Co Creation: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengembangkannya

co creation adalah bentuk kerja sama dengan pihak ke-3, yang bisa saja adalah individual atau ahli di dalam bidang tertentu.

Lingkungan bisnis sudah semakin kompetitif, dan co creation adalah kuncinya di era saat ini. Informasi yang dihadirkan di dalamnya membuat Anda dan tim perusahaan tahu yang harus dilakukan. Sehingga ini juga yang nantinya akan membawa ide terkait manfaat lain di sini.

Kami definisikan co creation sebagai suatu cara kolaborasi dan pengembangan suatu nilai. Ini menyangkut tentang konsep, solusi, produk dan juga jasa, bersama dengan ahli bidang ini. Jadi, targetnya jelas untuk membuat sektor industri itu memiliki ruang luas untuk improve.

Dalam beberapa dekade ini, pengetahuan antar orang sudah semakin luas, dan semua yang dipahami itu akan penting. Yang lebih penting adalah, dalam satu komunitas tertentu akan ada yang paham satu hal, sementara tidak dengan yang lain, begitu juga pihak sebaliknya.

Ini adalah esensi utama dari dibuatnya co creation, merupakan cara baru untuk berpikir, cara baru untuk mendapat profit, dan kolaborasi untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Semua ini akan relevan juga dengan ide dan strategi yang diberikan oleh satu per satu anggota.

Apa itu Co Creation?

apa itu co creation?
Sumber: Shareable

Dalam ilmu yang lebih luas, co creation adalah bentuk kerja sama dengan pihak ke-3, yang bisa saja adalah individual atau ahli di dalam bidang tertentu. Ini kemudian akan membentuk grup antar konsumen, vendor, desainer, suppliers, pemasar, retailer, dan juga expert.

Dalam satu waktu, co creation juga merupakan bentuk yang lebih menarik ketimbang bisnis pada umumnya. Karena menyangkut tentang bagaimana kontribusi semua pihak ini mulai dari rencana produksi hingga penjualan. Mulai dari bagaimana keinginan hingga bisa terjual.

Ini juga berisikan informasi yang lebih detail mengenai bagaimana penjualan suatu industri ke para konsumen. Daripada hanya menggunakan cara yang tradisional, adalah hal yang positif jika semua tahu co creation adalah apa dan juga cara terbaik untuk kembangkan itu.

Co creation ini juga ketika bisnis memasukkan pihak luar untuk proses pengembangan suatu produk atau layanan. Sekarang, sudah ada lebih banyak perusahaan yang memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan popularitas, Tetapi sebenarnya, tidak ada hal baru dari strategi ini.

Baca Juga: 8 Cara Menyusun Strategi Bersaing Agar Bisnis Unggul

Manfaat Menggunakan Strategi Co Creation Bagi Bisnis

Melihat saat ini konsep co creation sudah lebih berkembang di lingkup sosial dan komunitas, maka banyak juga pihak yang merasa penasaran dengan apa sebenarnya ini dan bagaimana agar bisa mengembangkan sektor kreatif hanya dengan tahu co creation adalah hal vital.

Ini bukan berarti co creation tidak pernah gagal. Pada nyatanya, ini adalah bentuk strategi yang membuat peluang gagal lebih kecil, dan akan mengarahkan Anda ke arah yang benar. Ketika Anda memanfaatkan strategi co creation di bisnis, ini manfaat yang akan dirasakan:

1. Brand Awareness

meningkatkan brand awaress
Sumber: Bizfly

Tujuan utamanya praktis adalah untuk membuat lebih banyak orang yang tahu dengan kehadiran suatu brand. Ini membuat semuanya stay connected, yaitu semua pihak yang terlibat. Dengan mengadopsi co creation, brand akan lebih dikenal.

2. Brand Loyalty

brand loyalty adalah manfaat dari menggunakan strategi co creation
Sumber: Enterpreneur

Seperti esensinya, co creation adalah strategi yang human-centered, di mana survey untuk ketahui apa keinginannya dilakukan langsung dengan konsumen dan expert. Ini kemudian membuat peluang orang untuk tetap berada di satu brand lebih besar.

3. Sumber Daya Intelektual

sumber daya intelektual adalah salah satu manfaat dari menggunakan stratehi co creation
Sumber: Canada Startups

Ini juga berkaitan dengan sumber daya intelektual. Pihak yang terlibat di sini akan bisa hadirkan data yang sesuai dengan semua sumber daya yang memadai. Dengan semua inovasi di dalamnya, maka ini berkaitan dengan bagaimana intelektual bekerja.

4. Menyesuaikan dengan Keinginan Konsumen

menyesuaikan dengan kenginan konsumen
Sumber: Unsplash

Dengan menerapkan strategi co creation juga tidak bisa abaikan kehadiran konsumen. Mereka akan langsung terlibat di dalam pemuasan konsumen. Konsep co creation adalah seperti ini pada nantinya membuat keinginan konsumen lebih bisa tercapai.

Contoh Co Creation di Indonesia

contoh co creation di indonesia
Sumber: Daily Citizen - Focus on the Family

Latar belakang co creation di Indonesia mungkin belum populer seperti sektor lain. Hanya saja, ini bukan berarti Anda tidak bisa mencoba terapkan strategi ini dalam sektor setiap hari. Anda bahkan bisa menjadi salah satu bisnis paling awal dalam menerapkan co creation.

Anda bisa lihat contoh dari National Education Association, yang menggunakan pendekatan dengan ratio 1:1, dimana akan ada 1 expert, 1 konsumen, 1 pengembang usaha, 1 marketing, dan 1 pihak external untuk membahas apa saja yang bisa diwujudkan oleh suatu bisnis.

Bisa juga lihat dari industri majalah, yang mana co creation adalah elemen penting untuk satu per satu berita yang muncul. Pihak ini akan hadirkan pendekatan dan informasi dari expert langsung dan diserap dari wawancara dengan warga dan hasilkan tulisan yang sesuai.

Cara Mengembangkan Strategi Co Creation

cara mengembangkan strategi co creation
Sumber: Techtrend

Ketika Anda terapkan strategi ini, maka akan muncul banyak inovasi di dalamnya. Semua ide ini juga jelas akan menjadi inovasi yang sesuai dan hadirkan sesuatu yang dibutuhkan. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin coba mengembangkan strategi ini untuk bisnis, ini caranya:

  1. Jangan menaruh terlalu banyak tenaga di sini, karena esensi Co Creation adalah strategi yang fleksibel dan harus sesuai prototipe
  2. Selalu datang dengan persiapan, agar klien dapat melihat abstrak sebagai suatu ide yang cemerlang
  3. Manfaatkan alat bantu co creation
  4. Jangan pernah katakan tidak, berani untuk memulai mengembangkan jenis strategi ini untuk sampai di titik yang belum pernah disentuh sebelumnya
  5. Gunakan peran Anda sebagai seorang yang ahli di bidang itu
  6. Lakukan dialog untuk mengatasi segala jenis masalah
  7. Partisipasi di lingkungan yang juga menerapkan strategi co creation

Tanpa co creation, mungkin saja bisnis akan stagnan dan memiliki jumlah konsumen yang rendah. Produk atau layanan yang dihadirkan akan dianggap tidak user-friendly. Karena esensi co creation adalah untuk hadirkan suatu produk atau layanan dari pihak yang lebih besar.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial