mungkin pada awalnya hanya dilihat saja oleh orang yang menyimpan kontak nomor Anda. Namun tidak perlu khawatir, jika konten menarik lama-lama mereka akan penasaran dengan produk yang Anda promosikan.

Biasanya, update status ini perlu dilakukan tiga sampai lima kali sehari. Dengan mengunggah konten yang bervariasi. Semakin sering mengunggah status, maka semakin banyak orang yang akan melihatnya. 

2. Grup 

Selain memakai status, Anda juga bisa menerapkan cara promosi makanan di WA  melalui grup. Anda bisa menciptakan grup khusus untuk menampung para pelanggan. Kemudian memberikan layanan khusus untuk mereka. 

Misalnya saja memberikan promo potongan harga khusus pelanggan. Namun, jangan gunakan grup hanya untuk promosi saja. Anda juga perlu membangun hubungan sosial dengan mereka sehingga tercipta kenyamanan bersama.

3. Pesan Siaran

Jika ingin menjangkau semua nomor yang tersimpan dalam ponsel, maka gunakan metode pesan siaran. Anda bisa memakai kata-kata promosi yang persuasif sehingga mampu menarik minat calon konsumen. 

Pesan promosi persuasif biasanya memuat keunggulan produk dengan menyertakan foto. Sehingga calon konsumen bisa membandingkannya dengan produk sejenis dan mengetahui bahwa produk Anda jauh lebih baik.

Tips Menyusun Kata Promosi di WA

tips menyusun kata promosi di wa
Sumber: Werknet

Ketika ingin menerapkan cara promosi makanan di WA, sudah pasti perlu memikirkan mengenai kata. Harus menggunakan kata-kata yang menarik sehingga mampu membuat orang berminat untuk membeli produk.   

1. Kalimat Solutif

Kalimat solutif cukup efektif ketika dipakai dalam promosi. Alasannya adalah karena mampu menunjukkan kepada calon konsumen bahwa Anda memahami permasalahan mereka. Sehingga mampu memberikan solusi berupa produk yang ditawarkan.

Memakai kalimat solutif akan menaikkan kepercayaan calon konsumen. Karena berpikir bahwa Anda buka hanya menjual makanan. Namun ikut membantu mengatasi masalah. Misalnya saja Anda mempunyai bisnis katering khusus diet.

Anda menyampaikan bahwa kelebihan berat badan mempunyai banyak dampak negatif. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan diet. Namun, banyak yang beranggapan bahwa diet itu menyakitkan. 

Kemudian Anda menyampaikan bahwa sekarang ini diet mudah dilakukan. Cukup dengan memesan katering secara mudah dan praktis. Maka lemak di tubuh akan berkurang. Kemudian berat badan menjadi ideal. 

2. Memakai Atensi 

Cara promosi makanan di WA selanjutnya adalah memakai diksi atensi. Dengan memakai diksi atensi, Anda bisa memperoleh perhatian dari audiens. Misalnya saja memakai kata awas, peringatan, hati-hati, waspada dan lain sebagainya.

Diksi atensi cukup efektif untuk dipakai dalam promosi. Mungkin Anda juga sudah sering melihatnya di berbagai media sosial mengenai pemakaian diksi atensi dalam pesan promosi. Jangan ragu untuk mencobanya. 

Membuka bisnis kuliner tidak hanya cukup dengan menawarkan kualitas tinggi. Anda pasti pernah melihat makanan berkualitas namun pembelinya rendah bukan? Agar bisnis bisa berkembang, terapkan cara promosi makanan di WA.  

Baca Juga: Cara Menulis Kata - Kata Review Makanan yang Menarik

Start your 30-day free trial