10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Pemula

Mulai dari Google Drive hingga Order Manager, simak pilihan aplikasi bisnis online berikut ini untuk membantu menjalankan bisnis Anda.

Apakah Anda baru mulai berbisnis? Jika ya, maka Anda akan membutuhkan beberapa tools berbentuk aplikasi yang akan membantu mempermudah proses aktivitas bisnis Anda. Berbagai aktivitas bisnis mulai dari mengatur jadwal, mengatur to-do-list, hingga mengatur perencanaan keuangan dapat dilakukan melalui aplikasi-aplikasi yang hadir dengan kecanggihannya masing-masing pada saat ini.

Untuk membantu mempermudah Anda menemukan aplikasi yang dapat membantu aktivitas bisnis Anda, berikut kami jabarkan sepuluh aplikasi bisnis online yang bisa Anda coba dan gunakan kapanpun untuk membantu menjalani bisnis.

10 Aplikasi Bisnis Online untuk Para Pelaku Bisnis

1. WhatsApp for Business

Aplikasi bisnis berbasis online yang utama adalah WhatsApp for Business. Salah satu versi dari aplikasi chatting ini dapat membantu Anda mengendalikan bisnis, terutama pemula di dunia bisnis. Dengan mengandalkan WhatsApp for Business, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan fitur yang ada. 

Dengan menggunakan WhatsApp Business ini, Anda bisa melakukan komunikasi dengan rekan bisnis dengan lancar, serta profil bisnis makin dipercaya. Penggunaannya juga cukup mudah dengan WhatsApp versi biasa, bahkan desain antar mukanya sama, jadi dijamin Anda akan mudah mengoperasikannya. 

2. Google My Business

Bagi Anda pengusaha pemula, aplikasi bisnis berbasis online satu ini perlu dimiliki untuk mendukung usaha Anda. Salah satu produk dari Google ini akan membantu Anda menampilkan informasi mengenai usaha yang dikelola, agar semakin dikenal banyak orang di mesin pencarian. 

Aplikasi bisnis satu ini akan membantu Anda menampilkan informasi seperti jam operasi, kategori usaha, bahkan alamat usaha Anda. Menariknya lagi, Google My Business ini bisa menampilkan respon dari pelanggan. Respon ini bisa menjadi bahan evaluasi usaha agar lebih baik. 

3. Aplikasi Mobile Banking

Bicara bisnis pasti ada hubungannya dengan uang, aplikasi bisnis berbasis online selanjutnya yang harus dimiliki pengusaha pemula adalah aplikasi mobile banking. Dengan aplikasi ini di smartphone, Anda tak perlu lagi repot bolak-balik pergi ke ATM untuk mengecek transfer dari pelanggan atau klien. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lain yang disediakan, salah satunya adalah merekap keluar masuknya uang dan aliran uang yang terjadi pada usaha Anda. Pencatatan yang tersusun rapi di aplikasi mobile banking ini bisa dijadikan acuan untuk membuat rencana keuangan kedepannya. 

4. Aplikasi Marketplace

Selanjutnya adalah aplikasi marketplace, aplikasi satu ini wajib Anda miliki jika usaha yang dibangun adalah bisnis jual beli online. Aplikasi satu ini akan membantu Anda mempermudah penjualan atau bisnis untuk pengiriman ke luar kota, luar provinsi, hingga luar negeri. 

Dengan aplikasi marketplace, konsumen akan merasa lebih aman bertransaksi dengan mudah sehingga daya tarik penjualan Anda lebih besar. Berbagai aplikasi marketplace tersedia di Indonesia adalah, Tokopedia, Lazada, Shopee, BliBli, dan masih banyak lainnya. 

5. Google Meet

Apabila Anda pelaku bisnis yang memiliki banyak karyawan yang harus dihandle, tentunya Anda memerlukan aplikasi bisnis seperti Google Meet ini. Adanya keterbatasan dan jarak kini dengan teknologi dapat memudahkan untuk berkomunikasi. 

