Lingkungan bisnis sudah semakin kompetitif, dan co creation adalah kuncinya di era saat ini. Informasi yang dihadirkan di dalamnya membuat Anda dan tim perusahaan tahu yang harus dilakukan. Sehingga ini juga yang nantinya akan membawa ide terkait manfaat lain di sini.
Kami definisikan co creation sebagai suatu cara kolaborasi dan pengembangan suatu nilai. Ini menyangkut tentang konsep, solusi, produk dan juga jasa, bersama dengan ahli bidang ini. Jadi, targetnya jelas untuk membuat sektor industri itu memiliki ruang luas untuk improve.
Dalam beberapa dekade ini, pengetahuan antar orang sudah semakin luas, dan semua yang dipahami itu akan penting. Yang lebih penting adalah, dalam satu komunitas tertentu akan ada yang paham satu hal, sementara tidak dengan yang lain, begitu juga pihak sebaliknya.
Ini adalah esensi utama dari dibuatnya co creation, merupakan cara baru untuk berpikir, cara baru untuk mendapat profit, dan kolaborasi untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Semua ini akan relevan juga dengan ide dan strategi yang diberikan oleh satu per satu anggota.
Dalam ilmu yang lebih luas, co creation adalah bentuk kerja sama dengan pihak ke-3, yang bisa saja adalah individual atau ahli di dalam bidang tertentu. Ini kemudian akan membentuk grup antar konsumen, vendor, desainer, suppliers, pemasar, retailer, dan juga expert.
Dalam satu waktu, co creation juga merupakan bentuk yang lebih menarik ketimbang bisnis pada umumnya. Karena menyangkut tentang bagaimana kontribusi semua pihak ini mulai dari rencana produksi hingga penjualan. Mulai dari bagaimana keinginan hingga bisa terjual.
Ini juga berisikan informasi yang lebih detail mengenai bagaimana penjualan suatu industri ke para konsumen. Daripada hanya menggunakan cara yang tradisional, adalah hal yang positif jika semua tahu co creation adalah apa dan juga cara terbaik untuk kembangkan itu.
Co creation ini juga ketika bisnis memasukkan pihak luar untuk proses pengembangan suatu produk atau layanan. Sekarang, sudah ada lebih banyak perusahaan yang memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan popularitas, Tetapi sebenarnya, tidak ada hal baru dari strategi ini.
Melihat saat ini konsep co creation sudah lebih berkembang di lingkup sosial dan komunitas, maka banyak juga pihak yang merasa penasaran dengan apa sebenarnya ini dan bagaimana agar bisa mengembangkan sektor kreatif hanya dengan tahu co creation adalah hal vital.
Ini bukan berarti co creation tidak pernah gagal. Pada nyatanya, ini adalah bentuk strategi yang membuat peluang gagal lebih kecil, dan akan mengarahkan Anda ke arah yang benar. Ketika Anda memanfaatkan strategi co creation di bisnis, ini manfaat yang akan dirasakan:
Tujuan utamanya praktis adalah untuk membuat lebih banyak orang yang tahu dengan kehadiran suatu brand. Ini membuat semuanya stay connected, yaitu semua pihak yang terlibat. Dengan mengadopsi co creation, brand akan lebih dikenal.
Seperti esensinya, co creation adalah strategi yang human-centered, di mana survey untuk ketahui apa keinginannya dilakukan langsung dengan konsumen dan expert. Ini kemudian membuat peluang orang untuk tetap berada di satu brand lebih besar.
Ini juga berkaitan dengan sumber daya intelektual. Pihak yang terlibat di sini akan bisa hadirkan data yang sesuai dengan semua sumber daya yang memadai. Dengan semua inovasi di dalamnya, maka ini berkaitan dengan bagaimana intelektual bekerja.
Dengan menerapkan strategi co creation juga tidak bisa abaikan kehadiran konsumen. Mereka akan langsung terlibat di dalam pemuasan konsumen. Konsep co creation adalah seperti ini pada nantinya membuat keinginan konsumen lebih bisa tercapai.
Latar belakang co creation di Indonesia mungkin belum populer seperti sektor lain. Hanya saja, ini bukan berarti Anda tidak bisa mencoba terapkan strategi ini dalam sektor setiap hari. Anda bahkan bisa menjadi salah satu bisnis paling awal dalam menerapkan co creation.
Anda bisa lihat contoh dari National Education Association, yang menggunakan pendekatan dengan ratio 1:1, dimana akan ada 1 expert, 1 konsumen, 1 pengembang usaha, 1 marketing, dan 1 pihak external untuk membahas apa saja yang bisa diwujudkan oleh suatu bisnis.
Bisa juga lihat dari industri majalah, yang mana co creation adalah elemen penting untuk satu per satu berita yang muncul. Pihak ini akan hadirkan pendekatan dan informasi dari expert langsung dan diserap dari wawancara dengan warga dan hasilkan tulisan yang sesuai.
Ketika Anda terapkan strategi ini, maka akan muncul banyak inovasi di dalamnya. Semua ide ini juga jelas akan menjadi inovasi yang sesuai dan hadirkan sesuatu yang dibutuhkan. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin coba mengembangkan strategi ini untuk bisnis, ini caranya:
Tanpa co creation, mungkin saja bisnis akan stagnan dan memiliki jumlah konsumen yang rendah. Produk atau layanan yang dihadirkan akan dianggap tidak user-friendly. Karena esensi co creation adalah untuk hadirkan suatu produk atau layanan dari pihak yang lebih besar.