Modal Buka Cafe Kekinian, Mulai dari 8 Jutaan!

October 23, 2021

Beberapa tahun ke belakang, bisnis coffee shop atau cafe tengah menjamur. Kopi kekinian yang populer di kalangan muda-mudi dan hobi nongkrong membuat usaha cafe laris manis. Kira-kira, berapa modal buka cafe kekinian?

Sebenarnya modal cafe bisa menyesuaikan dengan konsep yang diinginkan oleh pemilik. Bahkan cuma dengan modal 10 juta kamu bisa membuat cafe mini. Semakin besar modal, cafe yang bisa kamu buat juga semakin bagus.

Modal Buka Cafe Mini

Tahukah kamu kenapa cafe semakin banyak dan bisa dijumpai di berbagai sudut daerah? Salah satu alasannya karena tak memerlukan modal yang besar. Nah, di bawah ini ada beberapa rincian modal untuk membuka cafe mulai dari 10 jutaan hingga 60 jutaan.

Konsep cafe yang pertama ini sesuai dengan namanya, yaitu mini atau kecil. Umumnya cafe jenis ini hanya menyediakan beberapa tempat duduk karena areanya tidak begitu luas. Bahkan beberapa cafe mini hanya melayani pembelian untuk takeaway.

Jika kamu berencana untuk membuka sebuah usaha cafe mini, ini dia rincian modal usaha yang perlu kamu persiapkan.

1. Modal Operasional

Tabel untuk menghitung modal operasional cafe kecil


2. Modal Perlengkapan

Tabel untuk menghitung modal perlengkapan cafe kecil


3. Modal Peralatan

Tabel untuk menghitung modal peralatan cafe kecil


Dari rincian di atas, jika dijumlahkan maka menjadi Rp 3.875.000 + Rp 1.300.000 + 3.755.000 = Rp 8.930.000.

Modal Buka Cafe Sederhana

Jika punya dana sekitar 15 jutaan, kamu dapat memulai usaha cafe yang lebih proper dibandingkan pilihan pertama tadi. Dengan modal 6 juta lebih banyak dari sebelumnya, kamu hanya bisa menggunakan peralatan kopi manual.

Sebenarnya peralatan manual tak menjadi soal asalkan dapat menggunakannya dengan baik. Kunci utamanya justru terletak pada bahan baku. Kalau kamu pintar memilih bahan baku berkualitas tinggi, cinta rasa kopi yang dihasilkan juga akan lebih mantap.

Dengan modal lebih besar, kamu dapat menyewa tempat yang lebih luas. Dengan begitu, meja dan kursi yang disediakan juga lebih banyak. Artinya, akan ada lebih banyak pembeli yang ngopi di cafe. 

Ini dia rincian modal untuk buka cafe sederhana dengan dana 15 jutaan.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Kasir Online untuk Permudah Bisnis F&B

1.  Modal Operasional

Tabel untuk menghitung operasional cafe rumahan sederhanaerhan


2.  Modal Perlengkapan

Tabel untuk menghitung perlengkapan cafe rumahan sederhana

 


3.  Modal Peralatan

Tabel untuk menghitung peralatan cafe rumahan sederhana


Seluruh kebutuhan di atas jika dijumlahkan maka hasilnya Rp 9.125.000 + Rp 4.000.000 + 2.295.000 = Rp 15.420.000.

Modal Buka Cafe Modern

Cafe Modern dengan thema warna hitam

Sebuah keuntungan tersendiri kalau kamu punya rumah di wilayah yang strategis. Contohnya di tepi jalan raya, di pemukiman yang sering dilewati orang, dekat perkantoran, atau dekat dengan kampus. Jika lokasi rumah strategis, kamu bisa buka cafe yang proper dengan modal minim.

Satu hal yang pasti, kamu tidak perlu menyewa tempat. Garasi atau halaman rumahmu bisa sedikit direnovasi menjadi kafe. Ini dia rincian modal untuk buka cafe modern dan proper di rumah.

Baca Juga: Aplikasi Pesan Makanan Online yang Wajib Dicoba

1.  Modal Operasional

Tabel untuk menghitung operasional cafe modern


2.  Modal Perlengkapan

Tabel untuk menghitung kebutuhan perlengkapan cafe modern


3.  Modal Peralatan

Tabel untuk menghitung kebutuhan peralatan cafe modern


4.  Modal Lain-lain

Tabel untuk menghitung kebutuhan lain-lain


Jumlah modal yang diperlukan berdasarkan rincian di atas adalah Rp 23.310.000. Dengan modal sebesar ini, kamu sudah bisa berinvestasi ke peralatan modern dan serba elektrik. Membuat kopi jadi tidak serepot cara-cara manual seperti 2 cafe yang sudah dibahas sebelumnya.

Dari 3 pilihan modal buka cafe kekinian di atas bisa disimpulkan bahwa usaha coffee shop atau cafe bisa dimulai dengan dana berapa pun. Yang terpenting justru tekad dan perencanaan bisnis yang matang. Kamu juga perlu memikirkan konsep yang unik dan menarik untuk bersaing dengan usaha sejenis.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Diketahui oleh Pemula


Artikel Terbaru

How to Succeed in Delivery

Restoran berkelanjutan sedang tren: pelajari bagaimana & mengapa menerapkannya penting untuk keberlanjutan restoran

Memprioritaskan keberlanjutan akan membantu restoran Anda meningkatkan penjualan dan menonjol dari pesaing secara besar-besaran.

Contoh Usaha UMKM Yang Sering Dicoba Oleh Kalangan Pemula

UMKM adalah usaha mikro kecil dan menengah. Simak 7 contoh bisnis UMKM di sini dan mulai jadi seorang pengusaha sekarang juga!

Mau Untung? Cobalah 7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar!

Ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil dan tanpa repot? Simak 7 Contoh Usaha Modal Kecil untung besar yang Anda bisa coba

Perbedaan Soft Selling Dan Hard Selling Dalam 4 Aspek

Simak perbedaan antara soft dan hard sell di dunia marketing untuk membangun campaign dan strategi marketing usaha Anda!

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Entrepreneur

Ingin memulai jualan online tapi belum tau caranya? Simak 7 langkah dan cara memulai bisnis online dari nol yang Anda bisa coba sekarang.

How to Succeed in Delivery

Manfaat Dan Cara Daftar IUMK Online Bagi Pengusaha

Ingin mengajukan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk bisnis Anda? Simak syarat dan cara daftar IUMK online berikut ini.

How to Succeed in Delivery

Cara Meningkatkan Penjualan Online Untuk Bisnis Anda

Ingin tahu cara meningkatkan penjualan online usaha Anda? Ayo Simak 8 cara untuk menginkatkan penjualan online dengan mudah sekarang juga.

How to Succeed in Delivery

Cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Bagi Bisnis Kecil

Simak cara dan Contoh Pembukuan Penjualan Sederhana Untuk Bisnis Kecil. Dari catatan pengeluaran dan pemasukan hingga persiapan buku inventaris.

Local Heroes

Bagaimana Mitra Global Hubster berbagi budaya melalui makanan

Bekerja dengan beragam pemilik restoran telah menunjukkan kepada kita bagaimana makanan dapat menjadi katalis untuk mengekspresikan dan berbagi budaya yang berbeda dengan dunia.