Aplikasi video call milik Google ini bisa Anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan karyawan hingga klien yang tak bisa ditemui karena jarak. Aplikasi ini terhubung langsung dengan akun Google milik Anda, sehingga tak perlu lagi membuat akun baru untuk mengakses aplikasi satu ini. 

6. SHAREit

Dalam mengelola bisnis, bertukar file, dokumen, hingga foto merupakan salah satu hal yang biasa, tentunya aplikasi bisnis berbasis online pendukungnya satu ini sangat dibutuhkan para pebisnis. aplikasi SHAREit ini akan membantu mengelola dokumen tersebut. 

Aplikasi SHAREit merupakan aplikasi yang dapat memproses pengiriman dokumen 200 kali lebih cepat daripada bluetooth. Tak heran aplikasi ini banyak digunakan, tak hanya pengusaha, tetapi banyak orang yang membutuhkan hal serupa. 

7. Evernote

Apabila Anda adalah seorang yang pelupa, aplikasi satu ini wajib Anda unduh di smartphone. Aplikasi Evernote ini nantinya akan membantu Anda mencatat kebutuhan dan hal-hal penting yang perlu diingat selama berbisnis. 

Dengan aplikasi catatan ini, Anda akan mudah membuat jadwal dan catatan akan tersusun rapi sehingga mudah untuk dicari. Asisten pribadi yang pintar ini akan memungkinkan Anda menambahkan gambar, video, audio ke dalam catatan dan tentunya bisa diakses secara offline. 

8. Google Drive

Selain memiliki Google My Business, Anda juga memerlukan aplikasi Google Drive di smartphone. Aplikasi bisnis berbasis online satu ini akan membantu Anda berbagi dokumen, presentasi, PDF, gambar, hingga video dengan ukuran yang tinggi dengan cepat. 

Tak hanya itu, aplikasi satu ini akan membantu Anda menyimpan serta dibagikan di Google Drive yang bisa diakses melalui smartphone sekalipun. Dengan data yang tersimpan secara online, Anda akan lebih mudah mencari file yang diinginkan kapanpun file tersebut dibutuhkan. 

9. Buku Kas

Terakhir ada aplikasi Buku Kas yang membantu Anda dalam mengelola keuangan selama berbisnis. Hal ini cukup penting karena pengelolaan keuangan merupakan salah satu pondasi dalam berbisnis. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencatat alur keluar masuk keuangan yang terjadi selama berbisnis.

Laporan ini bisa menjadi bahan evaluasi para pengusaha untuk menjaga kestabilan keuangan bisnis. Nantinya, setiap bulan juga bisa dijadikan laporan terkait usaha satu bulan ke belakang. Hal ini akan menjadi salah satu evaluasi untuk mengembangkan bisnis di bulan selanjutnya.

10. Order Manager

Order manager adalah salah satu fitur aplikasi yang disediakan oleh Hubster, yang dapat membantu mempermudah mengintegrasikan seluruh platform aplikasi pemesanan makanan online yang bisnis Anda gunakan. Dengan menggunakan order manager, Anda tidak perlu berpindah-pindah device dan dapat menerima orderan makanan maupun minuman yang masuk secara lebih cepat.

Itulah beberapa deretan aplikasi bisnis online yang wajib Anda miliki sebelum memulai usaha. Dengan adanya aplikasi-aplikasi berbasiskan teknologi seperti di atas, banyak bisnis yang menjadi mudah dikembangkan. Mulai dari kegiatan mengelola, berkomunikasi, pembayaran, hingga mengakses dokumen bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi-aplikasi tersebut. Selamat mencoba!

Baca juga: Apa Itu Order Manager dan Keuntungannya Bagi Bisnis Anda

Dengan mengirimkan formulir ini berarti Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan kami.
Download icon

Heading

Thousands of restaurants trust Otter to increase sales, save time, and make delivery easier.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Next article
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Learn more about Otter's integrations

This is some placeholder text by Ollie.

Start your 30-day free trial