Positioning adalah suatu hal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik bisnis yang ingin bisnisnya lebih populer dibandingkan dengan kompetitor. Mengapa? Karena positioning ini merupakan strategi yang sangat jitu untuk membangun citra bisnis di mata pelanggan.
Positioning menjadi lebih harus lagi dilakukan saat bisnis sedang dibangun. Dengan positioning ini, image atau citra produk akan terbentuk sehingga bisnis akan mendapatkan banyak perhatian bahkan mendapatkan pelanggan baru. Namun sekarang pertanyaannya adalah apakah positioning itu?
Ya, secara sederhana, positioning memang merupakan pemosisian produk dalam benak konsumen. Dengan kata lain, positioning ini adalah suatu skenario pemasaran yang memang sengaja dibuat dengan tujuan membangun kesan dalam benak konsumen.
Dalam kalimat yang lain, positioning dapat dijelaskan sebagai salah satu aktivitas perusahaan untuk merancang suatu produk sekaligus strategi pemasarannya supaya bisa menimbulkan kesan tertentu yang melekat dalam benak konsumen.
Positioning juga bisa dijelaskan sebagai langkah perusahaan dalam menguraikan berbagai fitur yang terdapat dalam produknya sekaligus mengkomunikasikannya pada konsumen serta menjelaskan mengapa produk ini bisa dinilai lebih baik dan juga bisa menjadi solusi untuk kebutuhan konsumen.
Dari penjelasan tersebut, jelas bahwa positioning ini merupakan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan terhadap persepsi konsumen, bukannya terhadap produknya. Sehingga, positioning baru akan dianggap baik apabila produk mudah diingat oleh konsumen dibandingkan produk serupa.
Dengan positioning yang tepat, maka produk bisa tetap ada di pasaran. Tentunya dalam hal ini pemilik bisnis harus memberikan penawaran yang menjanjikan kepada konsumen.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, positioning yang tepat akan membuat image perusahaan dan produk menjadi lebih baik. Sedangkan kalau hendak dijabarkan lebih jauh, maka manfaat positioning diantaranya sebagai berikut.
Positioning memang mempunyai manfaat yang besar untuk bisnis. Hanya saja terkadang ada perusahaan yang malah melakukan kesalahan dalam aktivitas yang satu ini, diantaranya:
Jenis positioning yang pertama ini merupakan salah satu tindakan yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka membuat produknya supaya selalu diingat oleh konsumen. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, positioning akan sukses kalau produk bisa diingat oleh konsumen.
Apabila produk bisa lebih diingat dibandingkan dengan produk kompetitor, ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri, diantaranya ialah meningkatkan penjualan serta meningkatkan jangkauan pelanggan. Hal inilah yang mendorong perusahaan melakukan positioning tersebut.
Ke depannya, perusahaan juga akan berupaya menanamkan product value supaya minat konsumen terhadap produk yang dimaksud juga terus meningkat. Contoh positioning produk yang paling mudah ditemukan ialah minuman merk Coca Cola dan Pepsi.
Atau contoh makanan seperti Burger King dan Mcdonald's. Merk-merk tersebut selalu berupaya menjadi yang paling unik sehingga perusahaan harus memanfaatkan positioning ini guna menemukan pasar yang tepat.
Jenis positioning yang kedua ini lebih merujuk pada kemampuan perusahaan dalam mempengaruhi persepsi dan pendapat pelanggan terhadap produk yang ditawarkan dimana produk tersebut serupa dengan milik kompetitor.
Positioning pasar ini nantinya akan membuat perusahaan terdorong untuk menghadirkan layanan atau produk yang kualitasnya melebihi produk kompetitor. Hal ini dilakukan dengan cara meneliti tren pasar sekaligus analisis competitive intelligence dengan baik.
Contoh dalam hal ini adalah sabun Lifebuoy. Perusahaan menyatakan bahwa sabun ini adalah sabun kesehatan sehingga citra yang berusaha dibangun adalah sabun tersebut memang ditujukan untuk menjaga kesehatan.
Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk supaya bisa lebih dekat lagi dengan konsumen. Cara yang ditempuh adalah menempatkan nama produk atau bahkan perusahaan di benak konsumen supaya mereka selalu mengingatnya.
Biasanya supaya lebih diingat oleh konsumen, perusahaan akan lebih menonjolkan layanan, keaslian produk, media sosial, kualitas produk, harga serta kenyamanan.
Tanpa perlu diragukan lagi, positioning adalah salah satu hal yang sangat krusial bagi berkembangnya bisnis atau usaha. Sebab, dengan positioning ini, produk jadi lebih mudah diingat. Namun, positioning juga harus dilakukan dengan tepat supaya manfaatnya bisa benar-benar dirasakan oleh perusahaan.