5 Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil dan Strateginya

Ingin coba berjualan minuman? Berikut rekomendasi usaha minuman kekinian modal kecil yang dapat Anda coba di tahun 2022!

Berada di negara beriklim tropis memberikan banyak peluang untuk membuka usaha minuman. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha minuman juga terbilang tidak sebanyak modal membuka usaha makanan. Anda juga dapat dengan mudah menjajakan produk minuman yang dijual di rumah Anda.

5 Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil yang Dapat Dicoba di Tahun 2022

Tak hanya makanan kekinian, ada banyak pula pilihan usaha minuman kekinian yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk berjualan di tahun 2022. Usaha minuman kekinian tersebut memiliki target pasar yang cukup luas, di antaranya adalah kaum millennials dan Gen Z.

Dari segi modal, uang yang perlu dikeluarkan untuk memulai usaha minuman tidak sebesar modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha makanan. Dari segi peralatan dan perlengkapan, Anda juga cukup menyediakan peralatan seperti mesin cup sealer dan untuk perlengkapannya seperti cup minuman.

Untuk membantu Anda memulai usaha minuman, berikut beberapa ide usaha minuman kekinian modal yang bisa dicoba di tahun 2022. Simak selengkapnya ya!

1. Jus Buah Segar

Tak hanya menyegarkan, usaha minuman yang satu ini juga bisa menyehatkan. Untuk mengolah jus buah segar dan nikmat Anda dapat mencari referensi campuran buah-buahan yang dibutuhkan serta mengetahui apa manfaatnya.

Untuk memberikan keunikan tersendiri, gunakan cup minuman yang menarik dan juga eye-catchy.

2. Thai Tea & Green Thai Tea

Minuman kekinian asal Thailand ini sudah booming sejak beberapa tahun kebelakang. Bahan baku yang dibutuhkan antara lain adalah teh Ceylon asli Thailand, krimer, susu kental manis, air putih, dan es. Aroma dan cita rasa yang diberikan oleh minuman ini terbilang unik dan nikmat sehingga banyak peminatnya. Tak hanya dapat disajikan dalam keadaan dingin, minuman ini juga dapat disajikan dalam kondisi hangat.

3. Iced Chocolate

Usaha minuman kekinian modal kecil yang ketiga adalah iced chocolate. Hampir semua orang menyukai coklat, baik dalam bentuk sajian makanan penutup ataupun minuman. Minuman yang satu ini juga digemari oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua.

Tak hanya nikmat disajikan secara panas, minuman coklat juga dapat dinikmati dalam kondisi dingin. Menambahkan topping juga bisa menambah kenikmatan pada minuman coklat yang akan dijual. Contoh toppingnya adalah oreo, biskuit, choco chips, dan masih banyak lagi.

4. Es Kopi Susu

Minuman kekinian yang melejit namanya selama pandemi adalah minuman es kopi susu. Dari minuman ini banyak orang yang mulai mempelajari bagaimana caranya membuat kopi sendiri mulai dari biji kopinya.

Es kopi susu dapat menjadi pilihan usaha minuman kekinian yang mendatangkan profit besar bagi bisnis Anda apabila Anda memiliki keunikan tersendiri dan mampu menghasilkan cita rasa kopi yang tidak asal.

Tak hanya dijual dalam ukuran cup, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual dalam ukuran literan dengan menggunakan botol besar.

5. Minuman ber-topping boba

Rekomendasi yang terakhir adalah minuman ber-topping boba seperti milk tea, cheese tea, taro milk tea, dan lain-lain. Minuman yang satu ini juga memiliki pangsa pasar yang besar karena pilihan rasanya yang beragam dan juga nikmat untuk menghapus dahaga.

Selain topping boba, Anda juga bisa menyediakan topping lain seperti cheese tea. Semakin banyak pilihan variasi menu yang Anda sajikan serta topping yang tersedia, akan semakin banyak pula orang yang tertarik dengan usaha minuman Anda.

