Cara Menulis Kata Kata Review Makanan yang Menarik

Apakah Anda seorang pengulas makanan atau ingin mencoba profesi tersebut? Ketahui dulu cara menulis kata kata review makanan di sini!

Kata kata review makanan mungkin Anda butuhkan jika bekerja sebagai pengulas makanan. Memiliki profesi sebagai pengulas makanan merupakan tantangan tersendiri dan tidaklah mudah. Jangan kira pekerjaan seorang reviewer hanya mengatakan enak tidaknya makanan.

Anda harus memiliki kemampuan pendeskripsian makanan. Mulai dari penampakan, rasa, aroma hingga tekstur yang disampaikan dengan mendetail. Tidak hanya itu, pelayanan dan tempat dan hal berkaitan tentang makanan tersebut harus dijelaskan di dalamnya. 

Pendeskripsian tersebut haruslah membawa pembaca yang melihatnya seakan-akan berada di tempat tersebut dan merasakan langsung hidangan itu. Hasil akhirnya adalah menentukan apakah pembaca n tertarik untuk mencoba hidangan tersebut. 

Baca Juga : Franchise Makanan Kekinian Terlaris di Indonesia

Cara Menulis Kata Kata Review Makanan

cara menulis kata kata review makanan
Sumber : Unsplash

Bagi Anda yang menggeluti bidang ini atau baru memulainya, simak informasi mengenai cara untuk membuat review makanan di bawah ini. Ini akan membantu Anda dalam menentukan ulasan lebih efektif digunakan. 

1. Merancang Ulasan

merancang ulasan dalam menulis kata kata review
Sumber : ViaggiaAmaGusta

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merancang kata kata review makanan. Setelah menikmati makanan lakukan penilaian dengan mencatat berbagai hal penting terkait makanan tersebut. Carilah informasi mengenai tempat atau restoran tersebut. 

Detail seperti tampilan restoran hingga tampilan makanan akan membuat orang lebih tertarik dengan makanan yang Anda ulas tersebut. Untuk membantu Anda bisa dengan mengunjungi situs atau media social tempat tersebut. 

2. Buat Paragraf Pembuka Menarik

Sumber : BootstrappedVentures

Setelah merancang semua hal-hal untuk disampaikan ke pembaca. Selanjutnya mulailah menulis kata kata review makanan dengan menghadirkan paragraf pembuka menarik. Pastikan kalimat pertama pembuka akan mengajak pembaca untuk mencari tahu lebih banyak info dalam tulisan Anda. 

Misalnya gunakan kalimat berupa pertanyaan, sudahkah Anda siap menikmati kuliner terbaik dari restoran XX? Setelah melemparkan pertanyaan kemudian jawab dengan fakta. 

Sampaikan fakta tentang klaim pertanyaan Anda. Misalnya sampaikan siapa yang memasaknya, latar belakang chef hingga mampu menghasilkan makanan yang sedemikian enaknya. Bisa mulai dengan latar belakang Pendidikan hingga pengalamannya dalam kuliner.

Dengan Anda memaparkan fakta tersebut akan meyakinkan para pembaca. Selain itu, dapat juga menyampaikan kesan pertama dengan tampilan restoran atau tampilan luar biasa dari makanan tersebut.

3. Jangan Hanya Menjelaskan Satu Jenis Saja

cara menulis kata review
Sumber : IncMagazine

Berikutnya adalah menjelaskan beberapa hidangan. Jika hanya mendeskripsikan satu sepertinya akan membuat kata kata review makanan kurang menarik. Pilihlah beberapa makanan yang disediakan di sana untuk diulas. 

Jika Anda hanya menyebutnya hidangan A tidak enak dan hidangan B enak, tentu itu tidak akan membuat pembaca tertarik. Perlu menulis dengan pendeskripsian yang detail misalnya menyebutkan alasan Anda mengapa mengatakan hidangan tersebut enak atau tidak. 

Sampaikan mulai dari kesan pertama terhadap visualnya, apakah visualnya membuat Anda ingin segera menyantapnya, apakah membuat perut semakin keroncongan. Ini perlu dideskripsikan dengan sangat jelas seakan-akan penonton menyaksikannya secara nyata. 