Baca juga: 8 Bisnis Frozen Food Rumahan Bermodal Kecil

Strategi Menjalani Usaha Minuman Kekinian

Setelah mengetahui jenis-jenis minuman kekinian apa saja yang dapat Anda jadikan sebagai peluang untuk memulai usaha, kini saatnya Anda juga mengetahui strategi yang perlu dilakukan agar usaha tersebut berjalan lancar dan laris manis. Beberapa strategi yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Gunakan media sosial untuk memasarkan produk

Sudah bukan hal yang baru lagi bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui media sosial. Di era yang serba digital ini, Anda dapat dengan mudah memperkenalkan produk usaha Anda kepada audiens yang lebih luas secara online. Salah satu platform yang dapat Anda gunakan adalah media sosial seperti Instagram dan Facebook. Kedua platform media sosial tersebut terbilang efektif untuk digunakan sebagai tempat pemasaran bisnis.

2. Selalu ikuti tren anak muda terkini

Masih berkaitan dengan pemasaran melalui media sosial, konten yang Anda bagikan juga harus dapat menarik perhatian orang banyak. Tak hanya membagikan foto produk usaha minuman Anda, tapi buatlah konten-konten yang sifatnya informasional dan juga mengundang interaksi terhadap audiens. Untuk mempermudah Anda dalam mengeksplorasi konten, selalu ikuti tren yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan kawula muda saat ini.

3. Berikan diskon atau promo yang menarik

Siapa yang tidak suka dengan konsep promo ataupun diskon. Apalagi anak muda zaman sekarang, yang seringkali keputusan pembeliannya tergantung pada promo atau diskon yang tersedia.

Berikan skema promo yang menggiurkan serta mampu membuat calon pembeli merasa ia akan lebih untung jika membeli skema promo tersebut. Dan hal yang tak boleh Anda lupakan, selalu hitung harga pokok penjualan bisnis terlebih dahulu ya!

4. Menyediakan menu musiman dengan sistem pre-order

Salah satu strategi usaha minuman yang bisa Anda terapkan adalah dengan menyediakan pilihan menu yang sifatnya musiman. Maksudnya musiman adalah, menu tersebut hanya ada di momen-momen tertentu. Untuk menarik rasa penasaran pelanggan, Anda juga bisa menyediakan sistem pre-order untuk jenis minuman musiman tersebut.

Konsep pre-order juga dapat Anda gunakan untuk pelanggan yang ingin melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Tak lupa, berikan penawaran diskon yang menarik untuk pelanggan yang ingin memesan dalam jumlah banyak.

5. Bergabung sebagai mitra di layanan pesan antar makanan online

Salah satu strategi ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis minuman Anda adalah dengan bergabung sebagai mitra di layanan pesan antar makanan online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan TravelokaEats. Tak hanya dapat menjangkau audiens secara luas, peluang Anda untuk mendapat lebih banyak pesanan juga amatlah besar melalui platform-platform tersebut. Yang perlu Anda pastikan adalah presentasi bisnis Anda pada layanan yang digunakan serta rating yang Anda miliki.

Itulah beberapa peluang usaha minuman kekinian modal kecil beserta strategi menjualnya yang bisa Anda coba apabila ingin membuka usaha minuman di tahun 2022 ini.

Salah satu strategi yang tertera di atas adalah bergabung sebagai mitra pada layanan seperti GoFood ataupun GrabFood. Namun, apabila Anda sudah tergabung dalam salah satu layanan pesan antar makanan online, Anda mungkin ingin mempermudah proses pengelolaan orderan online yang Anda dapatkan atau pengelolaan laporan arus kas yang bisnis Anda miliki.

Untuk memudahkan Anda mengelola pesanan online yang masuk melalui GoFood atau GrabFood, gunakan layanan Order Manager dari Hubster. Dan jika Anda ingin dibantu dari segi laporan bisnis, gunakan pula layanan Business Manager yang Hubster sediakan. Kedua layanan tersebut dapat Anda coba secara gratis selama 30 hari. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi layanan Demo kami.

Baca juga: 7 Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil di Tahun 2022

Start your 30-day free trial