Kemudian, mendeskripsikan rasanya. Tidak hanya disampaikan kata kata review makanan tentang enak tidaknya, namun tambahkan penjelasan lainnya misalnya penggunaan bahan ini sangat pas, atau rasanya menjadi semakin unik dengan tambahan bumbu ini. 

Tidak ketinggalan untuk menjelaskan tekstur dari hidangan yang Anda santap. Misalnya menyatakan bahwa makan tersebut sangat lembut mudah di kunyah. Pastikan untuk menyampaikannya dengan gaya bahasa yang bisa menarik perhatian pembaca.

Selain itu, jelaskan juga dengan detail mengenai restoran tersebut. Mulai dari penampakan luarnya, tata ruang, menu yang disediakan, atmosfer ruangan hingga apelayanan yang diberikan oleh pihak terkait.

4. Menulis Informasi Penting Pada Bagian Awal atau Akhir Review

menulis review makanan penting di awal sampai akhir
Sumber : Unsplash

Kata kata review makanan adalah menuliskan berbagai informasi penting yang diletakkan pada bagian awal atau akhir ulasan misal alamat, menu, hingga rating yang Anda berikan sebagai pelanggan di sana. 

Informasi sejenis ini dapat memilih meletakkan informasi tersebut pada bagian awal tulisan atau pada bagian akhir. Jika diletakkan pada bagian akhir, bisa menggunakan paragraph terpisah agar terlihat jelas. 

5. Penilaian Objektif

memberikan penilaian objective dalam menulis kata review
Sumber : Medium

Tujuan utama menulis sebuah ulasan adalah, membantu orang lain untuk menemukan restoran terbaik untuk menikmati berbagai hidangan. Untuk itulah, Anda harus memiliki penilaian yang sifatnya objektif bukan subjektif. 

Berikan informasi selengkapnya ini, untuk urusan apakah orang lain memilih tempat tersebut itu tergantung dengan keputusan pribadinya. Namun, ini didasarkan pada deskripsi yang Anda berikan. Sehingga, tulisan harus dilakukan dengan cara bijak dan sifatnya objektif. 

6. Menjelaskan Kekurangan dan Kelebihan Tempat Makan

menjelaskan kekurangan dan kelebihan resto dalam menulis review
Sumber : Unsplash

Sebuah ulasan kata kata review makanan yang menarik, sebaiknya tidak hanya berfokus pada satu hal saja. Misalnya menyampaikan kekurangannya saja atau kelebihannya saja. Tidak boleh semuanya negatif atau semuanya positif saja. 

Misalnya deskripsikan tentang pelayanan yang diberikan sangat ramah, tetapi dari segi rasa sedikit kurang. Atau menjelaskan bahwa hidangan yang ada sangat lezat, tetapi terdapat keterbatasan lainnya seperti tempat yang terlalu kecil dan sebagainya. 

Sampaikan apakah hidangan yang disediakan cocok dengan selera Anda. Tetapi konteknya tidak boleh terlalu negatif atau menjudgenya. Anda bisa mengganti dengan menggunakan kata-kata seperti tidak cocok dengan selera Anda karena tidak suka jenis makanan tertentu. 

7. Rekomendasikan Menu Tertentu

rekomendasi menu tertentu dalam review makanan
Sumber : Unsplash

Kata kata review makanan bisa ditutup dengan memberikan rekomendasi tentang menu tertentu atau menghindari hidangan yang seharusnya tidak di pesan. Ini untuk memudahkan calon konsumen untuk memilih makanan.

Jika memang ada ulasan positif tentang makanan tertentu Anda bisa merekomendasikannya sebagai hidangan wajib saat mengunjungi restoran tersebut dan tidak boleh di lewatkan. Anda juga bisa memberikan ulasan negative jika memang diperlukan. 

Penilaian positif atau negatif tetap harus disampaikan secara objektif berdasarkan pengalaman yang Anda rasakan selama di restoran. Tetap gunakan kata-kata yang baik meskipun konteknya negatif. Jika perlu kunjungi kembali tempat tersebut di lain waktu. 

Sikap objektif dan fleksibel harus Anda miliki untuk setiap hidangan yang disajikan. Jangan hanya focus menyampaikan kata-kata terbaik atau terburuk saja, pastikan untuk selalu memberikan deskripsi jelas mengenai kata kata review makanan. 

Baca Juga : Contoh Usaha Makanan Ringan dan Cara Memulainya

Start your 30-day free trial